TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Sultan Lokumu Rolls Khas Turki, Kue Basah yang Kenyal Abis! 

Nikmati kekenyalannya di setiap gigitan!

lokumu (youtube.com/Quick Simpel & Delicious)

Sultan Lokumu Rolls merupakan salah satu olahan turkish delight yang sangat populer dan dikenal juga dengan nama saray lokumu. Lokumu sendiri memiliki arti penyejuk tenggorokan, karenanya kudapan bertekstur kenyal ini sangat cocok dijadikan dessert yang menyegarkan.

Secara sederhana, lokumu disajikan dalam bentuk kotak dan tanpa isian. Namun, sultan lokumu terdiri dari dua lapisan yang terdiri dari lapisan kue kenyal, isian berupa selai atau krim dengan taburan parutan kelapa atau teping kelapa. Kamu juga bisa menambahkan berbagai macam topping, bisa kacangang-kacangan ataupun buah segar. Ayo, cobain sultan lokumu rolls khas turki di bawah ini!

1. Bahan yang dibutuhkan 

ilustrasi tepung mentega (pixabay.com/markusspiske)

Bahan adonan:

  • 1 liter susu full cream
  • 1 cup terigu
  • 12 sdm gula
  • 4 sdm mentega
  • 2 sdt vanilla

Bahan krim:

  • 1 cup whipping cream
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt vanilla

Bahan tambahan:

  • 1 cup parutan kelapa kering
  • 1 cup kacang kenari atau almond

Baca Juga: Resep Membuat Carrot Delight, Tekstur Kenyalnya Menggoyang Lidah!

2. Sebarkan parutan kelapa di permukaan nampan kue 

ilustrasi kelapa parut (youtube.com/Quick Simple& Delicious)

Siapkan nampan atau loyang kue yang tak terlalu tinggi dindingnya, yakni cukup sekitar 5 cm saja. Masukkan parutan kelapa ke permukaan loyang sebagai dasar kue.

Parutan kelapa ini bisa kamu buat sendiri atau jika ingin lebih instan, bisa beli di swalayan. Namun, jika ingin membuatnya, kamu bisa membuat parutan kelapa yang kulit coklatnya telah dihilangkan, kemudian keringkan menggunakan oven atau sinar matahari langsung.

3. Buat adonan kue kemudian dinginkan 

ilustrasi adonan (youtube.com/Quick Simple & Delicious)

Campur susu, terigu dan gula dalam panci ukuran sedang. Aduk semua bahan menggunakan ballon whisk hingga homogen. Pastikan tak ada gumpalan terigu yang tersisa.

Panaskan campuran adonan di atas kompor berapi sedang-kecil hingga kental, sambil terus diaduk. Tambahkan mentega dan perisa vanilla, aduk terus bahan hingga benar-benar tercampur sempurna.

Tuang adonan di atas lapisan parutan kelapa di dalam loyang kue secara perlahan agar parutan kelapa tak meleber kemana-mana. Ratakan adonan mengggunakan spatula, lalu dinginkan dalam kulkas sekitar 4 jam.

4. Buat whipped cream sebagai isian 

iluatrasi krim (youtube.com/Quick Simple & Delicious)

Masukkan whipped cream ke dalam mixing bowl dan tambah dengan gula pasir. Kocok kedua bahan tersebut hingga mengembang dan terasa kaku.

Untuk memperkaya rasa krim, kamu bisa menambahkan perisa cair vanilla, kelapa atau perisa lainnya yang kamu sukai. Aduk merata menggunakan spatula.

Baca Juga: 5 Kreasi Camilan dengan Turkish Delight yang Menambah Tekstur

Verified Writer

Allamandawi

Mohon maaf jika ada kekeliruan informasi. Artikel lainnya dari saya dapat dilihat di www.allamandawi.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya