TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Kukis Keju Sukade untuk Isian Toples di Ruang Tamu

Toples kembali terisi meskipun tak lebaran!

kue kukis keju sukade (instagram.com/filanigunady)

Berbeda dengan hari raya atau lebaran, biasanya saat hari-hari biasa toples di ruang tamu akan kosong tanpa isian. Pastinya bakal gak enak kalau ada tamu yang datang, tapi kondisi toples dalam keadaan kosong. Kamu gak perlu beli camilan atau kue untuk isiannya, karena bisa buat sendiri dengan cara yang gampang.

Salah satu kue kering yang bisa dibuat dengan mudah dan bahan-bahannya sederhana adalah kue kukis. Agar lebih menggoda, bisa diberi topping seperti keju atau sukade. Kue akan lebih cantik dan cocok untuk suguhan tamu.

Bagi yang masih bingung bagaimana cara membuatnya, di bawah ini ada resep kue kukis keju sukade beserta langkah-langkah dan tipsnya. Tunggu apalagi? Yuk, simak!

Bahan Kue Kukis Keju Sukade

ilustrasi bahan kue (freepik.com/wirestock)

Bahan kue:

  1. 1 butir telur, ambil kuningnya
  2. 100 gram margarin
  3. 100 gram butter
  4. 100 gram gula halus
  5. 1/4 sdt vanili bubuk
  6. 225 gram terigu protein rendah
  7. 30 gram maizena
  8. 2 1/2 sdm susu bubuk
  9. 1/4 sdt baking powder

Topping:

  1. Sukade warna warni secukupnya
  2. Keju cheddar, parut

Baca Juga: Resep Kukis Keju Bawang, Cocok untuk Suguhan saat Lebaran

Cara Membuat Kue Kukis Keju Sukade

ilustrasi membuat kukis keju sukade (youtube.com/Ayo Masak Ayo Makan)
  1. Pecahkan telur, lalu ambil kuningnya saja. Masukkan ke dalam wadah atau baksom bersih berukuran sedang. Tambahkan margarin, butter, vanili, serta gula halus yang sudah diayak terlebih dahulu.
  2. Campur bahan-bahan tersebut menggunakan mixer berkecepatan tinggi. Kocok terus selama 2 menitan sampai tercampur merata serta teksturnya menjadi lembut.
  3. Ayak tepung terigu dan maizena, masukkan secara bersmaan ke dalam adonan butter. Aduk-aduk menggunakan mixer berkecepatan sedang hingga tercampur merata.
  4. Kalau sudah, baru masukkan susu bubuk sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur. Jangan lupa, tambahkan baking powder ke dalam adonan kue kukis.
  5. Aduk rata kembali dengan mixer lalu pastikan seluruh bahan adonan telah tercampur dan kalis. Kalau sudah, bagi adonan menjadi bulatan kecil-kecil.
  6. Siapkan loyang persegi, lalu taruh baking paper di bagian permukaan alas loyang. Kalau sudah taruh dan tata adonan kukis yang telah dibentuk bulat-bulat di atasnya.
  7. Pipihkan masing-masing adonan kue kukis dengan cara ditekan menggunakan sendok atau garpu. Atau bisa juga dipipihkan dengan cetakan sesuai selera.
  8. Kalau sudah, taburi sukade di bagian atas adonan kue kukis. Tambahkan parutan keju agar lebih menggoda. Lakukan cara tersebut secara berulang hingga kue kukis keju sukade siap untuk dipanggang.
  9. Nah, kalau sudah siap lanjut panaskan ovennya terlebih dahulu. Setelah itu, masukkan loyang berisi kue kukis keju sukade ke dalam oven.
  10. Panggang selama 20–30 menitan, tergantung tingkat kematangan kue yang diinginkan. Gunakan suhu oven 130 derajat celcius.
  11. Kalau dirasa sudah matang, angkat kue kukis keju sukade lalu biarkan agak dingin terlebih dahulu. Jika sudah dingin, kue kukis keju sukade bisa langsung dipindahkan ke dalam toples atau dimakan langsung.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya