TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Roti Goreng Pisang Cokelat untuk Bekal atau Camilan

Lelehan cokelatnya lumer di mulut!

roti goreng isi pisang cokelat (YouTube.com/Chalistaa Kitchen)

Roti goreng isi pisang cokelat cocok banget dijadikan bekal atau camilan di rumah. Roti ini teksturnya empuk dengan memadukan kelembutan pisang dan lelehan cokelat yang lumer di mulut. Sekali mengunyah, bakalan bikin ketagihan, deh!

Roti manis ini memang bisa kamu temukan di pasar jajanan tradisional. Namun, tidak ada salahnya bila ingin membuatnya di rumah. Dengan bikin sendiri, tentu lebih higienis dan hasilnya banyak. Yuk, praktikkan resep roti goreng pisang cokelat ini di rumah!

Baca Juga: Resep Roti Abon Sapi ala Coffee Shop, Roti Gurih untuk Teman Ngopi

Bahan Roti Goreng Pisang Cokelat

ilustrasi buah pisang untuk isian roti goreng (freepik.com/azerbaijan_stockers)
  1. 4 buah pisang kepok
  2. 300 gram tepung terigu protein tinggi
  3. 60 gram gula pasir
  4. 5 gram ragi instan
  5. 2 butir kuning telur
  6. 180 ml air
  7. 35 gram margarin
  8. 1/2 sdt garam
  9. cokelat meses secukupnya

Cara Membuat

ilustrasi hasil adonan roti isi pisang cokelat yang sudah di-proofing (YouTube.com/Chalistaa Kitchen)
  1. Di dalam wadah, campurkan tepung terigu protein tinggi, gula pasir, ragi instan, kuning telur, dan air. Kemudian, uleni adonan roti menggunakan stand mikser.
  2. Setelah adonan roti setengah kalis, lalu matikan mikser. Selanjutnya, tambahkan margarin dan garam. Mikser adonan roti kembali hingga kalis elastis.
  3. Bulatkan adonan roti, lalu taruh di atas meja yang dialasi plastik. Tutup adonan roti dengan kain bersih selama kurang lebih 30 menit sampai mengembang.
  4. Sembari menunggu adonan roti mengembang, potong dan belah pisang menjadi 4 bagian. Sisihkan.
  5. Kempiskan dan bagi adonan menjadi beberapa bagian dengan berat masing-masing 35 gram.
  6. Ambil satu bagian adonan roti, lalu di-rounding. Lakukan proses rounding adonan roti sampai selesai. Setelah di-rounding, ambil satu bagian adonan, lalu gilas memanjang hingga pipih.
  7. Kemudian, isi dengan satu potong buah pisang dan cokelat meses. Gulung adonan roti setengah bagian dan lipat bagian pinggirannya biar isiannya gak keluar.
  8. Jangan lupa kerat-kerat ujung adonan, lalu digulung sampai selesai. Lakukan proses menggulung dan mengerat adonan roti hingga selesai.
  9. Tutup adonan roti berisi pisang dan cokelat meses, lalu proofing selama 40—60 menit sampai mengembang. Setelah itu, goreng roti isi pisang dan cokelat meses hingga matang kuning kecokelatan.
  10. Jika roti goreng isi pisang dan cokelat meses sudah matang kemudian angkat serta tiriskan. Biarkan roti goreng isi pisang dan cokelat meses di suhu ruang.
  11. Roti goreng pisang cokelat siap disajikan.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Roti Goreng yang Gak Berminyak, Minyak Harus Panas

Tips Membuat Roti Goreng Pisang Cokelat

ilustrasi menggorneg roti isi pisang cokelat (YouTube.com/Chalistaa Kitchen)
  1. Selain menggunakan pisang kepok, kamu bisa memakai jenis pisang lain, seperti pisang raja, pisang mas, pisang ambon, pisang nangka, hingga pisang barangan. Apa pun jenis pisang yang dipakai pastikan dalam keadaan sudah matang, ya.
  2. Untuk membuat adonan roti mengembang, pastikan gunakan ragi instan yang masih aktif. Buat mengetahuinya caranya, larutkan ragi instan dengan sedikit air hangat serta gula pasir, lalu aduk rata dan diamkan selama beberapa menit. Jika larutan ragi instan berbuih berarti tandanya masih aktif dan begitu pun sebaliknya.
  3. Proofing adonan roti dengan menyesuaikan kondisi suhu yang ada di tempatmu biar gak overproofing. Bila suhu sedang panas maka durasi memproofing adonan roti lebih singkat dan begitu pun sebaliknya.
  4. Taruh adonan roti yang sudah diberi isian di atas meja yang sudah ditaburi tepung terigu. Langkah ini bisa mencegah adonan roti lengket di atas meja. Kemudian, adonan roti siap untuk di-proofing.
  5. Goreng adonan roti isi pisang cokelat di minyak sudah panas dalam keadaan api sedang cenderung kecil supaya matangnya optimal. Selain itu, cukup balik satu kali adonan roti, yakni saat berwarna kecokelatan. Hal ini supaya roti pisang cokelat tidak menyerap banyak minyak.

Kalau kamu pengin camilan yang enak untuk peneman santai di rumah, roti goreng pisang cokelat cocok dijadikan pilihan. Tekstur roti yang empuk dipadu dengan isian pisang yang manis dan lelehan cokelat lumer di mulut, asli bikin kamu jatuh hati, sih. Yuk, buat!

Baca Juga: Resep Egg Custard, Camilan Manis yang Bikin Mood Naik Lagi

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya