TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Apem Selong Pandan yang Empuk, Cocok untuk Jamuan Spesial

Rasanya manis dan empuk dijamin bikin terpikat

apem selong pandan (YouTube.com/Chalistaa Kitchen)

Apem selong merupakan kue tradisional yang terbuat dari tepung beras. Karena berbahan dasar tepung beras, menjadikan apem selong memiliki tekstur lembut dan empuk. Selain itu, apem selong juga mempunyai rasa manis gurih yang bikin siapapun penikmatnya dibikin ketagihan.

Kue basah ini gak cuma berwarna putih, melainkan juga ada yang warna hijau pandan. Apem selong pandan punya tampilan menggoda yang pastinya bikin kamu terpikat. Inilah resep apem selong pandan yang bisa kamu sontek sebagai referensi camilan spesial di rumah.

Bahan Apem Selong Pandan

ilustrasi bahan membuat apem selong pandan (freepik.com/freepik)
  1. 250 gram tepung beras
  2. 2 sdm tepung kanji
  3. 175 gram gula pasir
  4. 1 sdt ragi instan
  5. 80 gram tapai singkong
  6. 1 butir telur
  7. 600 ml santan
  8. 1/2 sdt garam
  9. 1 lembar daun pandan

Baca Juga: Resep Apem Gula Merah Berserat, Legit seperti Kue Karamel

Cara Membuat Apem Selong Pandan

ilustrasi membuat adonan apem selong pandan (YouTube.com/Chalistaa Kitchen)
  1. Rebus santan bersama daun pandan sampai mendidih. Jika santan sudah mendidih, lalu matikan api. Biarkan santan menghangat. Sisihkan.
  2. Di dalam wadah berukuran besar campurkan tepung beras, gula pasir, garam, dan tepung kanji, lalu aduk rata. Kemudian, beri ragi instan dan aduk rata kembali.
  3. Selanjutnya, tambahkan tapai singkong, telur, dan setengah santan, lalu uleni menggunakan tangan sampai adonan tercampur rata.
  4. Jika adonan sudah tercampur rata, kemudian keplok-keplok adonan selama kurang lebih 5-7 menit menggunakan tangan sampai kalis. Setelah adonan kalis, lalu tambahkan pasta pandan dan aduk pakai tangan hingga merata.
  5. Barulah, masukkan santan secara bertahap ke dalam adonan sambil diaduk rata memakai tangan. Bila santan selesai dimasukkan, lalu tutup adonan menggunakan kain bersih atau plastic wrap.
  6. Diamkan adonan selama 1-3 jam sampai berbuih. Sesudah adonan didiamkan hingga berbuih lalu diaduk merata.
  7. Setelah itu, panaskan cetakan apem selong. Barulah, tuang satu sendok sayur adonan apem selong pandan ke dalam cetakan.
  8. Kemudian, tekan adonan menggunakan sendok sayur agar membentuk renda pada bagian pinggirannya. Tutup cetakan dan panggang apem selong pandan sampai matang.
  9. Jika apem selong pandan sudah matang, lalu angkat dan tiriskan. Lakukan proses memanggang adonan apem selong pandan hingga selesai.
  10. Apem selong pandan siap disajikan.

Tips Membuat Apem Selong Pandan

ilustrasi memanggang apem selong pandan (YouTube.com/Chalistaa Kitchen)
  1. Gunakan api sedang saat merebus santan supaya tingkat didihnya lebih merata. Jangan lupa rebus santan sembari terus diaduk agar tidak pecah.
  2. Larutkan ragi instan dengan sedikit air hangat dan gula pasir, lalu aduk rata dan tutup hingga berbuih. Jika berbuih, itu tandanya ragi instan masih aktif. Ragi instan yang masih aktif menjadikan adonan apem bisa mengembang secara optimal.
  3. Lumat tapai singkong sebelum dicampurkan ke dalam adonan, sehingga bisa merata dengan adonan. Pastikan pilih tapai singkong yang bertekstur lembek agar mudah dilumat dan tercampur bersama adonan apem selong pandan.
  4. Alasi tangan menggunakan sarung tangan saat mengaduk adonan apem selong. Hal ini agar adonan apem selong tidak lengket di tangan dan jadi lebih higienis.
  5. Saat akan dituang ke dalam cetakan, jangan lupa untuk sesekali mengaduk adonan. Dengan begitu, adonan apem selong pandan tidak mengendap.
  6. Panggang apem selong pandan menggunakan api sedang cenderung kecil. Teknik ini menjadikan apem selong pandan matang secara optimal.
  7. Tambahkan topping seperti, sukade, cokelat meses, potongan buah nangka, dan keju parut saat memanggang apem selong pandan. Penambahan topping ini bikin rasa apem selong makin nikmat, lho.

Apem selong pandan ini juga diberi tambahan tapai singkong yang membuat rasanya semakin spesial. Rasanya yang dijamin lezat, cocok banget disuguhkan untuk jamuan istimewa di rumah. Jangan lupa ikuti langkah membuat apem selong pandan seperti resep di atas, ya. Dijamin berhasil, deh!

Baca Juga: Resep Kue Apem Bersarang yang Manis dan Lembut

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya