TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Beef Katsu Curry ala Jepang, Cita Rasa Autentik

Tak kalah lezat dari hidangan restoran!

ilustrasi beef katsu curry (instagram.com/3wisemonkeys_id)

Japanese curry atau kari Jepang merupakan salah satu hidangan asal Jepang yang populer di Indonesia. Kari Jepang sendiri biasanya dihidangkan dengan nasi ataupun udon serta katsu sebagai pendampingnya.

Jika bosan dengan chicken katsu curry, kalian bisa mengganti ayam dengan daging sapi. Cara membuatnya juga cukup mudah, berikut ini ada resep beef katsu curry dengan cita rasa autentik. 

Bahan Beef Katsu Curry

ilustrasi daging (unsplash.com/Madie Hamilton)

Bahan beef katsu:

  1. 1/4 daging sapi, potong melebar
  2. Merica secukupnya 
  3. Garam secukupnya 
  4. 2 butir telur 
  5. Tepung bumbu secukupnya 
  6. Tepung roti secukupnya 
  7. Minyak goreng secukupnya

Bahan curry:

  1. Bumbu instan kari
  2. 1 buah kentang, potong dadu 
  3. 2 buah wortel, potong dadu
  4. 1 sdm tepung maizena, larutkan
  5. 500 ml air matang 
  6. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Beef Katsu Curry

ilustrasi orang memasak (unsplash.com/Consious Design)

  1. Pipihkan daging yang sudah dipotong menggunakan ulekan atau penumbuk daging. Kemudian taburkan garam dan merica sesuai selera dan sisihkan selama 20-30 menit. 
  2. Siapkan 3 wadah dengan masing-masing berisikan tepung bumbu, tepung panir dan telur yang sudah dikocok lepas. Pertama, balur daging ke dalam tepung bumbu. Kedua, celupkan daging ke dalam telur hingga merata. Ketiga, masukkan ke dalam tepung panir dan balur hingga daging tertutup sempurna dengan tepung. 
  3. Panaskan minyak lalu masukkan beef katsu dan goreng hingga matang dan daging berwarna kuning keemasan. Angkat dan sisihkan.
  4. Untuk membuat curry, panaskan air di dalam panci. 
  5. Tumis bumbu instan di teflon hingga harum, kemudian masukkan ke dalam air yang sudah mendidih. Masukkan wortel dan kentang yang sudah dipotong-potong. Masak hingga kentang dan wortel empuk dan bumbu mengental. 
  6. Jika dirasa terlalu encer, masukkan tepung maizena. Aduk hingga mengental sesuai yang diinginkan. 
  7. Beef katsu curry siap dihidangkan.

Baca Juga: Resep Chicken Curry Bread, Ide Suguhan Praktis untuk Acara Spesial

Tips Memilih Daging

ilustrasi daging (unsplash.com/Justus Menke)

Pentingnya untuk memilih bahan-bahan berkualitas untuk dapat menunjang rasa masakan yang sempurna. Pemilihan daging yang masih segar akan membuat beef katsu kalian semakin lezat. 

Sebelum membeli daging ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Pertama, perhatikan warna pada daging. Daging yang masih segar biasanya memiliki warna kemerahan dan buka pucat atau kotor. Kedua, cium aroma pada daging. Pastikan daging tidak mengeluarkan aroma tidak sedap atau tercium sedikit asam. 

Kandungan Gizi 

ilustrasi scientist (unsplash.com/Trust "Tru" Katsande)

Daging sapi merupakan salah satu sumber protein yang sangat penting bagi tubuh. Tak hanya mengandung protein, daging sapi juga mengandung banyak kandungan gizi lainnya seperti lemak, zat besi, vitamin D, vitamin B12, vitamin B6, hingga magnesium. 

Karena kandungan tersebut, mengonsumsi daging sapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari menguatkan tulang dan gigi, meningkatkan massa otot, mengurangi resiko diabetes, menyehatkan jantung, hingga menambah asupan vitamin dan mineral pada tubuh. 

Baca Juga: Resep Chicken Curry Rice ala Rumahan, Rempahnya Terasa Banget!

Verified Writer

Alvina Putri Rahmanita

Hello:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya