TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bakpia Kering Kacang Hijau, Kue Autentik Khas Yogyakarta

Buat sendiri di rumah gampang ternyata!

Ilustrasi bakpia kering kacang hijau (instagram.com/aniktriwina | instagram.com/chefmatechocolate)

Bakpia kering kacang hijau merupakan salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang cukup terkenal. Bakpia kering sendiri punya tekstur yang lebih renyah dan garing ketimbang bakpia basah. Tentu saja, ini menjadi sensasi tersendiri bagi para penikmatnya.

Banyak yang bilang membuat bakpia kering kacang hijau sendiri di rumah bukanlah hal yang gampang. Bahan-bahan yang dibutuhkan memang cukup banyak. Namun, jika kamu mengikuti resep bakpia kering kacang hijau dan langkah-langkah di bawah ini untuk membuatnya secara berurutan, dijamin bakal terlihat gampang.

Bahan Bakpia Kering Kacang Hijau

ilustrasi bahan kue (freepik.com/wirestock)

Bahan kulit A:

  1. 150 gram terigu protein sedang
  2. 75 ml air
  3. 50 gram margarin
  4. 20 gram gula halus

Bahan kulit B:

  1. 100 gram terigu protein rendah
  2. 50 gram margarin
  3. 1 sdm minyak goreng

Bahan Isian:

  1. 400 gram kacang hijau kupas, rendam 2 jam
  2. 200 ml santan kental
  3. 200 gram gula pasir
  4. 250 ml susu kental
  5. 2 1/2 sdt vanili bubuk
  6. 200 ml air

Baca Juga: Resep Bakpia Kukus Pandan yang Moist Abis Teksturnya

Cara Membuat Bakpia Kering Kacang Hijau

ilustrasi membuat bakpia kering kacang hijau (YouTube.com/Lavatera Kitchen)

  1. Isi: Masukkan kacang hijau yang sudah direndam ke dalam blender. Tambahkan santan, air, vanili bubuk, susu kental manis, serta gula pasir ke dalamnya. Nyalakan blender, lalu tunggu sampai halus.
  2. Tuangkan adonan isian yang telah halus ke dalam wajan atau teflon. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga air menyusut dan teksturnya memadat. Angkat kemudian diamkan selama beberapa saat hingga dingin. 
  3. Kalau sudah, bagi adonan masing-masing seberat 15 gram. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil. Lakukan hingga selesai kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  4. Kulit: Siapkan dua wadah atau baskom bersih berukuran besar. Campurkan masing-masing bahan kulit A dan B di dalam dua wadah tersebut. Aduk rata dan uleni sampai kalis, kemudian diamkan selama 30 menitan dengan ditutup plastic wrap.
  5. Jika sudah, bagi adonan kulit A dan B masing-masing menjadi 10 bagian. Ambil satu bagian adonan kulit A, kemudian pipihkan dan lebarkan. Taruh satu bagian adonan B di tengahnya, lalu bungkus dan bulatkan. Lakukan hingga selesai, setelah itu diamkan selama 20 menitan.
  6. Setelah mencapai waktu yang ditentukan, ambil satu adonan yang sudah didiamkan. Gilas adonan sampai pipih, kemudian gulung dan gilas memanjang. Gulung lagi, lalu gilas sampaikan pipih.
  7. Taruh isian kacang hijau di atasnya, kemudian bulat-bulatkan hingga isian tertutup. Lakukan cara tersebut secara berulang hingga semua isian terbungkus kulit bakpia.
  8. Finishing: Panaskan oven sekitar 10 menitan. Tata bakpia kacang hijau yang sudah jadi di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Tekan-tekan bakpia agar sedikit lebih gepeng.
  9. Panggang dengan suhu 180 derajat menggunakan api atas bawah selama 40 menit atau sampai matang dan kecoklatan. Jika sudah, angkat dan diamkan selama beberapa saat sampai dingin.
  10. Bakpia kering kacang hijau siap dimakan atau dijadikan stok camilan dengan disimpan di dalam wadah atau toples tertutup.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya