TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Berliner Khas Jerman untuk Camilan Nonton Euro 2024

Bikin kamu berasa nonton #EURO2024 langsung di Jerman

ilustrasi berliner isi selai strawberry (instagram.com/cactusletzebuerg)

Pesta bola Eropa atau Euro 2024 kini sedang berlangsung. Tentunya, bagi kamu yang gak bisa nonton langsung di Jerman, pasti selalu setia menyaksikan lewat layar kaca. Tak lengkap dong tentunya nonton pertandingan sepak bola kalau gak ada camilannya.

Camilan yang dibuat pastinya harus identik dengan negara penyelenggara Euro kali ini. Nah, salah satu camilan enak yang juga mengenyangkan dan cukup populer di Jerman adalah berliner. Berliner merupakan olahan roti sederhana yang diberi isian selai atau disajikan dengan taburan gula halus.

Kalau kamu tertarik untuk membuatnya, bisa melihat resep berliner di bawah ini. Seperti apa kira-kira? 

1. Bahan Berliner

ilustrasi bahan membuat roti (freepik.com/yuliya_taler)

Bahan utama:

  1. 235 gram tepung terigu protein tinggi
  2. 1 1/2 sdm tepung maizena
  3. 1 butir kuning telur
  4. 30 gram gula
  5. 130 ml susu cair
  6. 3 gram ragi instan
  7. 50 gram mentega
  8. 1/4 sdt garam
  9. Minyak untuk menggoreng

Pelengkap:

  1. Selai sesuai selera, secukupnya
  2. Gula halus untuk topping, secukupnya

Baca Juga: Resep Apple Strudel, Dessert Khas Jerman untuk Temani Piala Eropa 2024

2. Cara Membuat Berliner

ilustrasi membuat adonan (freepik.com/YulliaKa)
  1. Siapkan seluruh bahan berliner terlebih dahulu. Kemudian tuangkan gula dan ragi instan ke dalam wadah atau mangkuk. Setelah itu, hangatkan susu cair di atas api kompor sambil terus diaduk, lalu tuangkan ke dalam campuran gula dan ragi.
  2. Aduk-aduk semuanya sampai tercampur. Diamkan campuran ketiga bahan tersebut selama 15 menit sampai berbuih. Ini biasa disebut dengan bahan biang.
  3. Lanjut ambil wadah bersih berukuran sedang. Kemudian, masukkan tepung terigu ke dalam wadah tersebut bersamaan dengan tepung maizena. Aduk-aduk sampai tercampur merata.
  4. Pecahkan satu butir telur lalu ambil bagian kuningnya saja. Tuangkan ke dalam adonan lalu aduk-aduk sebentar hingga adonan sedikit menggumpal.
  5. Tambahkan sedikit demi sedikit bahan biang yang sudah berbuih tadi ke dalam adonan. Jangan lupa untuk diaduk terus dengan tangan bersih hingga adonan sedikit kalis.
  6. Masukkan mentega dan garam. Uleni lagi adonan selama kurang lebih 15 menit sampai warnanya berubah sedikit cerah dan tidak lengket sama sekali.
  7. Bentuk adonan menjadi bulatan besar, lalu tutup menggunakan plastic wrap atau kain bersih. Diamkan adonan tersebut hingga 1 jam-an supaya bisa mengembang 2 kali lipat.
  8. Jika susah mencapai waktu yang ditentukan, kempiskan adonan lalu uleni sebentar saja. Bentuk bulat besar lagi adonan, lalu pindahkan ke dalam medan datar atau meja yang sudah ditaburi tepung agar tidak lengket.
  9. Pipihkan adonan sampai ketebalan 1,5 sentimeter. Kemudian potong-potong dengan ring cutter atau bisa menggunakan cetakan kue sampai bentuknya menjadi lingkaran. Ulangi hingga selesai.
  10. Lanjut, panaskan minyak goreng yang banyak. Masukkan satu persatu adonan berliner ke dalam minyak panas dan goreng hingga matang serta mengembang.
  11. Jangan lupa untuk membalik adonan sesekali supaya matangnya merata. Angkat dan tiriskan jika sudah. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan yang masih belum matang.
  12. Diamkan terlebih dahulu berliner sampai agak dingin. Lubangi pada bagian tepi berliner, lalu masukkan selai atau filling dengan rasa sesuai selera ke dalamnya menggunakan pipping bag.
  13. Taburi menggunakan gula halus dan sajikan. Berliner yang legit bisa langsung kamu santap atau dijadikan teman nonton Euro 2024 agar vibes-nya lebih berasa.

3. Tips Membuat Berliner

ilustrasi berliner isi selai strawberry (instagram.com/cactusletzebuerg)
  1. Di Jerman, berliner biasanya diberi isian selai strawberry. Namun jika kamu tidak suka, kamu bisa menggunakan selai lain sesuai selera seperti selai cokelat, kacang, srikaya, dan masih banyak lagi lainnya. Tanpa selai dengan taburan gula putih pun, berliner sudah sangat enak ketika disantap.
  2. Jika kamu tidak punya ring cutter atau cetakan kue berbentuk lingkaran, kamu bisa mengambil secukupnya adonan lalu membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil. Baru setelah itu, bisa dipipihkan dengan ketebalan 1,5 sentimeter. Jika terlalu tebal, nantinya bentuk berliner akan bulat. Tergantung selera saja sebenarnya.

Asyiknya menonton Euro 2024 di depan layar kaca dengan ditemani berliner yang empuk dan legit bakal bikin kamu ketagihan. Rasanya seperti menonton langsung pertandingan Euro di Jerman. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Toko Donat Enak di Münich-Jerman, Variannya Banyak!

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya