TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Puding Susu Kurma yang Manis Creamy, Lezatnya Bikin Jatuh Hati!

Puding ini cocok untuk dessert di rumah

ilustrasi puding susu kurma (YouTube.com/CERITA SOFIA AHMAD)

Susu dan kurma menjadi makanan yang disukai oleh semua orang. Karena kedua makanan ini mengandung banyak gizi yang sangat baik bagi tubuh. Kalau merasa bosan menikmati keduanya secara langsung, kamu dapat mengolah susu dan kurma menjadi puding. Puding susu kurma memiliki cita rasa yang lezat. Sehingga sangat worth it untuk dijadikan suguhan istimewa di rumah.

Untuk membuat puding susu kurma tidak sulit, kok. Sebab, kamu dapat mengikuti cara membuatnya seperti resep di bawah ini. Tanpa banyak basa-basi, ini dia resep puding susu kurma yang bisa kamu tiru di rumah.

Baca Juga: Resep Puding Kurma Santan Gula Merah yang Manis Gurih, Yuk Cobain!

Bahan Membuat Puding Susu Kurma

ilustrasi kurma (pixabay.com/pictavio)

Bahan puding kurma:

  1. 150 gram kurma
  2. 1 sachet Nutrijell kurma
  3. 5 sdm gula pasir
  4. 800 ml air

Bahan puding susu:

  1. 1 sachet bubuk agar-agar plain
  2. 5 sdm gula pasir
  3. 1 sdm tepung maizena
  4. 250 ml susu UHT full cream
  5. 500 ml air

Cara Membuat

ilustrasi memasak bahan puding (youtube.com/CERITA SOFIA AHMAD)
  1. Siapkan buah kurma, kemudian pisahkan antara bagian daging dan bijinya. Selanjutnya, suwir daging buah kurma dan masukkan ke dalam cetakan secara merata. Sisihkan.
  2. Untuk membuat puding kurma, campurkan bubuk agar-agar kurma, gula pasir, dan air ke dalam panci. Kemudian aduk sampai bahan puding kurma larut.
  3. Selanjutnya, letakkan panci di atas kompor dan nyalakan kompor di api sedang. Masak bahan adonan puding kurma di api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih.
  4. Setelah mendidih, matikan api kemudian angkat dan tuang ke dalam cetakan berisi kurma. Diamkan hingga puding mengeras.
  5. Sembari menunggu puding kurma mengeras, langkah selanjutnya adalah membuat puding susu. Untuk membuat puding susu, campurkan bubuk agar-agar plain, gula pasir, dan tepung maizena ke dalam panci. Diaduk dulu supaya tidak menggumpal.
  6. Jika sudah, masukkan susu full cream dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Letakkan panci di atas kompor, kemudian masak puding susu di api sedang sambil terus diaduk sampai mendidih.
  7. Bila sudah mendidih, kemudian matikan api. Angkat dan tuang ke dalam puding kurma. Diamkan hingga uap panasnya mengurai.
  8. Sesudah uap panas pada puding mengurai, masukkan puding ke dalam kulkas selama 1 jam. Selama proses ini, pastikan untuk tidak membuka tutup kulkas supaya puding cepat mengeras.
  9. Puding susu kurma siap untuk disajikan.

Baca Juga: Resep Puding Susu Gyukaku, Lembut Tanpa Telur dan Gelatin

Verified Writer

Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya