TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Mapo Tofu Halal, Rekomendasi Menu Sarapan Sehat Kaya Gizi

Pakai daging ayam!

ilustrasi mapo tofu halal (youtube.com/Luvita Ho)

Mapo Tofu merupakan salah satu makanan yang biasa dijumpai di restoran chinese food. Sebenarnya, ini merupakan menu sederhana yang dibuat dari daging giling serta tahu putih. Namun, karena merupakan makanan favorit masyarakat China, kebanyakan menggunakan daging babi.

Bagi kamu yang ingin menyantap mapo tofu, tak perlu khawatir. Kamu bisa membuat mapo tofu sendiri dengan versi halal. Untuk dagingnya sendiri, kamu bisa menggunakan daging ayam yang jauh lebih murah. Seperti apa resep dan cara memasaknya? Yuk, simak!

Bahan dan Bumbu Mapo Tofu Halal

ilustrasi tahu putih (freepik.com/jcomp)

Bahan:

  1. 2 buah tahu putih ukuran sedang
  2. 100 gram daging ayam
  3. 250 ml air matang
  4. 1/2 ruas jari jahe
  5. 3 siung bawang putih
  6. 2 sdm minyak goreng
  7. 1 sdm minyak wijen
  8. 1 sdt maizena larutkan
  9. Daun bawang secukupnya (opsional)

Bahan saus:

  1. 2 sdm saus sambal
  2. 2 sdm saus tomat
  3. 1 sdm saus tiram
  4. 1 sdm kecap asin

Bumbu seasoning:

  1. 1 sdt garam
  2. 1/2 sdt kaldu jamur bubuk
  3. 1/2 sdt lada bubuk
  4. 1 sdt cabe bubuk

Baca Juga: Resep Mapo Tahu Jamur, Kuliner Pedas Gurih Khas Tiongkok

Cara Membuat Mapo Tofu Halal

ilustrasi menyajikan mapo tofu (youtube.com/Luvita Ho)
  1. Siapkan terlebih dahulu tahu putih. Setelah itu, potong-potong tahu menjadi bentuk dadu kecil-kecil atau sesuai selera. Angkat dan sisihkan.
  2. Lanjut cuci hingga bersih daging ayam hingga kotoran yang menempel hilang. Tiriskan sebentar sampai airnya turun, lalu cacah atau giling daging ayam sampai hancur. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya, kupas bawang putih dan jahe dari kulitnya. Haluskan kedua bumbu tersebut sampai benar-benar lembut. Sisihkan.
  4. Ambil wajan atau teflon, kemudian tuangkan secukupnya minyak wijen dan minyak goreng ke dalamnya. Campur minyak lalu panaskan dengan api sedang.
  5. Setelah minyak panas, masukkan bawang putih dan jahe yang sudah dihaluskan. Tumis sampai aromanya harum dan matang.
  6. Tambahkan daging ayam giling, kemudian langsung aduk sampai warnanya berubah sedikit pucat dan tercampur dengan bumbu tumisan.
  7. Setelah daging ayam dirasa sudah setengah matang, tuangkan air matang ke dalam masakan. Tuang sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai merata. Masak sebentar sampai mendidih.
  8. Kalau sudah, tuangkan bahan-bahan saus mulai dari saus sambal, saus tomat, saus tiram, kecap asin, merica bubuk, ke dalam masakan.
  9. Jangan lupa, beri bumbu seasoning macam garam, kaldu jamur bubuk, lada bubuk, serta bubuk cabe agar ada sensasi pedas. Aduk-aduk sampai semua bahan dan bumbu tercampur merata.
  10. Apabila sudah mendidih lagi, masukkan potongan tahu putih. Aduk-aduk hingga merata dan tahu tercampur bersama kuah. Masak mapo tofu dengan api kecil hingga kuahnya menyusut.
  11. Terakhir, beri sedikit larutan tepung maizena ke dalam mapo tofu. Aduk lagi hingga kuah mapo tofu mengental. Kalau sudah mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan, matikan kompornya.
  12. Tuangkan mapo tofu halal ke dalam mangkuk saji. Iris halus daun bawang, lalu taburkan di atas mapo tofu agar lebih harum dan menggoda. Siap disantap dengan nasi putih hangat!

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya