TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Dubu Jorim, Tahu Pedas ala Korea

Cocok banget jadi teman makan nasi

dubu jorim (commons.wikimedia.org/angela n.)

Dubu jorim adalah makanan khas Korea yang memadukan tahu dengan bumbu pedas manis dalam bentuk braised atau semur. Hidangan ini terkenal karena rasanya yang kaya dan tekstur tahunya yang lembut namun tetap menyerap bumbu dengan sempurna. Dubu jorim sering disajikan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai bagian dari hidangan sampingan dalam masakan Korea atau yang kita kenal sebagai banchan.

Jika kamu ingin mencoba membuat hidangan Korea yang lezat ini di rumah, tidak perlu khawatir karena resep dubu jorim, tahu pedas ala Korea yang mudah ini bisa kamu coba. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di Indonesia dan mengikuti langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa membuat dubu jorim dengan rasa yang tidak kalah enaknya dari yang biasanya kamu nikmati di restoran Korea.

Berikut adalah resep dubu jorim, tahu pedas ala Korea yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan Dubu Jorim

ilustrasi bahan-bahan dubu jorim (vecteezy.com/acon11)
  1. 400 gram tahu, potong dadu
  2. 2 sendok makan minyak goreng
  3. 3 sendok makan gochujang
  4. 2 sendok makan kecap asin
  5. 1 sendok makan gula merah
  6. 1 sendok makan minyak wijen
  7. 3 siung bawang putih, cincang halus
  8. 1 sendok teh jahe parut
  9. 1/2 cangkir air
  10. 1 batang daun bawang, iris halus
  11. 1 sendok makan biji wijen, sangrai

Baca Juga: 7 Resep Menu Olahan Tahu Simpel dan Gurih untuk Seminggu

Cara Membuat Dubu Jorim

ilustrasi cara membuat dubu jorim (vecteezy.com/nerizaamanda)
  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang lalu goreng potongan tahu hingga berwarna keemasan dan teksturnya menjadi renyah. Segera angkat dan tiriskan tahu goreng di atas tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.
  2. Tambahkan sedikit minyak lalu tumis bawang putih dan jahe hingga benar-benar harum lalu masukkan gochujang, kecap asin, dan gula merah ke dalam wajan. Selanjutnya aduk rata hingga gula larut dan semua bahan tercampur.
  3. Tuangkan air ke dalam wajan dan biarkan hingga saus dubu jorim  mendidih. Setelah itu, masukkan tahu goreng ke dalam wajan dan aduk perlahan sehingga semua tahu terbalut dengan saus. Masak dubu jorim selama 5-7 menit atau hingga saus tahu pedas ala Korea ini mengental dan meresap ke dalam tahu.
  4. Tambahkan minyak wijen ke dalam wajan dan aduk rata, masak dubu jorim selama 1-2 menit lagi untuk memberikan aroma dan rasa tambahan pada tahu.
  5. Pindahkan tahu ke piring saji dan taburi dengan irisan daun bawang dan biji wijen sangrai jika menggunakan. Sajikan dubu jorim ini selagi hangat sebagai lauk pendamping nasi.

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

She goes Boom!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya