TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Cupcake Cokelat Raspberry yang Cara Buatnya Gampang!

Kue cokelat legit ala kafe ini bisa kamu buat sendiri

ilustrasi cupcake cokelat raspberry (instagram.com/astridfebrinarizal)

Cupcake menjadi salah satu kue yang cukup digemari. Kue yang menyerupai cup atau cangkir ini bisa divariasikan dengan berbagai rasa yang legit. Salah satunya adalah cupcake cokelat dengan topping raspberry dan gula halus.

Cupcake cokelat raspberry sendiri biasanya dijual di toko kue atau kafe-kafe kekinian. Harganya sudah pasti cukup menguras kantong. Padahal membuat kue ini cukup mudah banget dan gak terlalu ribet. Penasaran seperti apa resep cupcake cokelat raspberry? Yuk, simak di bawah ini!

Bahan Cupcake Cokelat Raspberry

ilustrasi bahan kue (freepik.com/freepik)

Bahan cake:

  1. 200 gram tepung terigu
  2. 120 gram mentega
  3. 150 gram gula pasir
  4. 1/2 sdt vanili
  5. 1 sdt baking powder
  6. 2 butir telur ayam
  7. 75 ml susu segar
  8. 1 sdt cocoa powder

Bahan topping:

  1. Raspberry kalengan secukupnya
  2. Gula halus secukupnya

Baca Juga: Resep Cupcake Ontbijtkoek, Teman Sempurna untuk Memulai Hari

Cara Membuat Cupcake Cokelat Raspberry

ilustrasi membuat adonan dark choco cookies (YouTube.com/Cook Me Food)
  1. Masukkan mentega ke dalam wadah berukuran sedang. Tambahkan gula dan vanili ke dalamnya. Kocok ketiga bahan tersebut menggunakan whisk atau blender dengan kecepatan sedang hingga lembut dan mengembang.
  2. Pecahkan dua butir telur, kemudian masukkan ke dalam campuran mentega dan gula tersebut. Kocok lagi sampai telur tercampur merata dan menjadi adonan basah.
  3. Lanjut, siapkan tepung terigu. Ayak terlebih dahulu tepung terigu agar tidak ada adonan yang bergerindil serta kotoran yang ikut masuk dan tercampur dengan adonan.
  4. Jika sudah, masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu ke dalam adonan basah. Aduk menggunakan whisk lagi atau spatula perlahan saja sampai benar-benar tercampur merata.
  5. Beri sekitar satu sendok teh cocoa powder ke dalam adonan kue. Setelah itu, tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tekstur adonan menjadi sedikit mengental.
  6. Siapkan cetakan cupcake, kamu bisa melapisinya dengan kertas kue atau langsung mengolesi cetakan cupcake dengan margarin tipis-tipis saja.
  7. Selanjutnya, ambil secukupnya adonan cupcake cokelat yang sudah jadi tadi kemudian tuangkan ke dalam masing-masing cetakan. Jangan terlalu penuh ya agar cupcake cokelat bisa mengembang sempurna.
  8. Panaskan oven dengan suhu sekitar 170 derajat celcius. Kalau sudah panas, tata cetakan cupcake di atas loyang dan masukkan ke dalam oven. Panggang selama kurang lebih 20-25 menitan sampai benar-benar matang.
  9. Setelah matang, angkat dan biarkan hingga dingin. Kalau sudah, keluarkan dari cetakan, kemudian taburi dengan gula halus di atasnya.
  10. Tambahkan raspberry pada bagian tengah atas cupcake cokelat. Tekan hingga raspberry sedikit masuk ke dalam kue. Lakukan satu persatu hingga selesai. Cupcake cokelat raspberry siap untuk disajikan!

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya