TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Sup Jamur Ayam Telur dengan Kuahnya yang Gurih dan Lembut

Cocok disantap sebagai penghangat

ilustrasi sup jamur ayam telur (instagram.com/mandachastity)

Akhir-akhir ini, cuaca terbilang cukup dingin. Menyantap menu makanan yang hangat bisa menjadi salah satu solusi untuk melawan suhu udara yang dingin. Kamu bisa membuat sup jamur ayam telur.

Sup jamur ayam telur merupakan sajian lezat berkuah kental dan lembut yang mudah banget untuk dibuat. Lebih lezat lagi, ketika sup ini dibuat menggunakan kaldu ayam yang gurih banget, dijamin langsung bikin lidah kamu bergoyang.

Jamur yang digunakan adalah jamur shitake. Jamur ini teksturnya renyah dan cocok banget saat dimasak berkuah. Kalau pingin bikin, resep sup jamur ayam telur dengan kuah yang gurih ini bisa dipraktikkan!

Baca Juga: Resep Sup Ayam Kuah Pedas Super Nikmat

Bahan Sup Jamur Ayam Telur

ilustrasi jamur shitake (pixabay.com/MLbay)
  1. 2 siung bawang putih
  2. 1 ruas jahe
  3. 2 batang daun bawang
  4. 100 gram daging ayam
  5. 5 buah jamur shitake
  6. 750 ml kaldu ayam
  7. 1 butir telur
  8. 1 sdt garam
  9. 1/2 sdt gula
  10. 1/2 lada bubuk
  11. 2 sdm maizena, larutkan dengan 4 sdm air
  12. 1 sdt minyak wijen
  13. minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

ilustrasi sup jamur ayam telur (instagram.com/mandachastity)
  1. Kupas terlebih dahulu bawang putih dan jahe dari kulitnya. Jika sudah, cincang halus bawang putih dan iris tipis jahenya.
  2. Buang akar daun bawang, cuci sampai bersih, kemudian iris tipis. Sisihkan ketiga bumbu tersebut.
  3. Siapkan daging ayam yang masih segar. Pisahkan daging ayam dari tulangnya jika ada. Setelah itu, potong daging ayam menjadi kecil-kecil atau bentuk dadu.
  4. Untuk jamurnya, cuci bersih dengan air mengalir sambil digosok-gosok ringan. Jika sudah, iris atau potong jamur sesuai selera.
  5. Tuangkan sedikit minyak ke dalam panci atau wajan bersih. Panaskan di atas api kompor sedang, lalu gunakan untuk menumis irisan jahe dan daun bawang sampai layu serta harum.
  6. Masukkan jamur ke dalam tumisan jahe dan daun bawang. Aduk sebentar sampai agak layu, lalu masukkan daging ayam yang sudah dipotong dadu serta bawang putih cincang.
  7. Aduk dan masak semua bahan dan bumbu yang sudah dimasukkan tersebut sampai tercampur rata dan warna daging menjadi lebih pucat.
  8. Tuangkan sedikit demi sedikit air kaldu ke dalam masakan. Jangan lupa untuk terus diaduk. Setelah tercampur, kecilkan apinya lalu masak dengan api kecil hingga mendidih.
  9. Sambil menunggu air mendidih, pecahkan telur di dalam wadah atau mangkuk kecil. Kocok telur sampai tercampur merata.
  10. Setelah air mendidih, tuangkan telur ke dalamnya sedikit demi sedikit dan terus aduk hingga telur menjadi serabut-serabut halus. Bumbui dengan garam, gula, dan lada bubuk secukupnya saja. Aduk kembali dan masak hingga mendidih.
  11. Setelah sup jamur ayam telur dirasa sudah matang, tuangkan larutan maizena ke dalamnya. Aduk hingga kuah sup menjadi lebih kental.
  12. Tambahkan minyak wijen sedikit saja. Aduk rata kemudian koreksi rasa sup jamur ayam telur. Apabila sudah pas, matikan kompor dan pindahkan ke dalam mangkuk.
  13. Nikmati sup jamur ayam telur selagi masih hangat-hangatnya.

Baca Juga: Resep Sup Sayur Tetelan Sapi, Teman Pas untuk Makan Nasi

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya