TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Ayam Mentega Khas India, Enaknya Bisa Bikin Kalap!

Biar olahan ayam buatanmu gak itu-itu saja

ilustrasi ayam mentega khas India (commons.wikimedia.org/Peppergarlickitchen)

Jika kamu mencari hidangan yang memanjakan lidah dengan rasa gurih dan creamy, ayam mentega khas India adalah pilihan yang tepat. Hidangan ini dikenal dengan saus mentega yang kaya bumbu dan cita rasa yang mendalam.

Berbeda dari ayam mentega yang biasa, makanan India ini menawarkan kombinasi rempah yang unik. Krim kentalnya memberikan sentuhan lezat pada setiap gigitan.

Lantas, apa yang membuat ayam mentega khas India begitu istimewa? Jawabannya adalah penggunaan bumbu dan teknik memasak yang khas, sehingga menghasilkan saus yang begitu menggugah selera dan tekstur ayam yang empuk.

Yuk, cobain resep ayam mentega khas India berikut ini, karena cara membuatnya mudah banget. Aromanya pun bakal bikin kamu ketagihan, lho!

Baca Juga: Resep Ayam Mentega Sederhana, Lauk Makan yang Bikin Boros Nasi

Bahan Ayam Mentega Khas India

ilustrasi bahan ayam mentega khas India (vecteezy.com/ast007392369)
  1. 500 gram daging ayam, potong dadu
  2. 2 sendok makan mentega
  3. 1 sendok makan minyak sayur
  4. 1 bawang bombai, cincang halus
  5. 3 siung bawang putih, cincang halus
  6. 1 ruas jahe, parut halus
  7. 2 buah tomat, haluskan
  8. 1/2 cup krim kental
  9. 1 sendok teh bubuk ketumbar
  10. 1 sendok teh bubuk kunyit
  11. 1 sendok teh bubuk paprika
  12. 1 sendok teh garam
  13. 1 sendok teh gula
  14. 1/2 sendok teh lada hitam bubuk
  15. 1 sendok makan pasta tomat
  16. 1/2 cup air
  17. daun ketumbar untuk hiasan

Cara Membuat

ilustrasi cara membuat ayam mentega khas India (commons.wikimedia.org/Sandy maistry)
  1. Panaskan minyak goreng serta mentega dalam wajan dengan api sedang terlebih dahulu. Tunggu hingga mentega meleleh dan mulai berbuih.
  2. Tambahkan potongan daging ayam ke dalam wajan. Pastikan ayam tersebar merata dan biarkan selama beberapa menit tanpa diaduk agar ayam mendapatkan warna kecoklatan yang merata.
  3. Setelah ayam terlihat mulai berubah warna, aduk hingga semua sisi ayam kecokelatan, lalu angkat ayam dari wajan dan letakkan di satu tempat.
  4. Pada wajan yang sama, kamu bisa menambahkan bawang bombai cincang halus, lalu tumis bawang bombai hingga menjadi lunak dan berwarna keemasan, ini akan memakan waktu sekitar 5—7 menit kemudian.
  5. Masukkan bawang putih cincang dan parutan jahe. Tumis bumbu untuk ayam mentega khas India hingga bawang putih mengeluarkan aroma harum dan baunya menyebar.
  6. Setelah bumbu aromatik yang kamu tumis siap, tambahkan tomat yang telah dihaluskan dan pasta tomat ke dalam wajan. Aduk rata hingga bumbu ayam mentega khas India bercampur dengan tomat dan mulai mengeluarkan minyak.
  7. Masukkan ketumbar,  kunyit, paprika bubuk, garam, gula, dan lada hitam bubuk, lalu aduk semua bahan ini hingga bumbu merata dan mengental.
  8. Masukkan kembali potongan ayam mentega khas India yang telah dipanggang ke dalam wajan. Aduk rata agar ayam mentega khas India tercampur dengan saus tomat dan bumbu.
  9. Tambahkan air sedikit demi sedikit sembari terus kamu aduk. Biarkan campuran ini mendidih dan masak selama 15—20 menit hingga ayam mentega khas India benar-benar matang dan bumbu meresap.
  10. Setelah ayam mentega khas India empuk, tuangkan krim kental ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga saus mentega mengental dan mengeluarkan aroma creamy yang menggugah selera.
  11. Setelah saus mengental dan bumbu meresap sempurna, angkat wajan dari kompor.
  12. Hidangkan ayam mentega khas India dengan taburan daun ketumbar segar.

Baca Juga: Resep Nasi Kuning Ayam Mentega ala MasterChef Indonesia, Bikin Nagih!

Verified Writer

Annisa Nur Fitriani

She goes Boom!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya