TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Nasi Goreng Bumbu Madura, Gurih dan Lezatnya Dijamin Beda!

Bisa jadi ide jualan juga nih

Ilustrasi nasi goreng bumbu madura (instagram.com/emyming)

Nasi goreng saat ini telah memiliki banyak varian rasa yang berbeda. Bahkan di setiap daerah, penjual-penjual nasi goreng selalu membuat menu-menu anyar dengan mencampurkan nasi goreng dengan bumbu lokal daerah tersebut. Seperti nasi goreng bumbu khas Madura yang terkenal gurih dan berempah.

Kalau kamu penasaran seperti apa rasanya nasi goreng bumbu madura, kamu bisa memasaknya sendiri tanpa harus jauh-jauh ke Madura untuk membelinya. Gak perlu bingung resep, di bawah ini sudah lengkap resep nasi goreng bumbu madura beserta langkah-langkah membuatnya. Seperti apa? Yuk, simak!

Bahan Nasi Goreng Bumbu Madura

ilustrasi nasi putih (freepik.com/jcomp)

Bahan:

  1. 100 gram nasi putih pera
  2. 1 butir telur

Bumbu halus:

  1. 4 buah cabai rawit
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2 siung bawang merah
  4. 1 butir kemiri
  5. 1 buah cabai merah keriting
  6. 1/2 sdt garam

Bumbu saus:

  1. 1 sdm kecap manis
  2. 1/2 sdt kecap asin
  3. 1 sdt kecap ikan
  4. 1/2 sdt kecap maggi
  5. 1/2 sdt saus tiram
  6. 1 sdm saus sambal

Bumbu pelengkap:

  1. 1 batang daun bawang
  2. 1/4 sdt penyedap rasa

Topping:

  1. 1 potong ayam goreng bagian paha
  2. Kacang goreng secukupnya
  3. Mentimun secukupnya
  4. Telur ceplok
  5. Kerupuk secukupnya
  6. Cabe rawit secukupnya

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Padang, Khas Aroma Rempahnya Semerbak

Cara Membuat Nasi Goreng Bumbu Madura

ilustrasi menggoreng nasi (YouTube.com/Devina Hermawan)
  1. Kupas bawang merah dan bawang putih dari kulit luarnya. Jika sudah, cuci bersih bawang dan cabai dengan air mengalir. Tiriskan, kemudian pindahkan ke dalam chopper atau blender.
  2. Tambahkan kemiri dan garam, lalu haluskan seluruh bahan bumbu halus hingga lembut dan tercampur. Jika sudah, angkat lalu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Pecahkan satu butir telur lalu kocok hingga putih dan kuningnya tercampur. Panaskan sedikit saja minyak di wajan yang akan digunakan untuk menggoreng nasi. Kalau minyak sudah panas, tuangkan kocokan telur dan buat menjadi telur orak-arik. Angkat lalu tiriskan, sisihkan terlebih dahulu.
  4. Tambahkan sedikit minyak lagi pada wajan sisa menggoreng telur tadi. Panaskan, kemudian masukkan bumbu halus dan tumis dan aduk terus hingga aromanya harum.
  5. Masukkan telur orak-arik, kemudian aduk-aduk kembali hingga telur orak-arik tercampur menjadi satu dengan tumisan bumbu. 
  6. Tambahkan nasi putih ke dalam wajan. Besarkan apinya, kemudian aduk dengan cepat hingga seluruh butiran nasi terkena bumbu dan tercampur dengan telur.
  7. Kecilkan apinya, lalu tambahkan bumbu-bumbu saus macam saus tiram, saus sambal, kecap manis, kecap ikan, kecap asin, kecap maggi, serta beri sedikit penyedap rasa.
  8. Besarkan lagi apinya. lalu segera aduk terus hingga warna nasi berubah dan semua bumbu tercampur rata. Apabila dirasa sudah hampir matang, iris daun bawang lalu masukkan ke dalam nasi goreng. Aduk rata!
  9. Pindahkan nasi goreng madura yang sudah matang ke atas pring saji. Suwir-suwir daging ayam goreng, lalu taruh pada bagian atas nasi goreng sebagai topping-nya.
  10. Tambahkan cabe rawit, kacang goreng, telur ceplok, dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya