TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Gyoza Ayam Tahu, Ide Bekal Sekolah Menarik Kesukaan Anak

Bisa dijadikan camilan, bisa juga untuk lauk makan

ilustrasi gyoza ayam tahu (pixabay.com/PerfectLinks)

Gyoza merupakan salah satu dimsum khas Jogja yang rasanya hampir mirip dengan siomay. Gyoza sendiri memiliki tekstur yang unik, karena cara memasaknya yang dipanggang lalu disiram dengan air. Proses ini akan membuat tekstur gyoza menjadi renyah di bagian bawah dan juicy di bagian atas serta dalamnya.

Gyoza cocok banget dijadikan bekal untuk sekolah anak. Seperti gyoza ayam tahu yang pastinya enak banget. Kalau kamu tertarik untuk membuatnya, bisa melihat resep gyoza ayam tahu di bawah ini. Seperti apa? Yuk, simak!

Bahan Gyoza Ayam Tahu

ilustrasi dada ayam (freepik.com/jcomp)

Bahan utama:

  1. 10 lembar kulit gyoza atau secukupnya
  2. 1 sdm minyak wijen
  3. 1 sdm minyak goreng
  4. 50 ml air

Bahan isian:

  1. 50 gram dada ayam
  2. 50 gram tahu putih
  3. 2 siung bawang putih
  4. 1/4 sdt jahe
  5. 1 batang daun bawang
  6. 1/2 sdm kecap asin
  7. 1 sdt tepung pati jagung, larutkan dengan 1 sdm air
  8. 1/4 lada bubuk

Bahan saus:

  1. 3 sdm kecap asin
  2. 1 sdm air jeruk nipis
  3. 1 sdt jahe

Baca Juga: Bedanya Gyoza dan Wonton, meski Sama-sama Dumpling

Cara Membuat Gyoza Ayam Tahu

ilustrasi gyoza (freepik.com/freepik)

  1. Gyoza: Cuci dada ayam dengan air mengalir. Gosok-gosok perlahan dada ayam hingga bersih. Cincang dada ayam yang telah dibersihkan dengan pisau tajam sampai hancur dan hampir halus. Sisihkan jika sudah.
  2. Ambil tahu putih kemudian masukkan tahu ke dalam wadah atau baskom bersih. Lumat tahu dengan cara ditekan menggunakan garpu atau diremas dengan tangan bersih hingga hancur dan halus.
  3. Campurkan tahu dan daging ayam sampai merata. Parut bawang putih dan jahe, kemudian masukkan dan aduk bersama campuran tahu serta daging ayam.
  4. Bumbui lagi dengan kecap asin dan lada putih bubuk. Aduk-aduk sampai bumbu merata, kemudian tuangkan larutan tepung pati jagung ke dalam adonan isian gyoza. Aduk kembali hingga tercampur menjadi satu.
  5. Jangan lupa, iris halus daun bawang putih dan campurkan dengan adonan. Ini supaya adonan lebih sedap dan harum. Setelah semua bahan adonan isian tercampur, sisihkan terlebih dahulu.
  6. Ambil selembar kulit gyoza. Tata kulit gyoza kemudian taruh satu sendok makan isian di bagian tengah. Lipat hingga membentuk setengah lingkaran, kemudian tekan atau jepit bagian atasnya hingga membentuk seperti gyoza pada umumnya.
  7. Lakukan cara tersebut secara berulang sampai seluruh adonan isian gyoza ayam tahu terbungkus kulitnya. Jika sudah, langsung saja panaskan minyak wijen dan minyak goreng di atas teflon.
  8. Apabila minyak sudah panas, susun rapi gyoza di atasnya. Masak sebentar hingga bagian bawah gyoza berubah warna sedikit kecoklatan dan kering.
  9. Tuangkan sedikit air ke dalam teflon tersebut. Kemudian segera tutup teflon dan masak gyoza sekitar tiga menit sampai matang dan airnya habis. Angkat dan sisihkan jika sudah.
  10. Pindahkan gyoza ayam tahu ke dalam kotak bekal. Lanjut buat saus untuk cocolannya.
  11. Saus: Siapkan mangkuk kecil, kemudian tuangkan kecap asin ke dalamnya. Parut jahe lalu masukkan ke dalam kecap asin. Beri sedikit air perasan jeruk nipis, kemudian aduk-aduk hingga tercampur merata.
  12. Siapkan plastik atau cup kecil untuk wadah sambal. Setelah itu, tuangkan saus cocolan gyoza tersebut ke dalamnya. Masukkan ke dalam kotak bekal berisi gyoza ayam tahu tadi. Siap untuk dijadikan bekal!

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya