TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Amplang, Kerupuk Ikan khas Samarinda yang Gurih

Cocok untuk teman ngemil atau pelengkap lauk

amplang (YouTube.com/Tini dan Nanda)

Amplang merupakan camilan khas Samarinda, Kalimantan Timur yang berbahan dasar ikan. Camilan ini memiliki rasa gurih dan tekstur renyah yang auto menggoyang lidah. Gak heran, jika kerupuk amplang jadi oleh-oleh favorit saat melancong ke Samarinda.

Amplang bisa kamu jadikan sebagai suguhan camilan maupun pelengkap lauk di rumah mengingat rasanya yang sedap banget.

Tanpa harus beli, ternyata kamu bisa kok membuat amplang sendiri di rumah. Berikut resep amplang khas Samarinda.

Bahan Amplang

ilustrasi bahan membuat amplang (freepik.com/azerbaijan_stockers)
  1. 200 gram daging ikan belida
  2. 7 siung bawang putih
  3. 2 butir telur
  4. 1,5 sdm gula pasir
  5. 1 sdt garam
  6. 1 sdt soda kue
  7. 1 sdt kaldu bubuk
  8. 365 gram tepung tapioka

Baca Juga: Resep Amplang Ikan Tenggiri Asli, Camilan Favorit buat Kumpul-kumpul

Cara Membuat Amplang

ilustrasi memotong adonan amplang (YouTube.com/Tini dan Nanda)
  1. Masukkan daging ikan belida ke dalam blender lalu proses sampai halus. Jika daging ikan belinda sudah halus, kemudian sisihkan.
  2. Selanjutnya, haluskan bawang putih dan telur dengan blender. Setelah bawang putih dan telur halus lalu matikan blender, sisihkan.
  3. Tuang bawang putih serta telur halus ke dalam wadah berukuran besar. Tambahkan daging ikan belida halus lalu aduk dengan mikser di kecepatan tinggi sampai tercampur rata.
  4. Sesudah daging dan bumbu tercampur rata, lalu beri gula pasir, garam, soda kue, dan kaldu bubuk. Kemudian, aduk kembali hingga tercampur rata di kecepatan rendah.
  5. Bila adonan sudah rata kemudian matikan mikser, lalu lanjut aduk menggunakan spatula dengan metode lipat. Selanjutnya, tambahkan sepertiga bagian tepung tapioka secara bertahap sambil diaduk rata.
  6. Barulah, masukkan semua sisa bagian tepung tapioka kemudian uleni menggunakan tangan hingga kalis. Jika sudah kalis, lalu ambil sebagian adonan kemudian bentuk bulat.
  7. Taruh bulatan adonan di atas meja lalu pilin sampai bentuknya rapi. Setelah selesai dipilin kemudian potong-potong adonan dengan ukuran sesuai selera.
  8. Masukkan potongan adonan amplang ke dalam wadah berisi minyak, sisihkan. Barulah, hangatkan cukup banyak minyak di dalam wajan kemudian tuang adonan amplang yang sudah direndam dan goreng sampai mengapung.
  9. Bila amplang sudah mengapung lalu dibolak-balik secara bertahap supaya mengembang dan gak keriput. Goreng amplang sampai matang berwarna kuning kecokelatan. Jika amplang sudah matang lalu angkat serta tiriskan.
  10. Amplang siap disajikan.

Verified Writer

Amir Rosadi

it's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya