TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Udang Kukus Saus Bawang Putih, Gurihnya Menggoyang Lidah

Jauh lebih sehat tentunya

ilustrasi udang kukus saus bawang (instagram.com/emmy_gho)

Udang kukus tak kalah enaknya dengan udang goreng. Udang kukus sendiri tentunya lebih baik daripada udang goreng, karena nutrisinya tidak akan berkurang. Namun, sebagian orang masih ragu apakah memasak udang dengan cara dikukus bisa lebih lezat daripada digoreng.

Bagi yang tertarik untuk memasak udang kukus, kamu bisa coba membuat udang kukus saus bawang. Udang kukus yang gurih akan jauh lebih sedap bila dipadukan dengan saus bawang yang gurih. Seperti apa resep dan cara membuatnya? Yuk, simak artikel di bawah ini.

Baca Juga: Resep Udang Garlic Butter Cream yang Sedap dan Bikin Nagih

1. Bahan dan bumbu

ilustrasi udang mentah (instagram.com/topntp26)

Bahan utama:

  1. 150 gram udang
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. 3 ruas jahe, iris tipis
  4. Daun bawang secukupnya, iris tipis

Bumbu saus bawang:

  1. 3 siung bawang putih
  2. 2 sdm minyak bawang
  3. 1 sdm kecap asin
  4. 1 sdt kaldu jamur
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1/2 sdt lada bubuk

2. Cara membuat

ilustrasi membuat udang kukus saus bawang (youtube.com/DoReMi Kitchen)
  1. Siapkan udang yang masih segar. Cuci bersih dengan air mengalir, kemudian buang kotoran dalam tubuh udang.
  2. Potong kaki-kaki udang dan buang kepalanya. Ulangi hingga selesai dan bilas kembali udang sampai benar-benar bersih. Angkat dan tiriskan, kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, haluskan atau cincang bawang putih. Masukkan ke dalam wadah atau mangkuk kecil.
  4. Tambahkan minyak bawang, kecap asin, kaldu jamur, dan secukupnya garam serta lada. Aduk-aduk sampai semua bahan saus bawang tersebut tercampur merata.
  5. Susun udang yang telah dibersihkan di atas piring atau wadah tahan panas. Guyur udang menggunakan saus bawang yang telah dibuat sebelumnya.
  6. Panaskan dandang kukusan terlebih dahulu. Sembari menunggu dandang kukusan panas, beri irisan jahe, daun bawang, dan juga cabai merah di atas udang.
  7. Jika sudah, masukkan ke dalam dandang kukusan. Masak atau kukus selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai daging udang matang.
  8. Setelah itu, baru angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu. Taburi lagi dengan irisan daun bawang yang masih segar. Sajikan udang kukus saus bawang dengan sepiring nasi putih hangat agar lebih kenyang.
  9. Nikmati bersama kerupuk untuk santapan makan siang atau malam. Rasanya yang gurih dan lezat bakal bikin kamu tambah nasi terus!

Baca Juga: Resep Udang Goreng Almond, Lauk Makan Unik yang Mengesankan

Verified Writer

Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya