TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kari Kambing Arab dengan Racikan Rempah khas Timur Tengah

Rasanya hampir pasti mirip aslinya!

ilustrasi kari kambing arab (instagram.com/mynameiskhairul)

Kari kambing arab merupakan olahan favorit dengan bumbu rempah ala timur tengah yang melimpah. Jika kamu ingin menyantapnya, tak perlu jauh-jauh ke sana. Kamu bisa membuat kari kambing arab di rumah dengan bahan dan bumbu yang hampir mirip.

Cara memasaknya bisa dilihat pada artikel resep di bawah ini. Ada daftar bahan dan bumbu, langkah-langkah, serta tips memasak yang bisa kamu ikuti. Jadi gak perlu khawatir kalau gak enak, deh. Dijamin mantap pol!

Bahan dan Bumbu Kari Kambing Arab

ilustrasi daging kambing (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Bahan utama:

  1. 500 gram daging kambing
  2. Air bersih secukupnya untuk merebus 2 kali

Bumbu halus:

  1. 15 gram kunyit
  2. 10 gram jahe
  3. 30 gram bawang putih
  4. 3 butir kemiri
  5. 5 gram lengkuas
  6. 2 buah cabai merah, buang bijinya

Bumbu cincang:

  1. 60 gram bawang merah
  2. 50 gram bawang bombai

Bahan pelengkap:

  1. 1 buah tomat, potong dadu
  2. 6 buah kentang kecil, kupas

Bahan tambahan:

  1. 1 sdm bumbu kari dasar
  2. 250 ml santan kental 
  3. 3 buah cabai hijau utuh
  4. 3 buah cabai merah utuh

Baca Juga: Resep Kari Kambing Aceh, Lezat dan Pastinya Kaya Rempah

Cara Memasak Kari Kambing Arab

ilustrasi memasak kari kambing arab (youtube.com/Erica Jerjanti
  1. Siapkan daging kambing muda, selanjutnya potong-potong menjadi kotak-kotak kecil atau sesuai dengan selera. Rebus daging kambing sampai agak empuk dan busa atau kotorannya keluar.
  2. Angkat daging kambing lalu pindahkan ke dalam panci bersih lainnya. Tuangi 2 liter air, lalu rebus di atas api kompor sedang sampai kaldunya keluar.
  3. Sambil menunggu daging direbus, cuci bawang bombai dan bawang merah. Kemudian cincang kasar kedua bumbu tersebut.
  4. Kalau sudah, panaskan sedikit minyak lalu tumis bawang bombai dan bawang merah hingga aroma harumnya tercium. Angkat dan sisihkan jika sudah.
  5. Setelah itu siapkan semua bahan bumbu halus. Masukkan satu persatu bahan tersebut ke dalam chopper atau blender, mulai dari bawang putih hingga bumbu kari.
  6. Nyalakan chopper atau blender, kemudian haluskan bumbu hingga lembut dan tercampur menjadi satu. Tambahkan sedikit minyak lalu tumis hingga aromanya harum.
  7. Masukkan daging dan juga kuah kaldunya ke dalam tumisan bumbu sambil terus diaduk hingga merata. Masukkan tumisan bawang bombai dan bawang putih, aduk rata dan masak selama beberapa saat.
  8. Masukkan irisan tomat dan kentang ke dalam masakan. Tambahkan bumbu kari dan santan, lalu aduk hingga menyatu dengan kuah kaldu. Kecilkan apinya, dan masak sampai kari kambing arab benar-benar matang serta bumbunya meresap.
  9. Kalau sudah matang, tinggal masukkan cabai merah dan cabai hijau utuh. Masak sebentar saja sampai agak layu dan bisa langsung diangkat.
  10. Pindahkan kari kambing arab ke dalam mangkuk saji. Santap dengan nasi putih agar lebih mantap dan mengenyangkan. Dijamin bumbunya meresap, rempahnya berasa, serta dagingnya empuk.

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya