TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Cireng Isi Keju Mozarella, Molor Banget!  

Perpaduan kenyal dan gurihnya dijamin bikin kamu ketagihan

cireng isi keju mozarella (pixabay.com/ChanFactory)

Cireng atau aci digoreng adalah satu dari sekian banyak camilan khas tanah Sunda yang sangat dikenal di Indonesia. Ciri khas dari cireng ada pada teksturnya yang renyah di luar namun sangat kenyal di dalam. Meskipun cireng biasanya disajikan dalam bentuk polos, saat ini cireng telah banyak mengalami inovasi dengan berbagai varian isi yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu varian yang menarik adalah cireng isi keju mozarella, yang menawarkan kombinasi kenikmatan keju yang meleleh dan adonan cireng yang garing. Cocok jadi teman santai kamu, tidak ada salahnya nih kamu membuat cireng isi di rumah. Tanpa berlama lagi, berikut adalah resep cireng isi keju mozzarella.

Bahan Cireng Isi Keju Mozarella

ilustrasi bahan cireng isi keju mozarella (pixabay.com/hewq)
  1. 250 gram tepung kanji
  2. 100 gram tepung terigu
  3. 2 sendok makan bawang putih bubuk
  4. 1 sendok teh garam
  5. 200 ml air panas
  6. 150 gram keju mozarella, potong dadu kecil
  7. Minyak goreng secukupnya

Baca Juga: 5 Resep Cireng Isi, Krispi di Luar dan Kenyal di Dalam

Cara Membuat Cireng Isi Keju Mozzarella

ilustrasi cara membuat cireng isi keju mozarella (pixabay.com/Hans)
  1. Dalam sebuah wadah besar, campurkan tepung kanji, tepung terigu, bawang putih bubuk, dan garam. Aduk semua bahan kering tersebut dengan menggunakan sendok atau spatula hingga merata. Pastikan semua bahan kering tercampur dengan baik sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.
  2. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit ke dalam campuran bahan cireng isi. Aduk campuran adonan cireng isi keju mozarella ini menggunakan sendok kayu atau spatula hingga seluruh air tercampur rata. Terus aduk hingga adonan cireng isi menjadi lembut dan kenyal. Jika adonan terasa terlalu kering, tambahkan sedikit air panas hingga adonan mencapai konsistensi yang diinginkan.
  3. Ambil sejumput adonan dan pipihkan menggunakan telapak tangan atau rolling pin hingga membentuk bulatan tipis. Pastikan ukuran adonan cukup besar untuk menampung potongan keju mozarella di tengahnya. Tempatkan potongan keju mozarella di bagian tengah adonan cireng isi yang telah dipipihkan. Lipat dan rapatkan ujung-ujung adonan agar keju terbungkus dengan rapi di dalamnya. Bentuk adonan cireng sesuai selera, bisa berupa bulatan atau bentuk lainnya.
  4. Siapkan wajan yang cukup besar dan tambahkan minyak goreng secukupnya, kemudian panaskan minyak untuk menggoreng cireng isi mozarella dengan api sedang. Uji dengan meneteskan sedikit adonan cireng ke dalam minyak, jika adonan cireng isi langsung mengapung dan berbuih, minyak sudah siap.
  5. Setelah minyak panas, masukkan cireng isi keju mozarella satu per satu ke dalam minyak. Goreng dengan hati-hati, pastikan cireng tidak saling menempel agar dapat matang merata. Balikkan cireng menggunakan sendok atau penjepit untuk memastikan kedua sisi matang dengan baik dan berwarna keemasan. Angkat cireng yang sudah matang dan tiriskan di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk mengurangi kelebihan minyak.
  6. Cireng isi keju mozarella siap disajikan selagi hangat. Nikmati camilan ini sebagai teman minum teh atau kopi.

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

She goes Boom!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya