TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Lumpang Pandan tanpa Santan, Teksturnya Lembut Banget

Dimakan bareng kelapa parut rasa kue lumpang makin enak

kue lumpang pandan tanpa santan (YouTube.com/Cooking with Hel)

Dinamakan kue lumpang, karena camilan manis ini memiliki lubang seperti alat penumbuk padi yang dikenal sebagai lumpang. Gak cuma bentuknya unik, kue basah ini juga memiliki warna hijau pandan yang membuatnya terlihat memikat. 

Kue lumpang pandan punya tekstur lembut dan kenyal yang auto menggoyang lidah. Cara bikin kue tradisional ini gak perlu banyak bahan, salah satunya tanpa santan. Meski tanpa santan, rasanya tak kalah lezat. Berikut ini resep kue lumpang pandan tanpa santan yang bisa kamu praktikkan di rumah.

Bahan Kue Lumpang Pandan tanpa Santan

ilustrasi bahan membuat kue lumpang pandan tanpa santan (freepik.com/azerbaijan_stockers)
  1. 3 lembar daun pandan
  2. 250 ml air
  3. 50 gram tepung terigu protein sedang
  4. 50 gram tepung tapioka
  5. 60 gram gula pasir
  6. Kelapa parut secukupnya
  7. Sejumput garam

Baca Juga: Resep Martabak Lipat Pandan yang Lembut untuk Camilan di Rumah

Cara Membuat Kue Lumpang tanpa Santan

ilustrasi membuat adonan kue lumpang pandan tanpa santan (YouTube.com/Cooking with Hel)
  1. Potong-potong daun pandan, lalu dimasukkan ke dalam blender. Tambahkan air, kemudian blender daun pandan sampai halus.
  2. Bila daun pandan sudah halus, lalu matikan blender. Kemudian, saring jus pandan supaya terpisah dari ampasnya. Sisihkan.
  3. Untuk membuat adonan kue lumpang, campurkan tepung terigu, tepung tapioka, dan gula pasir ke dalam wadah. Barulah, masukkan jus pandan ke dalam bahan adonan secara bertahap sambil diaduk rata memakai whisk.
  4. Setelah adonan kue lumpang pandan tercampur rata, lalu hentikan proses mengaduk. Adonan kue lumpang pandan siap untuk dimasukkan ke dalam cetakan.
  5. Olesi cetakan kue talam dengan sedikit minyak goreng. Barulah, tuangkan adonan kue lumpang pandan ke dalam cetakan. Lakukan proses menuang adonan kue lumpang pandan ke dalam cetakan sampai selesai.
  6. Masukkan kue lumpang pandan ke dalam panci kukusan. Kukus kue lumpang hingga matang selama 15 menit di api besar.
  7. Sembari menunggu kue lumpang pandan matang, kukus campuran kelapa parut dan sedikit garam selama 10 menit. Sesudah dikukus selama 10 menit, lalu tiriskan kelapa parut.
  8. Bila kue lumpang pandan sudah matang, lalu angkat dan tiriskan. Biarkan kue lumpang pandan hingga hangat.
  9. Kue lumpang pandan siap disajikan bersama kelapa parut.

Tips Membuat Kue Lumpang Pandan

ilustrasi mengukus adonan kue lumpang pandan tanpa santan (YouTube.com/Cooking with Hel)
  1. Kalau tidak ada jus pandan, kamu bisa menggunakan pasta pandan yang dilarutkan. Untuk takaran airnya disesuaikan menurut resep di atas, ya.
  2. Bila menginginkan rasa yang gurih, tambahkan santan ke dalam adonan kue lumpang pandan. Pastikan gunakan santan segar supaya rasa kue lumpang pandan gak rusak dan makin gurih.
  3. Saring adonan sebelum dituangkan ke dalam cetakan. Langkah penyaringan ini bertujuan supaya hasil kue lumpang lebih halus dan lembut.
  4. Tuang adonan kue lumpang pandan ke dalam cetakan setinggi 3/4 cetakan. Sebab, jika terlalu penuh mengakibatkan adonan sulit membentuk seperti lumpang.
  5. Panaskan panci kukusan hingga mendidih sebelum kue lumpang pandan dikukus. Jangan lupa alasi tutup panci kukusan dengan kain bersih agar uapnya tidak jatuh ke dalam adonan kue lumpang pandan.

Camilan manis ini memiliki bentuk mini dan terdapat lubang yang membuatnya terlihat menarik. Disuguhkan saat acara spesial recommend banget, sih. Teksturnya lembut dan manis bakalan auto ketagihan, deh. Coba bikin kue lumpang pandan tanpa santan seperti resep di atas, yuk.

Baca Juga: Resep Kue Manja Pandan Isi Unti Kelapa yang Lembut Maksimal

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya