TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Terong Raos ala Dapoer Pandan Wangi, Sedap Banget!

Recommended untuk dijadikan menu lauk

terong raos ala restoran dapoer pandan wangi (YouTube.com/Devina Hermawan)

Terung raos merupakan salah satu makanan yang jadi best seller di restoran Dapoer Pandan Wangi. Terung raos di sini sangat berbeda dengan yang biasa kamu buat, sehingga kamu patut mencobanya. Namun, kalau kamu gak ada waktu buat berkunjung ke sana, membuat terung raos sendiri di rumah cocok dijadikan pilihan.

Di bawah ini terdapat resep terong raos khas restoran Dapoer Pandan Wangi ala Devina Hermawan yang recommended untuk kamu cobain di rumah. Dengan memadukan bumbu yang bercita rasa pedas manis dan gurih, sangat cocok dijadikan sebagai menu lauk. Meski buatan sendiri, dijamin gak kalah lezat deh.

Bahan Terong Raos

ilustrasi bahan membuat terong raos (freepik.com/stockking)

Bahan utama:

  1. 1-2 buah terung ungu
  2. 2 sdm minyak goreng
  3. 7 buah cumi asin
  4. 5 siung bawang putih
  5. 7 siung bawang merah
  6. 1 batang daun bawang
  7. 4 buah cabai merah keriting
  8. 5 buah cabai rawit merah
  9. 1 buah jeruk limau (opsional)

Bahan bumbu:

  1. 1 sdm kecap manis
  2. 1 sdm saus tiram
  3. 2 sdt gula pasir
  4. 1 sdt kaldu jamur

Bahan adonan:

  1. 150 gram tepung terigu protein sedang
  2. 30 gram tepung beras
  3. 1/2 sdm baking powder
  4. 1/4 sdt garam
  5. 1/2 sdm kaldu ayam bubuk
  6. 1/8 sdt merica bubuk
  7. 250 ml air
  8. 1/2 sdm cuka meja

Baca Juga: Resep Terong Teri Balado yang Sedap dan Bikin Lahap

Cara Membuat Terong Raos

ilustrasi menggoreng terong raos (YouTube.com/Devina Hermawan)
  1. Tahap pertama membuat adonan dengan mencampurkan tepung terigu, tepung beras, baking powder, garam, kaldu ayam bubuk, dan merica bubuk ke dalam wadah. Kemudian, masukkan air secara bertahap sambil diaduk rata.
  2. Setelah selesai dimasukkan air, lalu tambahkan cuka dan aduk rata kembali. Bila adonan sudah merata, lalu sisihkan adonan.
  3. Siapkan terung ungu di atas talenan, kemudian potong terung ungu dengan bentuk menyerong. Barulah, masukkan potongan terung ungu ke dalam adonan. Aduk rata, sisihkan.
  4. Panaskan cukup banyak minyak, lalu goreng terung raos hingga matang berwarna kecokelatan dan kering. Jika terung raos sudah matang kecokelatan serta kering, lalu angkat dan tiriskan.
  5. Sesudah selesai menggoreng terung, kemudian cincang bawang putih, iris bawang merah, iris cabai merah keriting, iris cabai rawit merah, iris daun bawang, dan potong-potong cumi asin. Sisihkan.
  6. Di dalam wajan, panaskan minyak secukupnya, lalu tumis irisan bawang merah hingga harum. Kemudian, masukkan bawang putih cincang, daun bawang iris, cabai merah iris, cabai rawit merah iris, dan potongan cumi asin. Diaduk merata, lalu tumis bumbu sampai harum dan kering.
  7. Selanjutnya, masukkan kecap manis, saus tiram, gula pasir, kaldu bubuk, dan terung goreng. Jangan lupa aduk hingga rata, kemudian tambahkan perasan jeruk limau dan aduk rata kembali. Matikan api, tiriskan terung raos.
  8. Terung raos siap disajikan.

Tips Membuat Terong Raos

ilustrasi memasak terong raos bersama bumbu (YouTube.com/Devina Hermawan)
  1. Gunakan terung ungu yang masih segar dan berkualitas sehingga cita rasa terong raos gak rusak. Ciri-ciri terung ungu yang berkualitas ialah permukaannya mulus tanpa berlubang dan tidak layu.
  2. Potong-potong terung ungu dengan ketebalan sedang supaya menghasilkan tekstur terung yang renyah.
  3. Rendam potongan terung ungu ke dalam air garam. Hal ini supaya potongan terung ungu gak berubah warna hitam.
  4. Perhatikan konsistensi adonan agar terung dapat terlapisi dengan baik. Maka dari itu, tuangkan air secara bertahap saat membuat adonan.
  5. Sebelum dipotong-potong, jangan lupa untuk merendam cumi asin di dalam air panas selama 5 menit. Dengan begitu, rasa cumi tidak terlalu asin dan teksturnya jadi lunak.
  6. Goreng terung raos sampai teksturnya cukup renyah dan mengembang menggunakan api sedang. Kemudian, lanjut menggoreng terung raos di api sedang cenderung kecil supaya matangnya optimal dan terung raos tetap renyah.

Dengan menerapkan resep terong raos seperti di atas, kamu bisa menikmati salah satu menu favorit di Dapoer Pandan Wangi meski di rumah saja. Rasanya yang sedap, dijamin bikin kamu ketagihan, deh.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Terong Ungu Bakar Hanya Pakai Wajan 

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya