TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Roti Pisang Cokelat untuk Bekal atau Camilan saat Santai

Isian cokelatnya bakal meleleh di mulut

roti pisang cokelat (YouTube.com/Luvita Ho)

Rasanya manis dan nyoklat banget, roti pisang cokelat menjadi camilan dengan banyak penggemar. Olahan pisang ini cocok dijadikan pilih kalau kamu pengin makan camilan dengan cita rasa nikmat dan mengenyangkan.

Roti pisang cokelat yang bikin kenyang ini bisa kamu jadikan sebagai menu bekal, lho. Cara bikinnya memang agak ribet, karena melalui sederet rangkaian, tetapi berkat resep roti pisang cokelat berikut ini, maka buatanmu dijamin antigagal, deh!

Baca Juga: Resep Roti Pisang Cokelat Lumer, Cara Buatnya Mudah

Bahan Roti Pisang Cokelat

ilustrasi bahan membuat roti pisang cokelat (YouTube.com/Luvita Ho)

Bahan adonan roti:

  1. 9 buah pisang raja
  2. 300 gram tepung protein tinggi
  3. 2-3 sdm margarin
  4. 4 gram ragi instan
  5. 3 gram garam
  6. 50 gram gula pasir
  7. 1 sdm susu bubuk
  8. 1 butir telur
  9. 130—145 ml air dingin
  10. 35 gram mentega tawar

Bahan olesan:

  1. 1 butir kuning telur
  2. 1 1/2 sdm susu cair
  3. cokelat meses secukupnya

Cara Membuat

ilustrasi menggulung adonan roti pisang cokelat (YouTube.com/Luvita Ho)
  1. Untuk membuat adonan roti, campurkan tepung terigu protein tinggi, ragi instan, gula pasir, susu bubuk, telur, dan air dingin ke dalam wadah berukuran besar. Kemudian, uleni bahan adonan roti menggunakan stand mixer sampai setengah kalis.
  2. Setelah adonan roti setengah kalis lalu matikan stand mixer. Tambahkan mentega dan garam, lalu proses kembali menggunakan stand mixer hingga kalis elastis.
  3. Bila adonan sudah kalis elastis lalu matikan stand mixer. Ambil dan bulatkan adonan lalu pindahkan dalam wadah kering. Tutup adonan dengan kain bersih, lalu didiamkan selama kurang lebih 30 menit sampai mengembang dua kali lipat.
  4. Sembari menunggu adonan mengembang, kupas pisang raja, lalu tumis dengan margarin sampai berwarna kecokelatan. Setelah kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan pisang sampai dingin.
  5. Sesudah adonan mengembang, sisihkan kain penutupnya. Kemudian, kempiskan adonan, lalu taruh di atas meja dan bagi menjadi sepuluh bagian.
  6. Ambil satu bagian adonan, lalu rounding adonan sampai bulat. Lakukan proses rounding adonan roti sampai selesai. Sesudah selesai di-rounding, lalu tutup adonan menggunakan kain bersih selama 15 menit hingga mengembang.
  7. Bila sudah mengembang, gilas adonan sampai pipih. Kemudian, bagian ujungnya diberi cokelat meses secukupnya serta pisang.
  8. Setelah itu, gulung adonan setengah bagian, lalu kerat-kerat bagian sisa ujung adonan dan gulung kembali.
  9. Taruh adonan roti isi cokelat meses pisang di atas loyang, lalu sisihkan. Lakukan proses mengisi dan menggulung adonan roti sampai selesai.
  10. Jika sudah, tutup adonan roti yang sudah diisi dan digulung ini memakai kain bersih, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai mengembang.
  11. Jika sudah mengembang lalu sisihkan kain penutup, lalu olesi permukaan adonan roti dengan campuran kuning telur dan susu cair. Kemudian, beri topping cokelat meses. Lakukan mengoles dan beri topping adonan roti sampai merata.
  12. Masukkan loyang berisi adonan roti pisang cokelat ke dalam oven. Panggang adonan roti pisang cokelat di suhu 170 derajat Celsius menggunakan api atas dan api bawah selama 13—14 menit hingga matang. Sesudah matang, angkat dan tiriskan roti.
  13. Roti pisang cokelat siap disajikan.

Baca Juga: Resep Roti Pisang Khas Banjar yang Lembut, Manis dan Bikin Nagih!

Tips Membuat Roti Pisang Cokelat

ilustrasi memanggang adonan roti pisang cokelat (YouTube.com/Luvita Ho)
  1. Gunakan pisang raja dengan tingkat kematangan yang pas. Sebab, jika menggunakan pisang yang terlalu matang, maka akan membuatnya mudah bonyok dan hancur.
  2. Kalau gak ada pisang raja, kamu bisa menggantinya dengan pisang ambon, pisang kepok, maupun pisang cavendish. Apa pun jenis pisang yang kamu gunakan pastikan dalam keadaan sudah matang.
  3. Penggunaan susu evaporasi bisa membuat permukaan roti lebih shining. Namun, kalau gak ada susu evaporasi, kamu bisa juga menggunakan susu cair biasa.
  4. Saat menaruh adonan roti pisang cokelat di atas loyang jangan lupa untuk memberi jarak. Hal ini supaya tidak mengganggu proses pengembangan adonan roti.
  5. Resting adonan roti menurut keadaan suhu ruang di tempatmu agar adonan gak over proofing. Jika suhu sedang dingin, maka durasi resting adonan lebih lama, begitu pun sebaliknya.
  6. Selain menggunakan air dingin biasa, kamu juga bisa menggunakan susu cair dingin. Dengan memakai susu cair, maka rasa roti pisang cokelat lebih manis dan creamy.
  7. Panaskan oven di suhu 170 derajat Celsius menggunakan api atas dan bawah selama 15 menit sebelum proses pemanggangan dimulai. Langkah ini bisa membuat roti pisang cokelat matang lebih optimal.

Roti pisang cokelat ini menawarkan sensasi nyoklat yang lumer di mulut, lho. Rugi banget kalau kamu gak coba camilan roti dari perpaduan pisang dan cokelat ini di rumah. Cocok banget buat ide camilan santai peneman ngopi maupun ngeteh, nih.

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Madu yang Nikmatnya Bikin Kepikiran

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya