TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bola-bola Uyen, Bakwan Talas Khas Medan yang Renyah dan Gurih

Enak banget buat camilan, yuk coba buat!

bola-bola uyen (instagram.com/koh_aming)

Talas merupakan sejenis umbi-umbian yang biasanya diolah menjadi berbagai macam bentuk makanan. Akan tetapi, banyak orang yang enggan untuk mengolah talas karena cara mengolahnya yang sulit. Sebab, jika tidak berhati-hati saat mengolah talas, makanan satu ini bisa menimbulkan rasa gatal yang mengganggu.

Jika kamu ingin melihat resep olahan talas dan cara mengolahnya yang benar, bisa melihat resep bola-bola uyen di bawah ini. Uyen sendiri merupakan gorengan yang terbuat dari talas dan sering disajikan bersama saus cocolan. Seperti apa resep bola-bola uyen? Yuk simak!

Bahan Bola-bola Uyen

ilustrasi talas (freepik.com/jcomp)

Bahan:

  1. 1 kg talas

Bumbu halus:

  1. 6 siung bawang putih 
  2. 4 siung bawang merah 
  3. 1 sdt merica
  4. 1/2 sdt kaldu jamur

Bahan saus cocolan:

  1. 5 siung bawang putih
  2. 4 buah cabai rawit
  3. 3 sdm saus pedas
  4. 1 sdm gula pasir
  5. 1 sdt air jeruk nipis
  6. 1/2 sdt garam

Baca Juga: 10 Tips Pembuatan Gandasturi, Gorengan Manis dari Kacang Hijau

Cara Membuat Bola-bola Uyen

ilustrasi menggoreng bola-bola uyen (YouTube.com/Hungry Fever)
  1. Bola-bola uyen: Siapkan talas, kemudian kupas talas dari kulitnya. Lakukan satu persatu hingga semua talas menjadi bersih. Setelah itu, serut talas supaya menjadi kecil-kecil.
  2. Pindahkan talas yang sudah diserut tadi ke dalam wadah atau baskom berukuran sedang. Setelah itu, tuangi dengan air bersih hingga seluruh serutan talas tadi terendam.
  3. Diamkan talas dalam rendaman air garam selama kurang lebih 30 menitan. Jika sudah, angkat dan bilas menggunakan air mengalir sampai benar-benar bersih. Selanjutnya, tiriskan serutan talas hingga airnya turun.
  4. Sambil menunggu talas ditiriskan, buat bumbu halusnya. Masukkan seluruh bahan bumbu halus ke dalam blender. Tuangkan sedikit saja air ke dalamnya. Haluskan bumbu-bumbu tersebut sampai lembut.
  5. Angkat dan pindahkan bumbu halus ke dalam wadah. Masukkan serutan talas tadi ke dalam wadah tersebut. Aduk-aduk sampai talas tercampur dengan bumbu.
  6. Panaskan minyak goreng yang banyak di atas api kompor sedang. Setelah minyak panas, bentuk adonan talas atau uyen menjadi adonan bulatan kecil seperti bola dan masukkan ke dalam minyak panas. Lakukan berulang hingga wajan penuh.
  7. Goreng bola-bola uyen sambil diaduk hingga matang kecoklatan. Angkat dan tiriskan bola-bola uyen jika sudah matang. Goreng lagi sisa adonan uyen sampai seluruhnya matang.
  8. Saus cocolan: Haluskan bawang putih dan cabai rawit dengan cara diulek atau menggunakan chopper hingga blender. Setelah halus, tumis bawang putih dan cabai rawit tersebut dengan sedikit minyak.
  9. Setelah bumbu tumisan harum, tuangkan saus sambal dan aduk-aduk sebentar hingga tercampur. Jangan lupa beri bumbu seperti garam, gula, dan sedikit air jeruk nipis. Aduk lagi dan masak hingga mengental.
  10. Koreksi rasa sausnya. Jika sudah pas, angkat dan pindahkan saus cocolan ke dalam mangkuk. Sajikan bola-bola uyen talas bersama saus cocolan. Santap selagi hangat supaya lebih renyah!

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya