TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Asem-asem Ayam Kuah Bening, Cocok Jadi Menu Makan Siang

Kuah kaldunya gak ada lawan, asem menyegarkan!

asem-asem ayam kuah bening (instagram.com/koh_aming)

Asem-asem ayam kuah bening merupakan sajian daging ayam berkuah yang punya cita rasa gurih, asam, dan pastinya menyegarkan. Biasanya, hidangan satu ini dijadikan menu makan siang karena rasanya yang ringan. Memasaknya juga sangat gampang dan gak bikin ribet, tinggal direbus jadi satu sampai mendidih.

Bagi kamu yang tertarik dan belum pernah mencicipi asem-asem ayam kuah bening, kamu bisa langsung melihat resep di bawah ini. Ada langkah-langkah dan juga tips memasaknya. Seperti apa? Yuk, simak!

Bahan Asem-asem Ayam Kuah Bening

ilustrasi daging ayam (freepik.com/jcomp)

Bahan utama:

  1. 500 gram daging ayam
  2. 1 sdt garam
  3. 2 sdm air perasan jeruk nipis

Bumbu-bumbu:

  1. 8 buah belimbing wuluh
  2. 1 buah tomat hijau
  3. 8 siung bawang merah
  4. 5 siung bawang putih
  5. 5 buah cabe merah
  6. 5 buah cabe rawit merah
  7. 1 ruas jari jahe
  8. 1 ruas lengkuas
  9. 1 batang serai
  10. 3 lembar daun salam
  11. 1 sdt garam
  12. 1/2 sdt gula
  13. 1 sdt kaldu jamur
  14. 1 liter air bersih atau secukupnya

Baca Juga: Resep Garang Asem Bebek, Aromanya Bikin Perut Keroncongan!

Cara Membuat Asem-asem Ayam Kuah Bening

ilustrasi merebus (unsplash.com/Michal Balog)

  1. Siapkan daging ayam, kemudian potong-potong apabila ukurannya terlalu besar. Jika sudah, cuci daging ayam dengan air mengalir hingga bersih.
  2. Taburi ayam dengan garam, lalu beri air perasan jeruk nipis. Aduk-aduk daging ayam hingga tercampur merata. Diamkan ayam selama kurang lebih 15 menitan.
  3. Setelah mencapai waktu yang ditentukan, bilas kembali ayam menggunakan air mengalir. Pastikan ayam benar-benar bersih dan bau amisnya sedih berkurang. Sisihkan terlebih dahulu.
  4. Lanjut, siapkan bumbu-bumbunya. Kupas bawang putih dan bawang merah dari kulitnya, lalu iris tipis-tipis. Cuci bersih belimbing wuluh, tomat, dan cabe merah besar. Potong menjadi beberapa bagian.
  5. Sementara untuk jahe, lengkuas, dan serainya, cukup digeprek atau dimemarkan. Khusus untuk serai, setelah dimemarkan bisa langsung diikat sampul.
  6. Ambil panci atau wajan berukuran sedang. Tuangkan sedikit saja minyak goreng ke dalamnya, lalu panaskan dengan api sedang. Kalau sudah panas, tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah hingga harum.
  7. Tambahkan jahe, lengkuas, dan serai juga. Jangan lupa, masukkan daun salam. Aduk-aduk sampai seluruh bumbu-bumbu tersebut layu.
  8. Apabila bumbu sudah layu dan matang, masukkan potongan daging ayam. Aduk-aduk sebentar sampai tercampur dengan bumbu, kemudian tuangkan air bersih ke dalamnya.
  9. Masak hingga air mendidih, kemudian tambahkan potongan belimbing wuluh dan tomat. Masukkan juga cabe rawit utuh ke dalam masakan.
  10. Beri bumbu seasoning macam garam, gula, dan kaldu jamur secukupnya saja. Aduk-aduk kembali hingga bumbu larut dan merata. Masak sampai matang dan bumbu meresap ke daging ayam.
  11. Kalau sudah mendidih, aduk lalu koreksi rasanya. Jika gurih dan asamnya sudah pas, angkat kemudian pindahkan ke atas mangkuk saji.
  12. Nikmati asam-asam ayam kuah bening dengan nasi hangat agar lebih mantap dan mengenyangkan. Ini sangat cocok dijadikan lauk untuk makan siang.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya