TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Mie Gulai Sapi Padang dengan Bumbu Rempah yang Melimpah

Mie Ayam mah lewat!

ilustrasi mie gulai sapi Padang (instagram.com/aniktriwina | instagram.com/bakingcookingpemula)

Gulai sapi khas Padang terkenal dengan kuah yang pekat dan bumbu rempahnya yang melimpah. Biasanya, untuk menyantap gulai sapi, banyak orang yang memilih nasi, lontong, atau ketupat sebagai pelengkapnya. Namun, pernahkah kamu membayangkan mie dijadikan teman menyantap gulai sapi?

Nah, jika kamu belum pernah merasakan mie gulai sapi padang yang lezat, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Caranya gampang banget, jika kamu mengikuti resep dan langkah-langkah di bawah ini. Yuk, langsung saja simak artikelnya!

Bahan Mie Gulai Sapi Padang

ilustrasi daging sapi (freepik.com/chandlervid85)

Bahan utama:

  1. 500 gram daging sapi
  2. Air secukupnya untuk merebus daging yang pertama
  3. 1 liter air untuk perebusan daging yang kedua
  4. 1 1/2 sdt garam
  5. 1 sdt penyedap rasa
  6. 1 sdm gula merah serut
  7. 1 sdt gula pasir
  8. 1 batang serai memarkan
  9. 2 lembar daun salam
  10. 3 lembar daun jeruk
  11. 500 ml santan kental
  12. 500 ml santan encer
  13. 1 sdm kecap manis
  14. 1 sdm saus tiram

Bumbu halus:

  1. 7 butir bawang merah
  2. 5 siung bawang putih
  3. 12 buah cabe merah keriting
  4. 1/2 sdt lada bubuk
  5. 1 cm jahe
  6. 1/2 sdt ketumbar
  7. 1 ruas jari kunyit ukuran sedang
  8. 2 butir cengkeh, sangrai lebih dulu
  9. 3 butir kemiri
  10. 2 butir kapulaga, sangrai lebih dulu
  11. 2 butir bunga lawang, sangrai lebih dulu
  12. 2 cm kayu manis

Bahan pelengkap:

  1. Mie basah secukupnya
  2. Air secukupnya untuk merebus

Baca Juga: 5 Resep Gulai Sapi, Menu Daging Bersantan yang Menggoyang Lidah

Cara Memasak Mie Gulai Sapi Padang

ilustrasi memasak (freepik.com/wirestock)
  1. Potong-potong daging sapi sesuai selera. Jika sudah, masukkan ke dalam panci, tuangi air, kemudian rebus sampai mendidih. Setelah mendidih dan daging sapi setengah lunak, angkat lalu tiriskan.
  2. Pindahkan daging sapi rebus tadi ke dalam panci berbeda. Tuangkan lagi 1 liter air ke dalam, kemudian rebus dengan api kecil selama beberapa saat.
  3. Sambil menunggu air rebusan mendidih, buat bumbu halusnya. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan chopper, blender, atau ulekan secara manual.
  4. Jika sudah, panaskan sedikit minyak di dalam wajan, lalu tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalamnya. Tambahkan serai, daun salam, serta daun jeruk ke dalam bumbu halus. Aduk-aduk seluruh bumbu dan tumis hingga aromanya harum.
  5. Tuangkan bumbu halus yang sudah matang tadi ke dalam rebusan daging yang telah mendidih. Aduk-aduk hingga bumbu larut dan tercampur dengan air rebusan.
  6. Tuangkan santan encer sedikit demi sedikit ke dalam rebusan daging. Aduk-aduk sampai santan tercampur merata, lalu masak kembali sampai daging sapi benar-benar lunak.
  7. Kalau daging sapi dirasa sudah lunak, tuangkan santan kentalnya. Aduk-aduk terus supaya santan tidak pecah. Jangan lupa, bumbui dengan saus tiram, kecap manis, garam, penyedap, gula merah serut, dan gula pasir. Aduk kembali hingga larut.
  8. Masak selama beberapa saat sampai airnya sedikit menyusut dan meresap ke dalam daging. Sebelum diangkat, koreksi rasanya. Kalau dirasa telah pas, angkat dan sisihkan gulai sapinya.
  9. Selanjutnya, panaskan kembali air bersih di dalam panci. Rebus secukupnya mie hingga matang dan lunak. Angkat kemudian tiriskan.
  10. Pindahkan mie yang sudah direbus ke dalam mangkuk saji. Tuangkan kuah gulai beserta potongan daging sapi di atasnya. Mie gulai sapi Padang siap untuk disajikan!

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya