TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Dimsum Mentai untuk Jualan, Dijamin Viral dan Cuan

Dimsum mentai belakangan lagi viral banget, lho

ilustrasi dimsum mentai (commons.wikimedia.org/Natashadeclarian)

Menikmati hidangan dimsum dengan cita rasa unik dan menarik tentu menjadi pengalaman yang menggugah selera. Dimsum mentai, dengan kombinasi antara tekstur lembut dari isian daging dan udang yang juicy, serta topping saus mentai yang creamy dan sedikit pedas, menghadirkan sensasi baru yang layak dicoba. Saus mentai sendiri berasal dari Jepang, dikenal dengan rasa gurih yang khas, membuat dimsum ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner modern.

Dimsum mentai bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin menjajal bisnis kuliner. Dimsum ini memiliki keunikan dengan saus mentai yang dibakar menggunakan torch, menghasilkan aroma smokey yang menambah cita rasa. Selain itu, penampilannya yang menarik dan menggoda selera bisa menjadi daya jual tersendiri dibandingkan dengan dimsum biasa.

Jika kamu ingin mencoba resep yang satu ini untuk jualan, yuk cobain resep dimsum mentai untuk jualan yang pasti akan memikat hati pelanggan!

Bahan Dimsum Mentai untuk Jualan

ilustrasi bahan-bahan dimsum mentai (vecteezy.com/artcookstudio)

Bahan-bahan:

  1. 500 gram daging ayam fillet, cincang halus
  2. 200 gram udang kupas, cincang kasar
  3. 150 gram tepung tapioka
  4. 3 siung bawang putih, haluskan
  5. 2 batang daun bawang, iris tipis
  6. 1 butir telur
  7. 1 sdm saus tiram
  8. 1 sdm kecap asin
  9. 1 sdm minyak wijen
  10. 1 sdm gula pasir
  11. 1 sdt garam
  12. 1/2 sdt lada putih bubuk
  13. Kulit pangsit secukupnya

Bahan saus mentai:

  1. 100 gram mayones
  2. 2 sdm saus sambal
  3. 1 sdm saus tomat
  4. 1 sdt bubuk cabai (opsional)
  5. 1 sdm susu kental manis

Baca Juga: 10 Makanan yang Cocok dengan Saus Mentai, Rasanya Jadi Makin Unik 

Cara Membuat Dimsum Mentai untuk Jualan

ilustrasi dimsum (vecteezy.com/114382885467318)
  1. Langkah pertama adalah mencampurkan daging ayam cincang dengan udang cincang dalam satu wadah besar dan pastikan kedua bahan ini tercampur dengan merata. Setelah itu tambahkan bawang putih halus, daun bawang, telur, saus tiram, kecap asin, minyak wijen, gula pasir, garam, dan lada putih bubuk ke dalam adonan isian dimsum. Aduk semua bahan hingga tercampur sempurna dan adonan dimsum mentai menjadi lebih lengket.
  2. Selanjutnya, masukkan tepung tapioka ke dalam adonan dimsum mentai sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga tercampur rata.
  3. Siapkan kulit pangsit dan ambil sejumput adonan dimsum tadi, lalu letakkan di tengah-tengah kulit pangsit. Lipat kulit pangsit hingga adonan dimsum mentai tertutup rapi. Tekan bagian atasnya sedikit agar menempel, kemudian lakukan atau ulangi langkah ini hingga seluruh adonan dimsum mentai habis.
  4. Panaskan kukusan dimsum mentai dengan api sedang. Sebelum  dikukus, olesi alas kukusan dimsum mentai dengan sedikit minyak agar nantinya dimsum tidak lengket. Kukus dimsum mentai selama 15-20 menit hingga matang. Pastikan uap panas merata sehingga setiap dimsum mentai matang dengan sempurna.
  5. Sambil menunggu dimsum matang, siapkan saus mentai dengan mencampurkan semua bahan saus mentai dalam satu wadah. Aduk hingga saus mentai menjadi homogen dan berwarna oranye terang.
  6. Setelah dimsum matang, keluarkan dari kukusan dan biarkan sedikit mendingin. Selanjutnya tuang saus mentai di atas dimsum, setelah itu, torch permukaan saus mentai hingga sedikit kecokelatan dan muncul aroma bakaran yang khas. Dimsum mentai siap untuk disajikan atau dikemas untuk dijual.

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

She goes Boom!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya