TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bakmi Goreng Babi khas Medan, Bumbunya Gurih dan Harum

Daging babi bikin bakmi tambah yummy!

ilustrasi bakmi goreng babi (instagram.com/helenysm_ | instagram.com/porkypine.official)

Bakmi goreng babi adalah makanan yang biasa dijumpai di warung kaki lima di Medan. Ini sebenarnya salah satu menu populer di beberapa restoran China. Pasalnya, jarang sekali restoran-restoran di Indonesia yang menggunakan daging babi sebagai campurannya.

Kali ini kamu bisa membuat bakmi goreng babi sendiri dengan cara yang mudah. Kamu juga bisa membuatnya bervariasi sesuai dengan keinginanmu. Seperti apa cara memasak bakmi goreng babi khas Medan ini? Simak informasinya di bawah ini.

Bahan Bakmi Goreng Babi

ilustrasi mie telur kering (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Bahan : 

  1. 150 gram mie telur kering
  2. 2 siung bawang putih
  3. 50 gram daging babi
  4. 1 buah sosis
  5. 3 helai sawi hijau
  6. 3 lembar sayur kol
  7. 100 ml air matang
  8. 1/2 sdt garam
  9. 1/2 sdt lada bubuk
  10. 1/4 sdt kaldu bubuk
  11. 1 sdm kecap manis
  12. 1 sdt kecap asin
  13. 1 sdt saus raja rasa
  14. 1 sdt minyak wijen
  15. 1 sdt kecap ikan

Baca Juga: Resep Bakmi Goreng Hongkong, Masaknya Sederhana, Rasanya Istimewa

Cara Memasak Bakmi Goreng Babi

ilustrasi memasak bakmi goreng (youtube.com/Devina Hermawan)
  1. Panaskan air secukupnya di dalam wajan atau panci hingga mendidih. Kemudian, masukkan seluruh mie kering ke dalam air yang mendidih tersebut. Rebus mie selama kurang lebih 2 menitan atau sampai mie setengah lunak.
  2. Angkat mie yang dirasa sudah setengah lunak, kemudian tiriskan terlebih dahulu. Masukkan ke dalam wadah bersih, beri sedikit minyak goreng lalu aduk rata agar mie tidak lengket setelah terkena angin.
  3. Lanjut, iris daging babi dan juga sosis. Jangan lupa, cuci bersih sayuran seperti sawi dan juga kol, baru setelah itu bisa dipotong kecil-kecil. Sisihkan terlebih dahulu.
  4. Tuangkan minyak sedikit saja di dalam wajan. Panaskan minyak dengan api sedang. Kupas dan geprek bawang putih, kemudian cincang sampai halus. Masukkan bawang putih ke dalam minyak panas dan tumis hingga harum.
  5. Kemudian, masukkan irisan daging babi dan juga sosis. Aduk-aduk lagi sampai tercampur merata dengan tumisan bawang putih.
  6. Apabila daging babi sudah berubah warna, masukkan sayuran berupa sawi dan kol. Tumis semua bahan dengan api besar hingga sedikit layu dan menyusut.
  7. Setelah itu, tuangkan sedikit air ke dalam tumisan tersebut. Tambahkan kecap manis, kecap ikan, minyak wijen, dan saus raja rasa. Aduk-aduk lagi hingga larut dan tercampur merata. Masak selama beberapa saat sampai mendidih.
  8. Kalau sudah mendidih, segera masukkan mienya. Aduk-aduk hingga mie tercampur, dan bumbui menggunakan sedikit garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk sebentar lalu kecilkan apinya.
  9. Masak bakmi goreng babi tersebut dengan keadaan tertutup hingga airnya menyusut dan bumbu meresap. Setelah hampir matang, buka tutupnya lalu besarkan apinya lagi. Aduk-aduk hingga bakmi goreng babi benar-benar matang.
  10. Koreksi rasanya terlebih dahulu, jika dirasa sudah pas angkat dan pindahkan ke atas piring saji. Sajikan dengan acar dan kerupuk agar lebih menggoda. Selamat menikmati!

Verified Writer

Dimas Hutama

Football and Sleep

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya