TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Talam Tako, Dessert Khas Thailand yang Lembut

Manis dan gurihnya dijamin bikin kamu ketagihan

ilustrasi kue talam tako (vecteezy.com/kchingching)

Kue talam tako yang juga dikenal dengan nama tako thai, merupakan salah satu makanan penutup khas Thailand yang memikat. Salah satu ciri khas dari kue ini adalah teksturnya yang lembut dan creamy dari santan serta kenyal, dibuat dengan campuran tepung beras dan tapioka.

Kue ini berasal dari tradisi kuliner di Thailand yang menggunakan banyak santan dan bahan alami lainnya sehingga menjadi hidangan penutup yang sangat populer dalam berbagai acara.

Dengan tekstur lembut dan rasa manis, kue talam tako adalah pilihan sempurna untuk dinikmati kapan saja. Tetapi jika kamu ingin mencobanya sendiri tidak perlu khawatir karena proses pembuatan mudah dan hasilnya akan jauh lebih memuaskan. Berikut ini adalah resep kue talam tako, dessert khas Thailand yang bisa kamu coba dirumah.

Bahan Kue Talam Tako

ilustrasi bahan-bahan kue talam tako (vecteezy.com/wolfhound911)
  1. 100 gram tepung beras
  2. 50 gram tepung tapioka
  3. 200 ml santan kental
  4. 500 ml air
  5. 200 gram gula pasir
  6. 1/4 sendok teh garam
  7. 5 lembar daun pandan, dipotong-potong
  8. Kelapa muda, diparut secukupnya
  9. Jagung manis pipil

Baca Juga: 5 Serba-serbi Mango Sticky Rice, Dessert Mangga Populer dari Thailand

Cara Membuat Kue Talam Tako

ilustrasi cara membuat kue talam tako (commons.wikimedia.org/Judgefloro)
  1. Campurkan tepung beras dan tepung tapioka dalam satu wadah, kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kue talam tako merata dan tidak ada gumpalan tepung.
  2. Panaskan santan kental di atas api sedang sambil terus diaduk agar tidak pecah. Masukkan garam dan daun pandan yang telah dipotong-potong, lalu aduk hingga santan mendidih dan beraroma harum pandan.
  3. Campurkan santan yang telah mendidih ke dalam adonan kue talam tako sambil diaduk perlahan hingga tercampur rata. Setelah itu, masukkan gula pasir ke dalam adonan kue talam tako, aduk kembali hingga gula benar-benar larut.
  4. Siapkan cetakan talam kecil atau cetakan lain yang diinginkan. Olesi cetakan kue talam tako dengan sedikit minyak agar adonan kue tidak lengket. Tuangkan adonan kue talam tako ke dalam cetakan hingga setengah penuh, lalu tambahkan parutan kelapa muda dan potongan jagung manis di atasnya. Kukus adonan kue talam tako selama 15-20 menit hingga matang.
  5. Setelah matang, angkat kue talam tako dari kukusan dan biarkan dingin sejenak. Keluarkan kue talam tako dari cetakan dan hidangkan dalam piring saji.

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

She goes Boom!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya