TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Carrot Cake Kukus yang Lembut, Ide Camilan Kumpul Keluarga

Resep kue yang gampang, cuma pakai 4 telur!

ilustrasi carrot cake kukus (pexels.com/@lorena-martinez-1218850)

Carrot cake biasanya selalu dipanggang. Padahal, tak semua rumah tangga punya oven untuk membuat kue manis dan lembut tersebut. Apabila kamu salah satunya, membuat carrot cake kini bisa disiasati dengan cara dikukus, lho. 

Dari segi tekstur tentu akan lebih lembap, sehingga cocok jadi suguhan segala usia, apalagi saat sesi kumpul keluarga. Hasilnya lembut dan moist, begini resep carrot cake kukus yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Baca Juga: Resep Carrot Cake Super Lembut, Kue Manis Bikin Good Mood

Bahan Carrot Cake Kukus

ilustrasi wortel segar (unsplash.com/@thisisnando)
  1. 4 butir telur 
  2. 100 gram gula pasir 
  3. 330 gram gula merah muda 
  4. 1 sendok teh ekstrak vanila 
  5. 240 ml minyak sayur 
  6. 300 gram tepung serbaguna 
  7. 1 sendok teh soda kue 
  8. 2 sendok teh baking powder 
  9. 1/2 sendok teh garam 
  10. 1 1/2 sendok teh kayu manis bubuk 
  11. 1/4 sendok teh pala bubuk 
  12. 300 gram wortel segar yang sudah diparut halus 
  13. 145 gram kismis

Cara Membuat

ilustrasi adonan (unsplash.com/@donovan_valdivia)
  1. Panaskan panci dengan merebus air di dalam kukusan dengan api sedang-besar. Namun sebelumnya, bungkus tutupnya dengan handuk dapur agar panasnya terjaga. 
  2. Sambil menunggu, Olesi dua loyang bulat berukuran 8 inci atau 20 cm dan lapisi bagian bawahnya dengan kertas roti. Sisihkan.
  3. Dalam mangkuk sedang, campurkan tepung serbaguna, soda kue, baking powder, garam, kayu manis bubuk, dan pala bubuk. Sisihkan. 
  4. Kemudian, dengan menggunakan mikser, campur telur, gula pasir, gula merah, dan ekstrak vanila hingga lembut dan mengembang.
  5. Tuang minyak sayur ke dalam adonan sedikit demi sedikit hingga seluruhnya tercampur rata.
  6. Dengan menggunakan spatula, masukkan bahan kering ke dalam adonan basah dengan gerakan melipat hingga seluruhnya tercampur rata.
  7. Masukkan wortel parut dan kismis hingga tercampur rata. Kemudian, tuang adonan kue secara merata ke dalam loyang kue yang sudah disiapkan.
  8. Kukus selama 35—40 menit atau hingga tusuk gigi yang ditusukkan ke bagian tengah masing-masing keluar bersih.
  9. Angkat dari kukusan dan biarkan kue wortel mendingin di dalam loyang selama 10 menit, lalu gerakkan pisau di sekeliling tepinya dan balikkan ke rak pendingin.
  10. Carrot cake kukus siap disajikan.

Baca Juga: Resep Castella Cake yang Empuk, Lembut, dan Manisnya Nikmat

Tips Membuat Carrot Cake Kukus

ilustrasi resep carrot cake kukus (unsplash.com/@jemsahagun)

Tips membuat carrot cake kukus yang enak tak jauh berbeda dengan yang dipanggang. Pertama, jangan lupa menghentakkan bagian bawah loyang untuk menghilangkan sisa gelembung udara sekaligus meratakan permukaan rotinya nanti. 

Selanjutnya, pastikan kamu memasukkan loyang berisi adonan saat kukusannya sudah mendidih agar roti matang dengan cepat dan teksturnya sempurna. Ketiga, penting untuk menutupi tutup kukusan agar roti tidak terkena tetesan airnya supaya adonannya tak terlalu basah.

Gak kalah penting, yakni memilih wortel sebagai bintang utamanya. Pastikan kamu menggunakan wortel yang segar dan baru dikupas serta diserut saat akan digunakan agar rasa manis alaminya maksimal. 

Carrot cake kukus bisa langsung dinikmati sebagai teman minum teh atau diolesi dengan froasting cream cheese, sehingga menghasilkan perpaduan manis dan gurih yang khas. Bahannya sederhana dengan minim alat, pastikan kamu tak terlewat buat mencobanya!

Baca Juga: Resep Raisin Cake, Bolu Manis, Asam, dan Warnanya Cantik Menggoda

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya