TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Pisang Gapit, Dessert Khas Samarinda yang Rasanya Maknyus

Perpaduan manis gurih cocok jadi menu penutup

pisang gapit (YouTube.com/Tikha Family)

Pisang gapit merupakan salah satu dessert khas Samarinda, Kalimantan Timur yang memiliki rasa manis dan gurih. Perpaduan tekstur pisang yang lembut dengan siraman kuah kinca yang manis gurih bikin kelezatan pisang gapit auto nagih.

Untuk merasakan kelezatan pisang gapit gak melulu harus berkunjung ke daerah asalnya, lho. Karena kamu pun bisa menjajal kelezatan pisang gapit dengan bikin sendiri di rumah. Nah, resep pisang gapit berikut ini bisa menjadi panduanmu dalam menghadirkan sajian pisang gapit tanpa melancong ke Kota Tepian.

Bahan Pisang Gapit

ilustrasi pisang kepok (vecteezy.com/ikarahma)
  1. 11 buah pisang kepok
  2. 2 sdm margarin
  3. 150 gram gula aren
  4. 500 ml santan
  5. 2 lembar daun pandan
  6. sejumput garam
  7. 1 sdm tepung maizena

Baca Juga: 10 Makanan Khas Samarinda, Ada Makanan Berat sampai Dessert!

Cara Membuat Pisang Gapit

ilustrasi memanggang pisang (YouTube.com/Tikha Family)
  1. Siapkan pisang kepok lalu kupas kulitnya dan sisihkan. Kemudian, taruh pisang di atas meja yang sudah dialasi plastik lalu pipihkan. Lakukan proses memipihkan pisang kepok sampai selesai. Sisihkan.
  2. Panaskan wajan di api sedang lalu lelehkan margarin di atasnya. Taruh pisang kepok yang sudah dipipihkan di atas wajan berisi lelehan margarin. Panggang pisang sampai berwarna kecokelatan.
  3. Setelah kedua sisi pisang berwarna kecokelatan kemudian angkat dan tiriskan. Langkah selanjutnya adalah merebus gula aren, santan, dan daun pandan sampai larut serta mendidih.
  4. Jika santan dan gula aren sudah larut, tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk rata lalu lanjut direbus sampai mengental.
  5. Bila kuah santan gula aren sudah mengental, kemudian matikan api dan tiriskan. Siapkan piring saji lalu taruh pisang di atasnya. Siram dengan kuah santan gula aren kemudian beri topping keju parut.
  6. Pisang gapit siap disajikan.

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya