TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Soto Betawi Kuah Susu dan Cara Membuat, Gurihnya Maksimal! 

Kamu wajib coba bikin soto betawi kuah susu ini di rumah

soto betawi kuah susu (commons.wikimedia.org/Irhanz)

Soto betawi, hidangan khas dari ibukota Jakarta terkenal dengan kuahnya yang kaya dan rempah yang melimpah. Keunikan rasanya yang gurih dan nikmat membuat soto betawi selalu menjadi favorit banyak orang.

Membuat soto betawi di rumah adalah cara terbaik untuk merasakan kelezatan otentik tanpa harus pergi ke tempat asalnya. Mengganti kuah santan dengan susu dalam resep soto betawi memberikan sentuhan baru yang lebih ringan namun tetap gurih. Susu memberikan tekstur yang creamy dan lezat, membuat hidangan ini cocok dinikmati kapan saja.

Yuk, cobain resep soto betawi kuah susu dan cara membuatnya. Kuahnya gurih maksimal!

Bahan Soto Betawi Kuah Susu

ilustrasi bahan soto betawi kuah susu (vecteezy.com/topntp26)

Bahan-bahan soto betawi:

  1. 500 gram daging sapi
  2. 2 liter air
  3. 2 cm lengkuas, memarkan
  4. 500 ml susu UHT plain
  5. 2 batang serai, digeprek
  6. 3 lembar daun salam
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. 2 butir cengkeh
  9. 1 butir bunga lawang (opsional)
  10. 1 batang kayu manis
  11. Secukupnya garam dan kaldu jamur

Bumbu halus:

  1. 6 siung bawang merah
  2. 4 siung bawang putih
  3. 1/4 sdt lada
  4. 1/4 sdt ketumbar
  5. 1/2 buah pala
  6. 1 butir kemiri
  7. 1 ruas jahe

Bahan pelengkap:

  1. Kentang goreng
  2. Daun bawang, iris tipis
  3. Bawang goreng

Cara Membuat Soto Betawi Kuah Susu

ilustrasi susu (vecteezy.com/mateusz.feliksik21)
  1. Mulailah dengan merebus daging sapi dalam panci besar yang berisi 2 liter air. Rebus daging sapi menggunakan api sedang sampai daging menjadi empuk. Proses merebus daging mungkin memakan waktu sekitar 1-1,5 jam tergantung pada tekstur daging yang digunakan. Setelah daging cukup empuk, angkat dan potong-potong menjadi ukuran kecil yang sesuai selera. Kaldu rebusan daging jangan dibuang karena akan digunakan nanti dalam membuat soto betawi.
  2. Sementara menunggu daging direbus, siapkan bumbu halus soto betawi. Haluskan bumbu halus soto betawi berupa bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, pala, kemiri, serta jahe menggunakan blender atau ulekan hingga menjadi pasta halus.
  3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan kemudian ketika minyak sudah cukup panas, masukkan bumbu halus dan tumis hingga mengeluarkan aroma yang harum dan bumbu berubah warna menjadi kecokelatan.
  4. Tambahkan lengkuas yang telah dimemarkan, serai yang sudah digeprek, daun salam, daun jeruk, cengkeh, bunga lawang (jika digunakan), dan kayu manis ke dalam wajan yang berisi bumbu soto yang sudah ditumis. Aduk rata dan lanjutkan menumis hingga semua bumbu soto betawi tercampur dan mengeluarkan aroma yang lebih kuat.
  5. Setelah bumbu tumis matang, tuangkan bumbu tumis soto betawi ke dalam panci berisi kaldu daging yang tadi sudah disisihkan. Aduk rata dan masak soto betawi dengan api sedang. Masukkan potongan daging sapi yang sudah dipotong-potong tadi ke dalam panci lalu biarkan mendidih perlahan agar semua bumbu soto betawi meresap ke dalam daging.
  6. Sementara itu, siapkan susu UHT. Setelah kuah soto betawi mendidih, perlahan tuangkan susu UHT ke dalam panci. Aduk perlahan agar susu UHT tercampur rata dengan kaldu dan bumbu soto betwai. 
  7. Tambahkan garam dan kaldu jamur secukupnya sesuai selera, cicipi kuah soto betawi untuk memastikan rasa sudah pas. Jika kuah soto masih kurang asin atau gurih, tambahkan garam atau kaldu jamur sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  8. Masak kuah soto  betawi hingga semua bahan benar-benar tercampur dan bumbu meresap sempurna. Biarkan kuah soto betawi sedikit mengental. Selama proses ini, aduk sesekali agar santan tidak pecah dan bumbu soto betawi tidak mengendap di dasar panci.
  9. Ambil mangkuk saji dan tuangkan soto beserta potongan dagingnya lalu tambahkan pelengkap seperti kentang goreng, irisan daun bawang, dan bawang goreng di atasnya. Hidangkan soto betawi selagi hangat dengan nasi putih atau lontong untuk pengalaman menikmati yang maksimal.

Baca Juga: 3 Serba-serbi Soto Betawi yang Creamy dan Kaya Rempah

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

She goes Boom!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya