TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Cakwe Isi Ikan Tenggiri, Camilan Gurih yang Bikin Nagih

Cakwe jadi gak ngebosenin lagi

ilustrasi cakwe isi ikan tenggiri (youtube.com/Willgoz Kitchen)

Cakwe merupakan kue goreng yang biasa dijual bersamaan dengan odading atau kue bantal. Mendapatkan cakwe bukanlah hal yang sulit, mengingat cukup banyak sekali dijual di pinggir jalan. Harga cakwe pun terbilang cukup terjangkau.

Bila kamu sudah cukup bosan dengan cakwe biasa, kamu bisa mengkreasikannya sendiri. Caranya, gunakan daging ikan tenggiri yang gurih sebagai isiannya. Ini akan membuat cakwe tidak jadi membosankan dan malah lebih menggoda. Penasaran dengan cara membuatnya? Simak resep cakwe isi ikan tenggiri berikut ini!

Bahan Cakwe Isi Tenggiri

ilustrasi ikan tenggiri (freepik.com/dashu83)

Bahan utama:

  1. 5 buah cakwe

Bahan isi:

  1. 200 gram daging tenggiri
  2. 50 gram ayam giling
  3. 1 batang kucai
  4. 2 butir putih telur
  5. 1/2 sdt kecap ikan
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1/2 sdt lada bubuk
  8. 1 sdm tauco instan
  9. 1 sdm bawang putih goreng
  10. 150 gram rebung siap pakai
  11. 1 buah cabai hijau, buang isinya
  12. 1 sdm maizena

Bahan pelengkap:

  1. Minyak goreng secukupnya

Baca Juga: 5 Penyebab Cakwe Homemade Kurang Enak, Tepungnya Salah!

Cara Membuat Cakwe Isi Tenggiri

ilustrasi membuat cakwe isi ikan tenggiri (youtube.com/Dapur Mak Sofia)
  1. Siapkan cakwenya terlebih dahulu. Kalau sudah, potong-potong menjadi sekitar dua bagian. Belah membujur bagian tengah cakwe dan jangan sampai putus. Lakukan berulang hingga selesai. Sisihkan terlebih dahulu jika sudah.
  2. Lanjut, pisahkan daging ikan tenggiri dari tulang atau duri yang masih tersisa. Cuci bersih terlebih dahulu, lalu masukkan ke dalam chopper atau blender.
  3. Tambahkan potongan daging ayam ke dalam chopper atau blender. Nyalakan alatnya, kemudian tunggu beberapa saat hingga kedua daging tersebut halus, lembut, dan tercampur merata.
  4. Tuangkan campuran daging ikan tenggiri dan ayam yang sudah dihaluskan ke dalam wadah atau baskom bersih. Tambahkan bumbu-bumbu macam kecap ikan, lada bubuk, garam, dan tauco. Aduk-aduk sampai merata.
  5. Lanjut, cincang bahan-bahan lain macam rebung, cabe hijau besar, dan kucai hingga menjadi kecil-kecil. Masukkan seluruh bahan tersebut ke dalam campuran daging ikan tenggiri dan ayam tadi. Aduk kembali hingga merata.
  6. Terakhir, haluskan bawang putih goreng sampai lembut. Masukkan ke dalam adonan ikan tenggiri bersama putih telur dan tepung maizena. Langsung aduk saja sampai tercampur menjadi satu.
  7. Ambil cakwe yang sudah dipotong dan dibelah tengahnya. Isikan adonan ikan tenggiri tadi ke dalam cakwe. Ratakan dengan garpu dan jangan lupa dipadatkan. Ulangi satu persatu sampai selesai.
  8. Kukus terlebih dahulu cakwe isi ikan tenggiri tersebut di dalam dandang kukusan. Cukup sampai tekstur isiannya memadat dan kenyal. Angkat lalu tunggu hingga dingin.
  9. Jika sudah, panaskan minyak goreng yang banyak di dalam wajan. Gunakan api kompor sedang supaya bisa matang merata. Kalau minyak sudah panas, masukkan cakwe isi tenggiri ke dalamnya dan goreng sambil sesekali dibalik hingga matang merata.
  10. Apabila isian dirasa sudah matang serta sedikit kecoklatan, angkat lalu tiriskan. Goreng lagi apabila masih ada sisa cakwe isi tenggiri yang belum matang.
  11. Pindahkan cakwe isi tenggiri yang sudah matang ke atas piring atau mangkuk saji. Sajikan selagi hangat dengan saus cocolan ataupun cabe rawit agar lebih mantap. Selamat mencoba!

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya