TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Bolu Kelapa Wijen yang Nikmat Dijadikan Camilan Akhir Pekan 

Bolu yang cocok dijadikn teman ngeteh atau ngopi

bolu kelapa wijen (YouTube.com/DAPUR SEDERHANA TIKA)

Kelapa jadi salah satu buah serbaguna, karena hampir semua makanan bisa dibuat menggunakan bahan ini. Buah berbiji ini biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan santan yang dihasilkan dari daging kelapa parut. Selain diambil santannya, daging kelapa yang sudah diparut ini juga dapat dijadikan sebagai bahan membuat kue bolu.

Kelapa menghasilkan kue bolu dengan cita rasa gurih yang paripurna. Gak cuma itu, bolu kelapa ini juga diberi topping wijen yang membuatnya semakin beraroma wangi.

Resep bolu kelapa wijen ini dapat dijadikan panduan dalam membuat kue bolu gurih dan bikin ketagihan. Cocok banget buat teman minum teh atau ngopi!

Baca Juga: Resep Bolu Mentega Cokelat, Lembut dan Nyoklat Banget

Bahan Bolu Kelapa Wijen

ilustrasi bahan membuat bolu kelapa wijen (freepik.com/8photo)
  1. 4 butir telur
  2. 180 gram gula pasir
  3. 1 sdt emulsifier
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1 sdt pasta vanila
  6. 200 gram tepung terigu protein sedang
  7. 2 sdm tepung maizena
  8. 1/2 sdt baking powder
  9. 150 ml minyak goreng
  10. 150 gram kelapa parut
  11. wijen secukupnya

Cara Membuat

ilustrasi membuat adonan bolu kelapa wijen (freepik.com/freepik)
  1. Campurkan telur, gula pasir, garam, emulsifier, dan pasta vanila ke dalam wadah berukuran besar.
  2. Mikser bahan adonan bolu dengan kecepatan tinggi sampai berwarna putih, mengembang, serta kental berjejak. Matikan mikser.
  3. Masukkan campuran tepung terigu, tepung maizena, dan baking powder ke dalam adonan sambil diayak.
  4. Setelah selesai diayak, mikser adonan dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata. Matikan mikser, lalu tambahkan minyak goreng. Mikser hingga merata.
  5. Masukkan kelapa parut, lalu mikser dengan kecepatan rendah sampai tercampur merata dengan adonan. Matikan mikser, lalu aduk adonan menggunakan spatula.
  6. Tuang adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi paper cup. Tata di atas loyang dan lakukan mengisi cetakan dengan adonan sampai selesai.
  7. Hentakkan cetakan berisi adonan bolu di atas loyang untuk mengeluarkan udara di dalam adonan. Tambahkan topping wijen di atas adonan bolu kelapa.
  8. Panggang bolu kelapa wijen di dalam oven di suhu 170 derajat Celsius selama kurang lebih 30 menit di api atas bawah hingga matang.
  9. Kalau sudah matang, keluarkan bolu kelapa wijen dari dalam oven dan biarkan hangat.
  10. Bolu kelapa wijen siap disajikan.

Baca Juga: Resep Bolu Kelapa Sukade Mini untuk Camilan saat Akhir Pekan

Tips Membuat Bolu Kelapa Wijen

ilustrasi memanggang bolu kelapa wijen (YouTube.com/DAPUR SEDERHANA TIKA)
  1. Pastikan mikser selalu dimatikan sesudah adonan dimikser dan saat akan ditambahkan bahan adonan. Teknik ini untuk mencegah adonan overmixed yang mengakibatkan hasil kue jadi gagal.
  2. Telur yang kamu gunakan harus bersuhu ruang agar nantinya mudah tercampur bersama bahan adonan. Kalau terlanjur beku diamkan terlebih dulu di suhu ruang hingga suhu dingin pada telur menghilang.
  3. Kelapa parut untuk membuat adonan kue bolu haruslah dalam keadaan setengah tua. Karena jenis kelapa ini memiliki rasa yang lebih gurih dan juga manis.
  4. Tambahkan bahan lain seperti keju parut agar menghasilkan cita rasa kue bolu kelapa wijen yang lebih memikat.
  5. Panaskan oven saat akan digunakan untuk memanggang. Oven yang sudah panas dapat mencegah hasil kue bolu gagal mengembang alias bantat.
  6. Hindari minyak goreng tidak teraduk secara merata, karena bisa menyebabkan kue bolu kelapa wijen jadi bantat. Setelah dimikser, aduk menggunakan spatula dengan metode melipat untuk memastikan minyak goreng benar-benar merata.

Teksturnya yang garing di luar dan lembut di dalam menjadikan bolu kelapa wijen cocok untuk peneman minum teh atau ngopi di rumah. Kue bolu ini memiliki daya simpan yang cukup lama, karena bertekstur kering. Maka dari itu, simpan bolu kelapa wijen ini secara benar supaya tetap bisa dinikmati keesokan harinya.

Baca Juga: Resep Truffle Kelapa dengan Cokelat Putih, Dessert yang Legit!

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya