TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Klepon Labu Kuning yang Kenyal, Isiannya Lumer di Mulut

Cocok jadi sajian menu pencuci mulut

klepon labu kuning (YouTube.com/Fransiska Tien)

Klepon merupakan salah satu jajanan pasar berbahan dasar tepung ketan yang punya bentuk bulat dengan ciri khasnya terdapat kelapa parut sebagai topping. Teksturnya kenyal dengan dipadu isian gula merah yang manis lumer di mulut menjadikan klepon banyak disukai. Gak heran jika kue basah ini masih eksis hingga sekarang.

Umumnya klepon ditemukan dalam warna hijau pandan, namun klepon juga bisa dibuat dengan warna kuning dari labu kuning. Dengan bahan dasar labu kuning membuat tampilan kue tradisional ini makin memikat, lho. Untuk cara bikinnya bisa kamu ikuti seperti resep klepon labu kuning di bawah ini.

Bahan Klepon Labu Kuning

ilustrasi labu kuning untuk bahan membuat klepon (pixabay.com/gate74)

Bahan utama:

  1. 1/2 kg labu kuning
  2. 1/2 sdt garam
  3. 350 gram tepung ketan
  4. 100 gram gula merah

Bahan tambahan:

  1. 400 gram kelapa parut
  2. 1 sdt garam
  3. 20 gram gula pasir

Baca Juga: Resep Bola-bola Labu Kuning, Rasa Manisnya Pas buat Ngemil Santai

Cara Membuat Klepon Labu Kuning

ilustrasi membentuk bulat adonan klepon labu kuning (pexels.com/Felicity Tai)
  1. Kukus labu kuning yang sudah dikupas dan dicuci sampai matang. Jika sudah matang, lalu taruh labu kuning ke dalam wadah. Kemudian, tumbuk labu kuning sampai halus. Sisihkan.
  2. Di dalam wadah berisi labu kuning, masukkan garam dan tepung ketan, lalu aduk rata. Setelah diaduk rata, kemudian lanjut menguleni adonan klepon labu kuning.
  3. Selanjutnya, ambil secukupnya adonan klepon labu kuning lalu bentuk bulat dan pipihkan. Kemudian, isi dengan secukupnya gula merah yang sudah disisir.
  4. Bulatkan adonan klepon kuning kembali dan sisihkan. Lakukan proses membentuk serta mengisi adonan klepon labu kuning sampai selesai. Sisihkan.
  5. Barulah, rebus klepon labu kuning hingga matang. Sembari menunggu kepon labu kuning matang, kukus campuran kelapa parut, garam, dan gula pasir selama 10 menit.
  6. Bila klepon labu kuning sudah matang kemudian angkat dan tiriskan. Selanjutnya, jika kelapa parut sudah dikukus selama 10 menit lalu ditiriskan.
  7. Klepon labu kuning siap disajikan bersama kelapa parut.

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya