TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Putu tanpa Cetakan Bambu, Mudah Cara Buatnya

Manis gula merah dan lembut teksturnya bikin nagih!

kue putu (commons.wikimedia.org/Danangtrihartanto)

Kue putu merupakan jajanan tradisional yang digemari banyak orang. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat kue putu selalu menjadi favorit di berbagai kalangan. Terbuat dari tepung beras dan gula merah, kue putu biasanya dimasak dengan menggunakan cetakan bambu.

Namun, bagi kamu yang tidak memiliki cetakan bambu, jangan khawatir! Kamu tetap bisa membuat kue putu yang lezat dan mudah dengan menggunakan cetakan plastik atau bahkan tanpa cetakan sama sekali. Berikut adalah resep kue putu tanpa cetakan bambu yang bisa kamu jajal di rumah.

Bahan Kue Putu tanpa Cetakan Bambu

ilustrasi kue putu (vecteezy.com/wolfhound911)
  1. 200 gram tepung beras
  2. 100 gram gula merah, sisir halus
  3. 100 ml air hangat
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/4 sdt vanili bubuk
  6. 2 lembar daun pandan, buang tulangnya
  7. 100 gram kelapa parut, sangrai hingga kecoklatan
  8. 1/4 sdt garam untuk taburan

Baca Juga: Resep Putu Ayu Cokelat Keju, Lembutnya Bikin Nagih

Cara Membuat Kue Putu tanpa Cetakan Bambu

ilustrasi kue putu (commons.wikimedia.org/Tim WikiPuluran)
  1. Siapkan panci kukusan dan panaskan air hingga mendidih. Masukkan tepung beras ke dalam wadah tahan panas. Kukus tepung beras selama kurang lebih 15 menit atau hingga matang dan teksturnya menjadi ringan.  Angkat tepung beras yang sudah dikukus dan biarkan dingin.
  2. Campurkan tepung beras yang sudah dingin, air hangat, garam, dan vanili bubuk dalam wadah. Aduk rata hingga adonan kue putu menjadi kalis dan tidak lengket di tangan. Bagi adonan kue putu menjadi 10 bagian sama besar.
  3. Siapkan gula merah sisir halus dan kelapa parut sangrai.
  4. Siapkan cetakan plastik atau wadah kecil lainnya. Ambil 1 lembar daun pisang dan letakkan di atas cetakan. Masukkan 1 sendok makan adonan ke dalam daun pisang. Beri isian gula merah di atas adonan. Tutup adonan dengan 1 sendok makan adonan lagi.  Bungkus daun pisang dengan rapi dan rapat.
  5. Susun kue putu yang sudah dibungkus daun pisang di dalam panci kukusan. Kukus kue putu selama kurang lebih 20 menit atau hingga matang. Angkat kue putu dan biarkan dingin sebentar. Buka daun pisang dan sajikan kue putu selagi hangat. Taburi kue putu dengan kelapa parut supaya makin menambah rasa gurih.

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

She goes Boom!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya