TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kesalahan Utama Membuat Croffle, Bikin Tekstur dan Rasanya Jadi Aneh

#IDNTimesFood Kalau salah cara, bisa jadi roti biasa

Kesalahan Saat Membuat Croffle (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah dalgona menjadi primadona pada pandemik tahun lalu, kini giliran croffle. Croffle sebenarnya sudah populer sebagai street food Korea sejak pertengahan 2020.

Namun, jajanan yang punya tekstur gurih, manis, dan renyah ini makin populer sejak muncul dalam sebuah vlog milik penyanyi asal Korea Selatan, Kang Min-kyung. 

Croffle sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari camilan croissant dan waffle. Croffle terbuat dari bahan adonan croissant, yang dipanggang menggunakan alat pencetak waffle.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat croffle cukup sederhana, yakni tepung, garam, air dingin, butter, gula, ragi, dan susu. Meski sederhana, masih ada saja beberapa kesalahan yang biasanya gak sengaja dilakukan saat membuat croffle.

Kesalahan-kesalahan tersebut membuat rasa dan tekstur croffle jadi aneh. Apa saja kesalahan tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini! 

1. Adonan terlalu terhidrasi

Kesalahan Saat Membuat Croffle (thekitchn.com)

Adonan croissant yang terlalu terhidrasi biasanya disebabkan terlalu banyak udara atau air yang ditambahkan ke dalam adonan, sehingga tingkat kelembapannya berlebih.

Adonan croissant yang terlalu terhidrasi ini akan menjadi terlalu lembap dan terlalu kenyal. Untuk mengatasinya, sebaiknya gunakan air sesuai takaran dalam resep ya.

2. Lupa melapisi rolling pin dengan tepung

Kesalahan Saat Membuat Croffle (epicurious.com)

Setelah adonan jadi, kamu harus memipihkan adonan menjadi tipis menggunakan alat bernama rolling pin. Nah, sebelum rolling pin digunakan, pastikan untuk melapisi permukaannya dengan tepung, supaya adonan tidak menempel dan sulit dibentuk.

Baca Juga: Resep Croffle Viral ala Devina Hermawan yang Mudah dan Antigagal

3. Bentuk kurang merata

Kesalahan Saat Membuat Croffle (roadtopastry.com)

Bentuk croissant yang kurang merata biasanya disebabkan karena kurang kuat saat menguleni adonan. Selain itu, bentuk yang kurang merata bisa disebabkan karena adonan tidak diistirahatkan dengan waktu yang cukup.

4. Mentega yang meleleh dan meresap ke dalam adonan

Kesalahan Saat Membuat Croffle (landolakes.com)

Mentega yang meleleh dan meresap ke dalam adonan akan membuat tekstur croissant menjadi seperti roti. Padahal seharusnya croissant teksturnya renyah, bukan lembut seperti roti.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya jangan melipat adonan berkali-kali. Sebab, adonanmu akan menjadi terlalu tipis dan mentega di dalamnya akan meleleh. Sebaiknya, cukup lipat adonan croissant sebanyak dua kali sebelum mendinginkannya di freezer.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Croffle yang Enak dan Rasanya Sesuai Harapan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya