TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Muffin Tape Keju yang Manis dan Lembut untuk Camilan

Kue mungil yang bikin kamu jatuh hati!

muffin tape keju (YouTube.com/Cooking with Hel)

Muffin merupakan salah kue mungil yang manis dengan tekstur lembut. Kue kecil ini sering dikonsumsi oleh orang Eropa sebagai menu sarapan, karena sifatnya yang mengenyangkan.

Kue muffin bisa dibuat dengan berbagai rasa. Salah satunya perpaduan antara tapai singkong dan keju. Kue muffin tapai keju aromanya harum dengan tekstur lembut yang auto bikin menelan ludah.

Resep muffin tapai keju berikut ini merupakan panduan membuat kue terlezat yang bisa kamu terapkan di rumah. Jangan lupa bikin yang banyak karena bakalan bikin kamu ketagihan!

Baca Juga: Resep Muffin Cokelat Kukus, Nikmatnya Bikin Terpana!

Bahan Muffin Tape Keju

ilustrasi tape singkong untuk membuat kue muffin (vecteezy.com/artoniumw)
  1. 100 gram tapai singkong
  2. 1 butir telur
  3. 75 gram margarin
  4. 125 ml susu cair full cream
  5. 125 gram tepung terigu protein sedang
  6. 1 sdm susu bubuk
  7. 1/2 sdt baking powder
  8. 1/2 sdt baking soda
  9. 50 gram keju parut

Cara Membuat

ilustrasi menuang adonan muffin tape keju ke dalam cetakan (YouTube.com/Cooking with Hel)
  1. Taruh tapai singkong ke dalam mangkuk, lalu lumat menggunakan sendok dan garpu sampai bentuknya halus. SIsihkan sebentar.
  2. Di dalam wadah besar, campurkan telur dan gula pasir, lalu aduk menggunakan whisk sampai larut serta tercampur rata. Bila campuran telur dan gula pasir sudah merata, masukkan tapai singkong, lalu aduk rata kembali.
  3. Tambahkan margarin cair, susu cair full cream, serta pasta vanilla. Kemudian, aduk kembali memakai whisk sampai rata.
  4. Masukkan campuran tepung terigu, susu bubuk, baking powder, dan baking soda sambil diayak. Setelah campuran bahan kering selesai diayak, lalu lanjut aduk menggunakan whisk hingga benar-benar tercampur merata.
  5. Tambahkan keju parut, lalu aduk adonan kembali hingga merata. Bila adonan muffin sudah benar-benar rata, hentikan proses mengaduk.
  6. Siapkan cetakan muffin, lalu alasi dengan paper cup. Kemudian, tuang dua sendok makan adonan muffin tape keju ke dalam cetakan. Lakukan proses menuang adonan muffin tape keju ke dalam cetakan sampai selesai.
  7. Setelah adonan selesai dituangkan, lalu beri topping keju parut, choco chips, serta almon. Selanjutnya, masukkan muffin ke dalam oven.
  8. Panggang muffin tapai keju di suhu 170 derajat Celsius selama 20 menit hingga matang. Setelah matang, keluarkan muffin dari oven, biarkan hangat.
  9. Muffin tapai keju siap disajikan.

Baca Juga: Resep Muffin Cokelat Kukus, Nikmatnya Bikin Terpana!

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya