TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Kukus Mekar Cokelat, Lembutnya Paripurna

Pas banget buat camilan saat santai

bolu kukus mekar cokelat (YouTube.com/DAPUR NAJWA)

Buat kamu penggemar camilan dengan cita rasa cokelat, bolu kukus mekar cokelat cocok dijadikan pilihan. Kue basah ini memadukan tekstur lembut dan rasa manis yang nyokelat abis. Selain untuk teman ngemil, bolu kukus mekar cokelat juga cocok untuk ide jamuan spesial. Dijamin semuanya suka sama bolu kukus mekar cokelat, deh.

Camilan ini bisa kamu bikin di rumah secara mudah dengan mempraktikkannya seperti resep bolu kukus mekar cokelat di bawah ini. Proses membuatnya tanpa mikser, dijamin sat-set langsung jadi, deh.

Bahan Bolu Kukus Mekar Cokelat

ilustrasi bahan membuat bolu kukus mekar cokelat vanila (freepik.com/azerbaijan_stockers)
  1. 225 gram tepung terigu protein sedang
  2. 200 gram gula pasir
  3. 250 ml susu cair
  4. 1 butir telur
  5. 100 ml minyak goreng
  6. 1/2 sdt soda kue
  7. 1/2 sdt baking powder
  8. 1/2 sdt garam
  9. 25 gram cokelat bubuk
  10. Pasta cokelat secukupnya

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Pandan Ketan Hitam, Tekstur Lembutnya Memikat

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Cokelat

ilustrasi membuat adonan bolu kukus mekar cokelat (freepik.com/freepik)
  1. Masukkan telur, gula pasir, dan garam ke dalam wadah berukuran besar. Kemudian aduk bahan adonan menggunakan whisk sampai tercampur rata serta berbuih.
  2. Bila adonan sudah berbuih lalu masukkan campuran tepung terigu, cokelat bubuk, soda kue, serta baking powder. Barulah, aduk adonan kembali hingga merata sembari ditambahkan susu cair secara bertahap.
  3. Setelah adonan merata, lalu tambahkan minyak goreng. Kemudian aduk adonan menggunakan spatula dengan metode melipat sampai benar-benar tercampur rata.
  4. Hentikan proses mengaduk jika adonan sudah benar-benar merata. Barulah, tuangkan adonan bolu cokelat ke dalam cetakan bolu kukus mekar yang sudah diberi ,
  5. Masukkan cetakan bolu kukus mekar berisi adonan ke dalam panci kukusan. Kukus bolu mekar cokelat di api besar selama 15 menit hingga matang.
  6. Jika sudah matang, lalu angkat dan keluarkan bolu kukus mekar cokelat dari panci kukusan. Biarkan bolu kukus mekar cokelat sampai hangat.
  7. Bolu kukus mekar cokelat siap disajikan.

Tips Membuat Bolu Kukus Mekar Cokelat

ilustrasi menuang adonan bolu ke dalam cetakan (freepik.com/freepik)
  1. Gunakan soda kue yang masih aktif supaya bolu kukus mekar cokelat bisa mengembang secara sempurna. Soda kue yang masih aktif akan berbuih jika dilarutkan bersama air lemon maupun cuka.
  2. Penggunaan baking powder juga harus diperhatikan. Untuk mengecek baking powder masih aktif ialah caranya dilarutkan dengan air panas. Jika berbusa, berarti tandanya baking powder masih aktif.
  3. Kondisi telur harus dalam keadaan suhu ruang. Karena jika dalam keadaan beku bisa mengakibatkan susah tercampur dengan adonan.
  4. Minyak goreng harus benar-benar tercampur rata dengan adonan. Sebab, kalau gak tercampur merata bisa mengakibatkan hasil bolu kukus mekar cokelat bantat.
  5. Adonan harus dituangkan ke dalam cetakan bolu kukus mekar secara penuh. Dengan begitu, hasil kue bolu bisa mekar secara optimal.
  6. Tutup panci kukusan harus dialasi kain bersih supaya uap airnya tidak menimpa ke adonan bolu sehingga kue bolu kukus mekar gak lembap secara berlebih.
  7. Hindari membuka tutup panci selama proses pengukusan supaya bolu gak gagal mengembang. Selain itu, pastikan kukus kue bolu menggunakan api besar dengan takaran air kukusan tidak terlalu banyak maupun sedikit. Idealnya cukup gunakan dua ruas jari air.

Rasanya yang nyokelat, pastinya bolu kukus mekar cokelat ini disukai oleh semua orang, deh. Gak cuma rasanya yang mantul, bolu kukus ini juga punya tekstur lembut yang dijamin langsung lumer di mulut. Yuk, jadikan bolu kukus mekar cokelat sebagai referensi camilan istimewa di rumah!

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Mekar Sprite yang Lembut dan Mekar Sempurna

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya