TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Telur Dadar Bumbu Hitam, Meski Sederhana Rasanya Istimewa

Dijamin nasi di rumah bakal cepet habis!

ilustrasi telur dadar bumbu hitam (youtube.com/Ika Mardatillah)

Bumbu hitam adalah bumbu khas Madura yang identik dengan sajian bebek goreng. Bumbu hitam berasal dari campuran bumbu rempah yang ditumis hingga mengental dan berminyak. Tak cuma disajikan bareng bebek goreng, bumbu hitam juga cocok disantap dengan berbagai lauk seperti tahu, tempe, atau telur goreng.

Berikut ini merupakan olahan telur dadar bumbu hitam. Rasanya yang gurih dan sedap dari bumbu hitamnya, bakal bikin kamu lupa kalau kamu hanya makan telur dadar, bukan bebek goreng. Kira-kira seperti apa resepnya? Yuk, simak di bawah ini!

Bahan Telur Dadar Bumbu Hitam

ilustrasi telur ayam (freepik.com/freepik)

Bahan bumbu hitam:

  1. 2 buah kluwek
  2. 10 siung bawang putih
  3. 20 siung bawang merah
  4. 50 buah cabe rawit
  5. 10 buah cabe merah keriting
  6. I ruas jari jahe
  7. I ruas jari kunyit
  8. I ruas jari lengkuas
  9. I sendok teh ketumbar
  10. 1/2 sendok teh merica butiran
  11. 2 butir kemiri
  12. 10 lembar daun jeruk
  13. 2 batang sereh
  14. 4 biji asam jawa
  15. 1 sdt garam
  16. 1 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  17. 1/2 sdt penyedap
  18. Minyak goreng secukupnya

Bahan telur dadar:

  1. 2 butir telur ayam
  2. 1/2 sdt garam
  3. 1/2 sdt kaldu bubuk ayam

Bahan pelengkap:

  1. Nasi putih secukupnya
  2. Sambal bawang secukupnya
  3. Lalapan secukupnya

Baca Juga: Resep Telur Dadar Bumbu Lada Hitam, Bikin Nafsu Makan Meningkat

Cara Membuat Telur Dadar Bumbu Hitam

ilustrasi memasak bumbu hitam (youtube.com/Ika Mardatillah)
  1. Bumbu hitam: Kupas kluwek dari kulitnya, setelah itu masukkan ke dalam chopper atau blender. Tambahkan ketumbar, kemiri, dan merica, sisihkan terlebih dahulu.
  2. Lanjut, kupas bawang merah dan bawang putih dari kulit luarnya. Cuci sampai bersih, kemudian masukkan juga ke dalam chopper atau blender berisi kluwek tadi.
  3. Untuk jahe, kunyit, dan lengkuasnya, kupas dan iris menjadi kecil-kecil. Sementara untuk batang serai, ambil putihnya dan potong menjadi kecil-kecil. Masukkan semua ke dalam blender.
  4. Jangan lupa cabai rawit dan cabai merah, masukkan juga ke dalam blender. Tuangkan sedikit saja minyak dan nyalakan blendernya.
  5. Haluskan semua bahan bumbu hitam tersebut sampai lembut dan teksturnya menjadi seperti bubur. Kalau sudah, tuangkan ke dalam wajan atau pan.
  6. Tambahkan sedikit minyak, kemudian nyalakan api kompor dengan tingkatan sedang. Tuangkan air asam jawa dan daun jeruk. Masak bumbu hitam sambil terus diaduk-aduk hingga setengah matang.
  7. Tambahkan bumbu seasoning seperti garam, kaldu bubuk ayam, dan penyedap rasa agar lebih gurih. Aduk-aduk lagi dan masak bumbu hitam hingga warnanya menjadi gelap serta matang.
  8. Koreksi rasanya. Kalau sudah pas, angkat dan pindahkan ke dalam mangkuk atau wadah lainnya.
  9. Telur dadar: Pecahkan dua butir telur. Jika sudah, beri sedikit garam dan kaldu bubuk ayam. Kocok telur hingga kuning dan putihnya tercampur merata.
  10. Panaskan secukupnya minyak di dalam wajan. Kalau sudah, tuangkan kocokan telur dan goreng hingga matang dan balik agar matang merata. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu hingga minyaknya turun.
  11. Penyajian: Ambil nasi putih secukupnya dan taruh di atas piring. Tambahkan telur dadar dan beri secukupnya bumbu hitam. Sajikan bersama lalapan dan juga sambal agar lebih mantap.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya