TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Nanas yang Legit dan Lembut, Makan Sepotong Gak Akan Cukup

Cocok untuk teman ngopi atau jadi dessert

kue nanas (instagram.com/sweet_escape_pastry)

Banyak kue yang bisa dibuat dengan cara yang mudah. Salah satunya adalah kue nanas dengan cita rasa legit, sedikit asam, dan teksturnya lembut. Kue ini cocok banget dijadikan teman ngopi, ngeteh, atau jadi makanan penutup.

Apabila tertarik membuat kue ini, kamu harus menyiapkan bahan-bahan seperti di bawah ini. Mulai dari tepung terigu, margarin, gula, hingga pastinya selai nanas. Lebih lengkapnya, langsung simak resep kue nanas dan ikuti tata cara pembuatannya di bawah ini.

Bahan Kue Nanas

ilustrasi bahan kue (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Bahan adonan kue:

  1. 50 gram margarin
  2. 75 gram minyak goreng
  3. 185 ml susu cair
  4. 3/4 sdt atau 2 tetes esens vanila
  5. 225 gram tepung terigu protein rendah
  6. 80 gram gula pasir halus
  7. 7 butir telur ayam, ambil kuningnya
  8. 7 butir telur ayam, ambil putihnya
  9. 1/2 sdt garam
  10. 1/2 sdt krim tartar
  11. 10 sdm gula pasir

Bahan olesan:

  1. Selai nanas secukupnya
  2. Whipping cream secukupnya

Baca Juga: 5 Tips Membuat Pineapple Bun, Roti dengan Crust ala Hong Kong

Cara Membuat Kue Nanas

ilustrasi membuat adonan (freepik.com/master1305)

  1. Panaskan pan, kemudian masukkan margarin ke dalamnya. Tunggu selama beberapa saat sampai margarin meleleh, lalu angkat dan tuangkan ke dalam wadah bersih.
  2. Tuangkan minyak goreng ke dalamnya. Tambahkan susu cair serta esens vanila agar lebih harum. Aduk-aduk seluruh bahan cair tersebut dengan whisk hingga tercampur merata serta teksturnya menjadi lembut. Sisihkan terlebih dahulu jika sudah.
  3. Masukkan tepung terigu ke dalam adonan basah dengan cara diayak supaya tidak bergerindil. Tambahkan gula pasir halus, kemudian aduk-aduk perlahan sampai tercampur merata. Tuangkan sedikit demi sedikit susu cair sambil diaduk terus hingga tekstur adonan berubah mengental.
  4. Kalau sudah, pecahkan telur dan ambil kuningnya, lalu campurkan ke dalam adonan kue. Aduk-aduk sampai seluruh bahan tercampur seluruhnya. Sisihkan terlebih dahulu.
  5. Dalam wadah yang berbeda, tuangkan putih telur lalu beri garam dan krim tartar. Kocok menggunakan whisk hingga halus dan mengembang.
  6. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai larut dan tercampur. Jika sudah, tuangkan kocokan putih telur tersebut ke dalam adonan tepung terigu tadi.
  7. Aduk sedikit demi sedikit adonan hingga benar-benar tercampur dan adonan kue siap untuk dipanggang.
  8. Siapkan loyang berbentuk lingkaran yang sudah diberi alas baking paper. Tuangkan adonan kue, lalu ratakan dan hentak-hentakkan agar tidak ada bagian yang berongga.
  9. Panggang kue dengan oven selama 25 menit dalam suhu 180 derajat celcius atau sampai kue matang. Kalau sudah, angkat dan keluarkan dari dalam cetakan.
  10. Tunggu hingga kue dingin, lalu potong kue secara horizontal menjadi tiga bagian. Oleskan selai nanas pada salah satu sisi masing-masing potongan kue.
  11. Tumpuk lagi kue, kemudian oleskan permukaan kue dengan whipping cream hingga merata. Potong sesuai selera lalu sajikan!

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya