TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Apem Jawa Tape Singkong, Enak Disajikan Selagi Hangat

Apem termasuk jajanan tradisional khas Jawa

ilustrasi apem jawa tape singkong (instagram.com/luis_widarto)

Apem hingga kini masih sering digunakan sebagai suguhan pada acara atau ritual-ritual tertentu. Apem sendiri identik dengan kue tradisional khas Jawa yang bahan dasarnya berasal dari tepung beras dan larutan gula. Rasanya manis dan teksturnya empuk serta mengembang.

Selain tepung beras, kadang kala apem juga ditambahkan tape singkong. Ini tentu akan membuat cita rasa apem menjadi lebih legit. Kalau kamu tertarik untuk membuat kue apem jawa dengan tape singkong, bisa melihat resep di bawah ini.

Bahan Apem Jawa Tape Singkong

ilustrasi tape singkong (YouTube.com/IKE SURYANI Channel)
  1. 135 gram gula pasir
  2. 250 ml air
  3. 150 gram tape singkong
  4. 150 gram tepung beras
  5. 35 gram tepung terigu
  6. 1 sdt ragi instan
  7. 1/2 sdt garam
  8. 1/2 sdt baking powder

Baca Juga: Resep Apem Pisang Kukus Empuk dan Legit Menggugah Selera!

Cara Membuat Apem Jawa Tape Singkong

ilustrasi membuat adonan (freepik.com/master1305)
  1. Buang serat yang ada pada tape singkong. Masukkan tape singkong ke dalam blender. Nyalakan blender dan haluskan tape singkong sampai lembut seperti bubur. Angkat dan sisihkan jika sudah.
  2. Selanjutnya, tuangkan air ke dalam panci bersih. Tambahkan gula pasir ke dalamnya, kemudian aduk sampai merata. Ambil daun pandan, cuci bersih, lalu ikat hingga menjadi simpul. Tambahkan ke dalam larutan air dan gula.
  3. Taruh larutan air dan gula di atas api kompor dengan tingkatan sedang. Rebus hingga suam-suam kuku, tidak perlu sampai mendidih atau cukup sampai gula pasir larut saja.
  4. Sambil menunggu air dan gula tadi direbus, kamu bisa membuat adonan keringnya. Masukkan tepung beras dan tepung terigu ke dalam wadah. Jangan lupa diayak terlebih dahulu agar tidak ada kotorannya. Aduk rata kedua tepung tersebut.
  5. Taburi campuran tepung beras dan terigu dengan sedikit garam. Aduk menggunakan tangan bersih sambil diremas-remas.
  6. Angkat larutan gula yang dirasa sudah siap, kemudian tuangkan perlahan ke dalam adonan kering. Uleni dengan tangan bersih lagi sampai tekstur adonan agak sedikit mengental.
  7. Masukkan tape singkong yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan juga fermipan ke dalam adonan apem. Aduk-aduk rata, lalu pindahkan ke dalam wadah lain dengan cara disaring supaya adonan menjadi halus dan tidak ada bagian yang bergerindil.
  8. Diamkan dan tunggu selama kurang lebih satu jam-an. Setelah mencapai waktu yang ditentukan, tambahkan baking powder sedikit saja ke dalam adonan. Aduk hingga tercampur menjadi satu.
  9. Siapkan cetakan, kemudian olesi dengan minyak goreng tipis-tipis saja supaya tidak lengket. Tuangkan adonan apem jawa tape singkong ke dalam cetakan. Cukup setengah dari cetakannya saja dan jangan terlalu penuh.
  10. Lakukan secara berulang hingga semua cetakan terisi. Jika sudah, panaskan dandang kukusan terlebih dahulu dengan api kompor sedang. Jangan lupa tutup dandang dengan kain bersih supaya uapnya tidak menetes.
  11. Tata cetakan berisi adonan apem jawa tape singkong di dalam dandang kukusan. Kukus selama kurang lebih 10 hingga 15 menitan atau sampai kue apem benar-benar mayang.
  12. Apabila dirasa sudah matang, buka tutup dandang dan angkat kue apem dari dandang kukusan. Biarkan sampai dingin, lalu keluarkan dari cetakannya.
  13. Apem jawa tape singkong siap untuk dinikmati.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya