TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Sop Daging Sapi Kuah Kuning, Kelezatannya Bikin Ketagihan

Masakan ini cocok dipadukan dengan nasi

sop daging sapi kuah kuning (instagram.com/yennytan22)

Siapa di antara kalian pencinta daging sapi? Salah satu hidangan berbahan dasar daging sapi yang cocok untuk kalian santap di saat musim hujan seperti saat ini yaitu sop daging sapi. Dagingnya yang juicy, ditambah dengan kuahnya yang segar dijamin akan membuat kalian ingin makan lagi dan lagi. 

Jika sop daging sapi kuah bening sudah biasa, bagaimana kalau mencoba sop daging sapi kuah kuning? Rasanya tak kalah lezat kok! Berikut resep sop daging sapi kuah kuning yang lezatnya bikin ketagihan. Let's check this out!

Bahan Sop Daging Sapi Kuah Kuning

daging sapi (unsplash.com/James Kern)

  1. 1/4 daging sapi, potong kotak 
  2. 2 buah wortel
  3. 2 buah kentang 
  4. 2 batang daun bawang 
  5.  2 batang daun seledri 
  6. 1 ruas jahe 
  7. 3 lembar daun jeruk 
  8. 1 buah tomat 
  9. 3 buah bawang merah, iris tipis
  10. 1/2 buah bawang bombay, iris kecil  
  11. Bawang goreng 

Bahan bumbu halus: 

  1. 4 siung bawang putih 
  2. 2 buah kemiri 
  3. 1/2 ruas kunyit 
  4. 2 iris kecil pala 
  5. 2 iris sedang kluwek 
  6. Lada butiran secukupnya 
  7. Kaldu bubuk secukupnya 
  8. 1/2 sdt garam 
  9. 1 sdm gula pasir 

Baca Juga: Resep Sop Daging Sayur, Masakan Rumahan yang Lezat!

Cara Membuat Sop Daging Sapi Kuah Kuning 

ilustrasi orang memasak (unsplash.com/Bonnie Kittie)
  1. Rebus daging yang sudah dipotong selama 5 menit. Angkat, kemudian cuci bersih. Rebus lagi menggunakan air secukupnya, kemudian masukkan jahe yang sudah dimemarkan dan daun jeruk. Rebus hingga daging empuk. 
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan ke dalam panci rebusan bersama dengan potongan wortel, kentang, kaldu bubuk, garam, dan gula. Masak hingga matang. 
  3. Jika sudah hampir matang, masukkan daun bawang dan daun seledri. Setelah disajikan di mangkuk, beri potongan tomat di atasnya. 
  4. Sop daging sapi kuah kuning siap dihidangkan. 

Tips Memasak 

ilustrasi orang memasak (pixabay.com/089photoshootings)

Memasak daging sapi memang memerlukan trik khusus jika ingin daging yang kalian masak empuk dan tidak alot. Ada dua cara yang dapat kalian ikuti untuk mendapatkan hasil masakan berbahan dasar daging tidak alot dan lezat. 

Pertama, kalian dapat membungkus daging menggunakan daun pepaya. Daun pepaya sendiri memiliki kandungan enzim alami yang memiliki fungsi untuk mencegah protein dalam daging sehingga daging menjadi lebih empuk. 

Kedua, diamkan daging pada suhu ruangan. Jika kalian biasanya menyimpan daging pada freezer, kalian dapat menggantinya dengan menyimpan di rak bawah terlebih dahulu di dalam wadah tertutup dari malah sebelumnya. Kemudian sebelum memasak, kalian dapat mendiamkannya lagi pada wadah tertutup selama sekitar 30 menit. Hal ini akan membuat tekstur daging empuk merata. 

Cara Memilih Daging Sapi 

daging sapi (unsplash.com/moreau tokyo)

Cara memilih daging sapi yang segar tentunya akan menentukan seberapa lezat masakan yang akan kalian hasilkan. Pertama, kalian dapat melihatnya dari warna pada daging. Daging dengan kualitas baik biasanya memiliki warna kemerahan dan tampak segar. 

Kedua, tektur daging. Daging sapi yang segar memiliki tekstur kenyal. Kalian bisa menekannya terlebih dahulu di beberapa bagian. Jika daging kembali ke posisi semula setelah ditekan, maka artinya daging tersebut masih segar dan baru. 

Baca Juga: 7 Bahan Pelengkap Sayur Sop, Mana Favoritmu?

Verified Writer

Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya