TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Kue Lapis Agar-agar yang Manis dan Lembutnya Memikat

Teksturnya super lembut dijamin bikin nagih

kue lapis agar-agar (YouTube.com/Eliza Perkasa)

Kue lapis menjadi varian kue yang banyak disukai karena memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang bikin jatuh hati. Selain itu, sajian kue lapis ini juga mempunyai tampilan berlayer yang membuatnya semakin terlihat memikat. Gak heran jika kue lapis kerap disajikan sebagai menu jamuan spesial.

Kue lapis bisa kamu kreasikan biar makin lezat, salah satunya dipadukan dengan agar-agar. Penambahan agar-agar bikin tekstur kue lapis makin lembut, lho. Kamu bisa mencoba membuatnya melalui resep kue lapis agar-agar berikut ini. Siap-siap bakalan dibuat ketagihan, nih!

Bahan Kue Lapis Agar-agar

ilustrasi bahan membuat kue lapis agar-agar (pixabay.com/hewq)

Bahan adonan 1:

  1. 350 gram margarin
  2. 320 gram gula pasir halus
  3. 200 ml susu kental manis
  4. 10 butir kuning telur
  5. 250 gram tepung terigu protein sedang
  6. 50 gram susu bubuk 

Bahan adonan 2:

  1. 2 bungkus bubuk agar-agar plain
  2. 1 liter air
  3. 1 bungkus susu kental manis
  4. 8 butir putih telur
  5. 24 gram cokelat bubuk

Baca Juga: Resep Wedang Roti Agar-agar, Bikin Badan Jadi Hangat dan Nyaman

Cara Membuat Kue Lapis Agar-agar

ilustrasi membuat adonan kue lapis agar-agar (YouTube.com/Eliza Perkasa)
  1. Masukkan margarin ke dalam wadah berukuran besar, lalu diaduk di kecepatan tinggi sampai mengembang dengan mikser. Setelah mengembang, kemudian matikan mikser dan diamkan margarin selama 5 menit.
  2. Setelah margarin diistirahatkan selama 5 menit, lalu masukkan gula pasir halus secara bertahap sambil diaduk lagi di kecepatan rendah sampai rata. Kemudian, tambahkan susu kental manis dan aduk hingga merata di kecepatan tinggi selama 5 menit.
  3. Barulah, masukkan kuning telur secara bertahap sambil diaduk di kecepatan rendah sampai tercampur rata dengan adonan. Terakhir, tambahkan campuran tepung terigu dan susu bubuk secara bertahap sambil diaduk di kecepatan rendah hingga tercampur merata.
  4. Sesudah selesai, lalu lanjut mengaduk adonan menggunakan spatula dengan metode lipat sampai rata. Sisihkan.
  5. Di dalam panci, campurkan bubuk agar-agar plain, air, dan susu kental manis. Kemudian masak agar-agar hingga mendidih sambil terus diaduk.
  6. Setelah mendidih, kecilkan api dan lanjut dimasak selama 10 menit sambil diaduk-aduk hingga sedikit mengental. Matikan api, tiriskan agar-agar sampai dingin.
  7. Di dalam wadah berukuran besar, aduk putih telur di kecepatan tinggi hingga mengembang dan putih kaku. Sesudah adonan putih telur mengembang serta putih kaku, lalu masukkan agar-agar dan aduk adonan sampai merata di kecepatan rendah.
  8. Matikan mikser, lalu lanjut mengaduk campuran adonan putih telur dan agar-agar menggunakan spatula dengan metode lipat hingga tercampur rata. Selanjutnya, campur adonan putih telur dengan adonan pertama tadi dan aduk merata memakai spatula dengan metode lipat.
  9. Selesai diaduk, bagi adonan menjadi dua bagian. Untuk satu bagian adonan diberi cokelat bubuk dan untuk satu bagiannya biarkan warna kuning.
  10. Siapkan loyang, lalu olesi dengan margarin dan diberi alas baking paper. Selanjutnya, tuang empat sendok sayur adonan kuning ke dalam loyang dan ratakan. Kemudian, masukkan ke dalam oven dan panggang adonan kuning di suhu 180 derajat Celsius menggunakan api atas dan api bawah selama 10-15 menit.
  11. Setelah dipanggang selama 10-15 menit, lalu timpa dengan adonan cokelat sebanyak empat sendok sayur dan diratakan. Lanjut panggang adonan cokelat di suhu 180-200 derajat Celsius di api atas selama 10-15 menit.
  12. Lakukan menuang adonan kuning dan cokelat secara bertahap hingga tersisa adonan terakhir dan panggang di suhu 180-200 derajat Celsius di api atas selama 10-15 menit. Untuk adonan terakhir, tuang adonan cokelat lalu panggang di suhu 200 derajat Celsius menggunakan api atas dan api bawah selama kurang lebih 20 menit sampai matang.
  13. Jika sudah matang, lalu keluarkan kue lapis agar-agar dari dalam oven. Biarkan hingga hangat, kemudian keluarkan kue lapis agar-agar dari dalam loyang.
  14. Kue lapis agar-agar siap disajikan.

Tips Membuat Kue Lapis Agar-agar

ilustrasi menekan permukaan kue lapis agar-agar (YouTube.com/Eliza Perkasa)
  1. Penggunaan telur dalam membuat kue lapis agar-agar dipastikan harus keadaan suhu ruang. Sebab, telur dalam keadaan suhu ruang membuatnya mudah merata saat diaduk bersama adonan.
  2. Margarin yang kamu pakai juga harus dalam keadaan suhu ruang. Pasalnya, margarin dalam keadaan beku sangat sulit mengembang dan merata ketika diaduk.
  3. Masak bubuk agar-agar menggunakan api sedang cenderung kecil supaya gak overcook. Jangan lupa, memasaknya sambil terus diaduk biar adonan agar-agar tidak menggumpal maupun gosong.
  4. Setelah selesai dipanggang, jangan lupa untuk menekan permukaan atasnya menggunakan alat penekan kue. Dengan teknik ini menjadikan permukaan kue gak bergelombang.
  5. Hentakkan loyang beberapa kali untuk memastikan udara tidak terjebak didalam adonan. Langkah ini dapat menghasilkan kue lapis agar-agar yang mulus.

Bubuk agar-agar gak cuma bisa dibuat puding, melainkan juga dapat dikreasikan menjadi kue lapis. Kue lapis agar-agar memiliki tekstur super lembut dan manis yang pastinya bikin kamu terguggah selera. Bisa banget kamu sajikan sebagai menu jamuan istimewa ketika ada momen spesial, lho.

Baca Juga: 5 Perbedaan Gelatin dan Agar-agar, Kunci Kelembutan Dessert

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya