TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Resep Risoles, Camilan Gurih yang Bikin Nagih

Camilan yang cocok jadi teman saat bersantai

risol isi bihun sayuran (YouTube.com/Resep Abi)

Risol merupakan salah satu camilan yang disukai oleh semua orang. Rasanya gurih dengan isian di dalamnya yang lezat membuat siapa pun pasti ketagihan ngemil risol. Karena rasanya yang lezat inilah menjadikan risol seringkali dijadikan isian snack box.

Jika biasanya risol identik dengan isian sayuran, kini kamu bisa menikmati risol dengan berbagai isian. Nah, kelima resep risol berikut ini bisa banget buat kamu jadikan pilihan. Dengan mempraktikkan resep risol ini menjadikanmu gak bosan ngemil risol.

1. Resep Risol Isi Ayam Kentang Wortel

risol isi ayam kentang wortel (YouTube.com/Ika Mardatillah)

Bahan isian:

  1. 6 buah wortel
  2. 2 buah kentang
  3. 1/4 kg ayam fillet

Bumbu:

  1. 10 siung bawang putih
  2. 2 siung bawang merah
  3. 1/2 biji pala
  4. 1 sdt merica butiran
  5. 2 batang daun bawang
  6. 4 batang daun seledri
  7. 1 sdt garam
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 1 sdt kaldu jamur

Bahan kulit:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 1 bungkus susu bubuk
  3. 1 butir telur ayam
  4. 3 sdm tepung tapioka
  5. 5 sdm minyak goreng
  6. 550 ml air
  7. 1 sdt garam

Bahan tambahan:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 250 gram tepung panir

Cara membuat:

  1. Rebus daging ayam fillet sampai matang. Setelah matang, lalu angkat dan tiriskan hingga hangat. Barulah, suwir-suwir daging ayam. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, pala, dan merica butiran. Selanjutnya, tumis bumbu halus sampai harum bersama irisan daun bawang.
  3. Setelah bumbu matang lalu masukkan ayam suwir, wortel, kentang, daun seledri, serta air. Aduk rata dan masak sampai mendidih serta matang.
  4. Jangan lupa bumbui dengan garam, gula pasir, serta kaldu jamur. Diaduk rata lalu koreksi rasa. Bila dirasa sudah pas kemudian tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Lanjut dimasak hingg matang mengental. Sisihkan.
  5. Untuk membuat kulit risol campurkan tepung terigu, susu bubuk, tepung tapioka, garam, telur, air, dan minyak ke dalam wadah. Aduk adonan menggunakan whisk hingga halus serta rata. Kemudian disaring. Sisihkan.
  6. Panaskan teflon antilengket di api kecil. Selanjutnya, tuang satu sendok sayur adonan ke dalam teflon kemudian diputar sampai rata. Biarkan adonan kulit matang dengan bagian pinggirnya terlepas. Kemudian angkat dan tiriskan. Lakukan langkah membuat kulit risol sampai selesai.
  7. Ambil selembar kulit risol lalu isi dengan satu sendok makan isian tumisan tadi. Barulah, lipat dan gulung kulit risol. Lakukan langkah mengisi serta melipat kulit risol sampai selesai. Sisihkan.
  8. Ambil risol lalu celupkan ke dalam tepung terigu yang sudah diencerkan. Kemudian lanjut dibaluri dengan tepung panir sampai merata. Ulangi langkah ini hingga selesai. Sesudah itu, tata risol di dalam wadah kedap udara kemudian dimasukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama 3 jam.
  9. Barulah, goreng risol sampai matang berwarna kecokelatan. Tiriskan.
  10. Risol isi ayam kentang wortel siap disajikan.

2. Resep Risol Isi Bihun Sayuran

risol isi bihun sayuran (YouTube.com/Resep Abi)

Bahan isian:

  1. 1 bungkus bihun
  2. 150 gram wortel
  3. 30 gram daun bawang
  4. 3 siung bawang merah
  5. 2 siung bawang putih
  6. 1 sdt garam
  7. 1 sdt gula pasir
  8. 1 sdt kaldu bubuk
  9. 1 sdt merica bubuk
  10. air secukupnya

Bahan kulit:

  1. 250 gram tepung terigu
  2. 1 butir telur
  3. 1 sdt garam
  4. 1 sdm minyak goreng
  5. 500 ml air

Cara membuat:

  1. Tumis irisan bawang merah dan bawang putih sampai harum. Bila bumbu sudah harum lalu masukkan wortel kemudian tumis sebentar.
  2. Tambahkan air secukupnya, daun bawang, bihun yang sudah direndam air panas, garam, gula pasir, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Diaduk rata lalu masak hingga matang meresap.
  3. Campurkan tepung terigu, telur, garam, minyak goreng, serta air. Diaduk menggunakan whisk hingga larut. Kemudian disaring. Sisihkan.
  4. Panaskan teflon antilengket di api kecil. Barulah, tuang satu sendok sayur adonan ke dalam teflon yang sudah panas. Setelah adonan matang dan terkelupas dari permukaan teflon kemudian angkat serta tiriskan.
  5. Siapkan selembar kulit risol lalu isi dengan satu sendok makan tumisan bihun tadi. Lipat kulit risol kemudian gulung sebagian dan jangan lupa olesi dengan larutan tepung terigu. Barulah, rekatkan dan gulung kembali hingga selesai. Sisihkan.
  6. Setelah itu, goreng risol sampai matang berwarna kuning keemasan. Tiriskan.
  7. Risol isi bihun sayuran siap disajikan.

Baca Juga: Resep Buldak Risol ala Daehoon, Takjil Lokal dengan Cita Rasa Korea

3. Resep Risol Isi Ayam Pedas

risol isi ayam pedas (YouTube.com/Resep Abi)

Bahan isian:

  1. 500 gram dada ayam
  2. 3 siung bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 7 buah cabai merah keriting
  5. 4 buah cabai rawit merah
  6. 2 lembar daun salam
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 1 sdt kaldu bubuk
  10. 1/2 sdt garam

Bahan kulit:

  1. 1 butir telur
  2. 250 gram tepung terigu
  3. 1 sachet susu bubuk
  4. 1 sdt gula pasir
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1 sdt kaldu bubuk
  7. 500 ml air

Bahan pencelup:

  1. 5 sdm tepung terigu
  2. tepung roti secukupnya
  3. 250 ml air

Cara membuat:

  1. Rebus dada ayam sampai matang. Setelah matang lalu angkat dan biarkan hangat. Kemudian suwir-suwir dada ayam, sisihkan.
  2. Blender bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah sampai halus. Barulah, tumis bumbu halus sampai harum bersama daun salam serta daun jeruk.
  3. Bila bumbu sudah harum lalu masukkan ayam suwir, gula pasir, dan kaldu bubuk. Diaduk rata kemudian koreksi rasa. Jika dirasa sudah pas lalu lanjut dimasak hingga matang. Tiriskan.
  4. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam, kaldu bubuk, telur, dan air. Kemudian aduk menggunakan whisk hingga adonan larut serta merata.
  5. Panaskan teflon antilengket di api kecil. Barulah, tuang satu sendok sayur adonan di atas teflon panas sambil diputar hingga adonan merata. Biarkan adonan kulit risol kering lalu angkat dan tiriskan.
  6. Ambil selembar kulit risol kemudian isi dengan ayam suwir tadi. Lipat dan gulung kulit risol lalu celupkan dengan larutan tepung terigu. Barulah, dibaluri dengan tepung roti.
  7. Taruh hasil risol ke dalam wadah kedap udara lalu simpan didalam kulkas selama 1 jam. Jika sudah, goreng risol sampai matang berwarna kuning kecokelatan. Tiriskan.
  8. Risol isi ayam pedas siap disajikan.

4. Resep Risol Isi Pisang Cokelat

risol isi pisang cokelat (YouTube.com/Sylvia Pradipta)

Bahan:

  1. 100 gram tepung terigu protein sedang
  2. 180 ml susu cair fullcream
  3. 2 butir telur
  4. sejumput garam
  5. 5 buah pisang kepok
  6. meises secukupnya
  7. keju parut secukupnya

Bahan pelapis:

  1. tepung roti secukupnya
  2. 1 butir putih telur

Cara membuat:

  1. Kupas kulit pisang kepok kemudian belah pisang menjadi dua bagian. Sisihkan.
  2. Campurkan tepung terigu, garam, telur, dan susu fullcream. Kemudian aduk bahan adonan menggunakan whisk sampai larut dan rata. Jangan lupa saring adonan.
  3. Selanjutnya, tuang satu sendok sayur adonan di atas teflon antilengket yang sudah dipanaskan. Panggang kulit risol di api kecil sampai matang. Tiriskan.
  4. Ambil selembar kulit risol kemudian isi dengan cokelat meses, keju parut, dan pisang. Lipat serta kulit risol kemudian celupkan ke dalam kocokan telur lalu baluri dengan tepung roti. Setelah itu, taruh risol ke dalam wadah kedap udara lalu simpan ke dalam kulkas selama 1 jam.
  5. Barulah, goreng risol sampai matang berwarna kuning kecokelatan. Tiriskan.
  6. Risol isi pisang cokelat siap disajikan.

5. Resep Risol Isi Mayones

risol isi mayones (YouTube.com/tri pujis)

Bahan kulit:

  1. 240 gram tepung terigu
  2. 1 sdt garam
  3. 600 ml air
  4. 2 butir telur
  5. 2 sdm minyak sayur

Bahan isian:

  1. 300 gram mayonaise
  2. 1 bungkus susu kental manis
  3. 3 butir telur ayam rebus
  4. smoked beef secukupnya

Bahan pelapis:

  1. 5 sdm tepung terigu
  2. air secukupnya
  3. tepung roti secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan mayones dan susu kental manis, aduk rata. Sisihkan. Selanjutnya, potong-potong telur ayam yang sudah direbus. Tiriskan.
  2. Untuk membuat adonan kulit campurkan tepung terigu, garam, telur, air, dan minyak. Aduk bahan adonan kulit menggunakan whisk sampai tercampur rata. Jangan lupa disaring lalu disisihkan.
  3. Panaskan teflon antilengket di api kecil. Kemudian tuangkan satu sendok sayur adonan di atas teflon. Jangan lupa putar teflon supaya adonan merata. Panggang kulit risol sampai matang. Tiriskan.
  4. Ambil selembar kulit risol lalu isi dengan satu sendok makan mayones, potongan smoked beef, dan telur rebus. Barulah, lipat serta gulung kulit risol. Selanjutnya, celupkan kulit risol dengan larutan tepung terigu kemudian baluri dengan tepung roti.
  5. Jika sudah, taruh risol ke dalam wadah kedap udara. Kemudian simpan ke dalam kulkas selama 1 jam.
  6. Sesudah itu, goreng risol sampai matang kuning kecokelatan. Tiriskan.
  7. Risol isi mayones siap disajikan.

Menikmati risol jadi semakin puas berkat adanya kelima resep risol seperti di atas. Ada risol isi ayam hingga isi pisang semuanya bikin kamu ketagihan, deh. Tunggu apalagi, bikin risol sendiri di rumah, yuk.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kulit Risol Kampung agar Garing saat Digoreng

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya