TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Pisang Goreng Madu Wijen, Cocok untuk Teman Santai

Proses karamelisasi bikin rasa pisang goreng makin mantul

pisang goreng madu wijen (YouTube.com/Willgoz Kitchen)

Pisang goreng jadi salah satu makanan yang kerap disajikan sebagai teman santai. Camilan ini memiliki rasa manis dan tekstur garing yang menggoyang lidah. Umumnya pisang goreng dibuat dengan mencampurkan buah pisang, tepung, air, dan gula pasir. Namun, kalau mau lebih nikmat bisa juga tambahkan madu.

Tambahan madu menjadikan pisang goreng memiliki warna kecokelatan. Meski begitu, warna cokelat ini bukan tanda gosong, melainkan proses karamelisasi yang membuat rasa pisang goreng jadi lebih manis.

Resep pisang goreng madu wijen ala Willgoz berikut ini bisa dijadikan panduanmu dalam menyajikan camilan berbahan pisang yang rasanya legit.

Bahan Pisang Goreng Madu Wijen

ilustrasi bahan membuat pisang goreng madu wijen (vecteezy.com/NARONG KHUEANKAEW)

Bahan utama:

  1. 7 buah pisang raja
  2. 200 gram tepung terigu
  3. 75 gram tepung beras
  4. 1 sdt baking powder
  5. 30 gram gula pasir
  6. 3 sdt wijen
  7. 1 tetes pasta vanilla
  8. 1 sdm madu
  9. sejumput garam
  10. 1 sdm santan instan
  11. 200-225 ml air

Bahan pelengkap:

  1. 6 sdm madu
  2. 10 sdm air
  3. sejumput garam

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Mentega Istimewa yang Harum dan Krispi Sempurna

Cara Membuat Pisang Goreng Madu Wijen

ilustrasi membuat adonan pisang goreng madu wijen (YouTube.com/Willgoz Kitchen)
  1. Kupas kulitnya, lalu potong-potong pisang. Taruh potongan pisang ke dalam wadah, sisihkan.
  2. Campurkan tepung terigu, tepung beras, baking powder, gula pasir, wijen, pasta vanilla, madu, garam, dan santan instan. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam bahan adonan sambil diaduk rata.
  3. Setelah adonan merata, lalu masukkan potongan pisang kemudian aduk sampai tercampur rata. Sisihkan. Selanjutnya, di dalam wadah lain campurkan madu, air, serta garam, aduk merata. Sisihkan.
  4. Panaskan cukup banyak minyak di dalam wajan. Barulah, masukkan dua sendok makan adonan pisang dan goreng setengah matang.
  5. Bila pisang goreng sudah setengah matang, lalu angkat dan taruh ke dalam campuran madu dan air. Sesudah itu, goreng kembali pisang hingga matang berwarna kuning kecokelatan.
  6. Jika pisang goreng madu wijen sudah matang kemudian angkat dan tiriskan. Lakukan proses menggoreng pisang madu wijen sampai selesai.
  7. Pisang goreng madu wijen siap disajikan.

Tips Membuat Pisang Goreng Madu Wijen

ilustrasi menggoreng pisang goreng madu wijen (YouTube.com/Willgoz Kitchen)
  1. Pakailah pisang raja yang sudah matang agar rasanya manis. Kalau gak ada pisang raja, bisa juga menggunakan jenis pisang lain.
  2. Perhatikan konsistensi adonan supaya hasil pisang goreng madu wijen tidak gagal. Maka dari itu, saat menambahkan air sebaiknya dilakukan secara bertahap.
  3. Karena sudah menggunakan air, maka penggunaan santan sebaiknya pilih yang bertekstur kental. Hal ini supaya hasil konsistensi adonan lebih pas.
  4. Lakukan menggoreng pisang madu menggunakan minyak panas dalam keadaan api sedang. Dengan teknik ini menjadikan tingkat kematangan pisang goreng madu lebih optimal.

Pisang goreng madu wijen memang cocok dijadikan sebagai opsi camilan peneman santai di rumah. Meski kreasi pisang goreng ini memiliki warna hitam kecokelatan, tetapi soal rasa tidak perlu diragukan, deh. Yuk, suguhkan pisang goreng madu wijen untuk camilan santai sembari minum teh atau kopi favoritmu.

Baca Juga: 5 Jenis Pisang yang Enak untuk Pisang Goreng sebagai Teman Ngeteh

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya