TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Telur Dadar Bumbu Gulai yang Gurih dan Bumbu Rempahnya Terasa

Bikin telur dadar gak membosankan!

ilustrasi telur dadar bumbu gulai (instagram.com/tjiu_lie)

Telur dadar bisa dibilang menjadi makanan yang cukup membosankan. Meski begitu, banyak orang yang menggunakan telur dadar sebagai lauk karena cara memasaknya yang simpel. Oleh karena itu, kamu harus membuat variasi baru untuk telur dadar supaya tetap menggoda.

Salah satunya adalah membuat telur dadar bumbu gulai. Berbeda dengan telur dadar biasa, kamu bisa mendapatkan cita rasa gulai yang gurih, sedap, dan berempah pada telur dadar ini. Untuk resepnya, kamu bisa melihat di bawah ini. Ikuti juga langkah-langkah dan tips memasaknya jika dirasa perlu!

Bahan Telur Dadar Bumbu Gulai

ilustrasi telur bebek (youtube.com/CHECHE KITCHEN)

Bahan bumbu gulai:

  1. 1 1/4 sdm bumbu bubuk gulai instan
  2. 150 ml air
  3. 1 1/2 sdm tepung maizena

Bahan telur:

  1. 4 butir telur bebek
  2. 3 siung bawang putih
  3. 3 batang daun bawang
  4. 1/2 sdt garam atau secukupnya
  5. 1 sdt merica bubuk secukupnya

Baca Juga: Resep Telur Dadar Sarden

Cara Membuat Telur Dadar Bumbu Gulai

ilustrasi menggoreng telur dadar (youtube.com/CHECHE KITCHEN)
  1. Siapkan mangkuk kecil atau gelas bersih. Masukkan 1 1/4 sdm bubuk gulai instan ke dalamnya. Selanjutnya, tuangkan air ke dalam bubuk gulai tersebut.
  2. Aduk-aduk hingga bumbu larut dan tercampur merata dengan air. Jika sudah, masukkan tepung maizena ke dalamnya. Aduk lagi sampai larut dan tercampur. Sisihkan.
  3. Kupas bawang putih dari kulitnya. Cuci bersih bawang putih bersama daun bawang dengan air mengalir supaya tidak ada kotoran yang menempel.
  4. Iris halus bawang putih dan juga daun bawang. Masukkan kedua bumbu tersebut ke dalam mangkuk atau wadah bersih berukuran sedang.
  5. Ambil telur bebek, pecahkan satu persatu dan masukkan ke dalam wadah berisi irisan bawang putih serta daun bawang. Aduk dan kocok telur hingga tercampur menjadi satu.
  6. Beri bumbu perasa seperti garam dan lada. Aduk-aduk atau kocok kembali hingga bumbu larut dan menyatu bersama kocokan telur.
  7. Setelah itu, ambil larutan bumbu gulai yang sudah dibuat di awal. Tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam kocokan telur sambil diaduk terus menerus.
  8. Jika larutan gulai telah habis dan seluruhnya tercampur oleh kocokan telur, bagi adonan menjadi 2 bagian. Sisihkan terlebih dahulu.
  9. Siapkan pan atau wajan datar. Tuangkan secukupnya minyak ke dalam pan dan panaskan dengan api sedang. Kemudian, tuangkan satu bagian adonan telur bumbu gulai ke dalam pan.
  10. Masak dengan api sedang hingga warnanya berubah sedikit kecoklatan. Setelah itu, kecilkan apinya. Balik telur dadar bumbu gulai agar matangnya merata.
  11. Jika tingkat kematangannya sudah sesuai yang diinginkan, segera angkat telur dadar bumbu gulai. Tiriskan hingga minyaknya turun. Sembari menunggu ditiriskan, goreng adonan satunya lagi.
  12. Pindahkan telur dadar bumbu gulai yang sudah matang ke atas piring saji. Potong-potong menjadi beberapa bagian. Telur dadar bumbu gulai siap disajikan.
  13. Santap telur dadar bumbu gulai sebagai lauk dengan sepiring nasi putih.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya