TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Kukus Tugu Jogja, Lembut dan Manisnya Bikin Kangen

Yuk, catat bahan dan cara membuatnya!

bolu kukus Tugu Jogja (pexels.com/veersajid)

Bolu Kukus Tugu Jogja terkenal sebagai salah satu andalan sebagai oleh-oleh tiap melancong ke Yogyakarta. Teksturnya yang lembut, moist, dan manis, jelas bikin nagih. Apalagi disantap dengan teh tawar hangat di sore hari, duh ngangeni!

Eits, kalau kangen kamu gak harus buru-buru ke Yogyakarta kok. Cukup ikuti resep bolu kukus Tugu Jogja berikut ini karena rasanya yang gak kalah lezat dan bisa diberi topping sesuai seleramu. Catat bahan dan cara membuatnya di bawah ini, yuk. Jangan sampai ada yang terlewat, ya.

Bahan Bolu Kukus Tugu Jogja

ilustrasi campuran tepung (pexels.com/Ron Lach)
  1. 140 gram tepung serbaguna 
  2. 1 sendok makan atau 35 gram bubuk kakao 
  3. 1 sendok teh atau 4 gram baking powder 
  4. 2 sendok makan atau 30 gram yogurt plain
  5. 1 sendok makan atau 195 ml susu sapi murni
  6. 1 sendok teh ekstrak vanila 
  7. 1/4 sendok teh garam 
  8. 55 ml minyak sayur
  9. 150 gram gula pasir putih 

Baca Juga: 7 Resep Bolu Kukus Cokelat dan Cara Membuatnya yang Lembut

Cara Membuat Bolu Kukus Tugu Jogja

ilustrasi memasak (pexels.com/@polina-tankilevitch)
  1. Pertama, siapkan loyang ukuran 15 lalu lapisi dengan kertas roti. Selanjutnya siapkan alat kukusan yang akan kamu gunakan dan panaskan oven. 
  2. Sambil menunggu oven panas, buat adonan kuenya dengan memasukkan gula, tepung, bubuk kakao, baking powder, dan garam ke dalam sebuah mangkuk ukuran sedang. Aduk-aduk sampai merata dan sisihkan. 
  3. Dengan mangkuk berbeda, tuang susu, minyak, dan yogurt lalu aduk sampai tercampur secara merata. Ambil bahan kering, tuang ke dalam adonan susu sambil diayak sehingga menghasilkan butiran yang halus saja. Aduk-aduk kembali dengan spatula sampai secara keseluruhan merata. 
  4. Tuang adonan kue ke dalam loyang yang sudah disiapkan sebelumnya. Kukus selama 40-45 menit dengan api sedang.
  5. Cek tingkat kematangannya dengan tusuk gigi dengan cara menusukkan ke tengah rotinya. Apabila masih ada jejak atau sisa yang menempel di tusuk gigi, tandanya belum matang dan kukus sedikit lebih lama. Namun jika tusuk gigi bersih, kamu bisa angkat rotinya dan diamkan sejenak sebelum dihidangkan.

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya