TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Risol Isi Ayam Suwir Pedas, Gurihnya Nampol

Kreasi isiannya bikin rasa risol makin menggugah selera

risol isi ayam suwir pedas (YouTube.com/Resep Abi)

Ayam suwir pedas jadi salah satu menu lauk favorit karena memadukan sensasi daging ayam bertekstur lembut dengan bumbu pedas yang meresap hingga ke dalam. Selain untuk lauk, kamu juga bisa menjadikan ayam suwir sebagai isian risol.

Risol dengan isian ayam suwir jadi salah satu kreasi risol yang pastinya bikin kamu jatuh hati. Sebab, camilan ini memiliki rasa gurih sekaligus pedas yang menggigit. Cocok banget untuk ide camilan istimewa di rumah, inilah resep risol isi ayam suwir pedas untuk panduan membuatmu sebagai pencinta jajanan street food.

Bahan Risol Isi Ayam Suwir Pedas

ilustrasi dada ayam (vecteezy.com/ast007392369)

Bahan kulit:

  1. 100 gram tepung terigu protein sedang
  2. 1 butir telur
  3. 1 butir kuning telur
  4. 1/2 sdt garam
  5. 350 ml susu cair
  6. 25 ml margarin cair

Bahan isi:

  1. 1 kg dada ayam
  2. 2 batang serai
  3. 2 lembar daun salam
  4. 10 lembar daun jeruk
  5. 250 ml air
  6. 1 sdt garam
  7. 1/2 sdt gula pasir
  8. 1 batang daun bawang

Bumbu halus:

  1. 6 buah cabai merah besar
  2. 8 buah cabai merah keriting
  3. 5 buah cabai rawit merah
  4. 8 siung bawang merah
  5. 3 siung bawang putih

Bahan pelapis:

  1. 100 gram tepung terigu protein rendah
  2. 2 butir telur
  3. 150 gram tepung panir

Baca Juga: 5 Fakta Risoles, Camilan Enak Kesukaan Orang Indonesia

Cara Membuat Risol Isi Ayam Suwir Pedas

ilustrasi mengisikan kulit risol dengan suwir ayam pedas (YouTube.com/CR COOK)
  1. Untuk membuat adonan kulit: campurkan tepung terigu, telur, kuning telur, dan garam ke dalam wadah. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit ke dalam bahan adonan kulit sambil terus diaduk sampai adonan halus dan tidak bergerindil. Kemudian tambahkan margarin cair lalu aduk hingga tercampur merata.
  2. Bila sudah tercampur merata, hentikan proses mengaduk adonan. Selanjutnya, tuangkan satu sendok sayur adonan di atas wajan anti lengket yang sudah dipanaskan.
  3. Kemudian angkat dan putar wajansampai adonan merata. Barulah, panggang adonan hingga bagian pinggirnya kering serta berkulit.
  4. Bila adonan sudah kering dan berkulit di bagian pinggirannya, lalu angkat serta tiriskan. Lakukan langkah membuat kulit risol sampai selesai. Sisihkan.
  5. Setelah membuat adonan kulit risol kemudian langkah selanjutnya bikin isian ayam suwir. Namun, terlebih dulu rebus dada ayam sampai matang kemudian disuwir-suwir. Sisihkan.
  6. Barulah, haluskan bahan bumbu seperti cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih. Jika sudah, tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk, dan serai hingga harum matang.
  7. Jika bumbu sudah harum matang lalu masukkan ayam suwir, garam, gula pasir, dan air. Aduk rata kemudian lanjut dimasak hingga airnya meresap. Bila sudah meresap, lalu tambahkan irisan daun bawang kemudian aduk rata. Masak sebentar lalu angkat serta tiriskan.
  8. Ambil selembar kulit risol lalu isi dengan tiga sendok makan suwir ayam pedas. Jika sudah, lipat dan gulung kulit risol sampai menutupi isian. Lakukan mengisi kulit risol dengan isian ayam suwir hingga selesai.
  9. Selanjutnya, gulingkan risol ke dalam tepung terigu sampai merata lalu celupkan ke dalam telur yang sudah di kocok lepas. Kemudian baluri risol dengan tepung panir. Lakukan membaluri risol dengan adonan pelapis. Sisihkan.
  10. Panaskan cukup banyak minyak di dalam wajan kemudian goreng risol sampai matang kuning kecokelatan. Tiriskan.
  11. Risol isi ayam suwir pedas siap disajikan.

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya