TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Telur Ceplok Bumbu Spesial, Referensi Menu Murah ala Anak Kost

Cocok buat jadi menu di tanggal tua

ilustrasi telur ceplok bumbu spesial (instagram.com/tans.erni)

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang bisa dimasak menjadi aneka hidangan. Cara memasak telur juga bermacam-macam. Telur juga cocok dipadukan dengan aneka bumbu yang gurih dan sedap.

Salah satu hidangan yang berasal dari telur adalah telur ceplok bumbu spesial. Bukan telur ceplok biasa, melainkan telur ceplok yang diberi bumbu tumisan dan campuran saus. Menu simpel satu ini cocok banget bagi kamu yang lagi ngekost atau para ibu rumah tangga yang kebingungan mau masak apa saat tanggal tua.

Kira-kira seperti apa resep telur ceplok bumbu spesial tersebut? Berikut informasinya untuk kamu.

Bahan Telur Ceplok Bumbu Spesial

ilustrasi telur ayam (freepik.com/freepik)

  1. 5 butir telur ayam
  2. 6 butir bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 1 buah tomat, iris
  5. 2 helai daun bawang
  6. 5 buah cabai rawit
  7. 2 sdm kecap manis
  8. 1 sdm saus tiram
  9. 1 sdt kecap ikan
  10. 1/2 sdt gula pasir
  11. sejumput garam
  12. sejumput lada
  13. sejumput kaldu bubuk
  14. air secukupnya

Baca Juga: 5 Resep Olahan Telur Pakai Rice Cooker, Cocok buat Anak Kos

Cara Membuat Telur Ceplok Bumbu Spesial

ilustrasi menggoreng telur (YouTube.com/Devina Hermawan)

  1. Tuangkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan atau teflon. Letakkan di atas kompor dan nyalakan apinya sedang. Tunggu beberapa saat hingga panas.
  2. Setelah minyak panas, pecahkan satu butir telur lalu tuangkan langsung ke dalam minyak panas tersebut. Goreng telur ceplok hingga matang, angkat dan tiriskan. Goreng lagi sisa-sisa telur yang masih ada hingga semuanya matang. Sisihkan terlebih dahulu jika sudah.
  3. Selanjutnya, siapkan bawang putih dan bawang merah. Cuci hingga bersih dan kupas dari kulit luarnya. Iris tipis bawang putih dan bawang merah.
  4. Setelah itu, cuci bersih tomat. Potong tomat menjadi bentuk dadu atau kotak kecil-kecil. Jangan lupa untuk memotong daun bawang agar lebih pendek. Sisihkan semua bumbunya.
  5. Panaskan sedikit minyak dalam wajan. Masukkan bawang putih dan bawang merah yang telah diiris beserta cabe rawit utuh ke dalamnya. Tumis hingga layu dan aromanya harum.
  6. Masukkan tomat ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan juga kecap manis, saus tiram, dan kecap ikan ke dalam masakan. Aduk-aduk lagi sampai tercampur merata dan tomat layu.
  7. Taburi bumbu seasoning seperti lada, gula pasir, kaldu bubuk, dan secukupnya garam. Aduk hingga tercampur, kemudian tuangkan secukupnya air ke dalamnya. Masak sampai larut dan mendidih.
  8. Apabila bumbu sudah mendidih, ambil telur ceplok yang sudah matang tadi dan masukkan seluruhnya ke dalam tumisan bumbu. Aduk-aduk lagi sampai merata dan permukaan telur terlumuri bumbu.
  9. Masak sebentar dengan api kecil hingga bumbu meresap. Koreksi rasanya terlebih dahulu sebelum diangkat. Kalau sudah pas, segera angkat dan pindahkan ke piring saji. Terakhir, taburi dengan irisan daun bawang 
  10. Telur ceplok bumbu spesial bisa langsung disantap dengan nasi putih hangat.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya