TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Membuat Guacamole yang Segar dan Lezat, Perhatikan Bahannya!

Kualitas bahan berpengaruh besar pada kelezatan guacamole

ilustrasi guacamole, makanan khas Meksiko (pexels.com/RDNE Stock project)

Salah satu hidangan klasik dari Meksiko, guacamole, telah memikat hati banyak orang. Hidangan satu ini bisa disebut sebagai saus atau olesan, karena sering dijadikan cocolan tortilla chips yang populer. Namun, guacamole juga bisa dijadikan topping pelengkap untuk roti panggang, hot dog, atau burger.

Terbuat dari alpukat yang lembut dan bahan-bahan segar lainnya, guacamole rasanya unik dan segar. Meskipun tidak dimasak, guacamole bukan sekadar campuran bahan yang mudah dibuat. Siapa sangka, perlu keseimbangan rasa dan tekstur dalam pembuatannya. Untuk membantu membuat saus guacamole yang lebih segar dan lezat, boleh ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Tingkat kematangan alpukat harus pas

ilustrasi buah alpukat (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Untuk membuat guacamole yang sempurna, pakai alpukat matang yang lembut saat ditekan. Namun, tingkat kematangannya harus pas, karena sangat berpengaruh pada rasa dan tekstur. Alpukat yang masih keras tentu akan sulit dihancurkan dan kurang enak. Sementara itu, alpukat yang terlalu matang justru akan lembek, berair, dan rasanya pahit.

2. Pilih bahan tambahan yang masih segar

ilustrasi membuat guacamole (pexels.com/RDNE Stock project)

Karena guacamole tidak dimasak, jadi semua bahannya dicampur dalam keadaan mentah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas yang masih segar, mulai dari alpukat, tomat, bawang merah, bawang bombai, cabai dan yang lainnya. Hindari menambahkan bahan yang sudah terlalu lama disimpan atau kurang segar.

3. Gunakan jeruk nipis atau lemon

ilustrasi jeruk lemon (freepik.com/stockking)

Penggunaan jeruk nipis atau lemon akan menambah keasaman dan kesegaran pada hidangan guacamole. Tambahkan sedikit perasannya paling akhir atau setelah semua bahan dicampurkan, lalu aduk hingga rata. Perasaan jeruk tidak hanya menambah rasa segar, tetapi juga dapat mencegah alpukat berubah warna menjadi kecoklatan.

Baca Juga: 9 Pasangan untuk Menikmati Guacamole, Kuliner ala Meksiko

4. Perhatikan tekstur guacamole

ilustrasi membuat guacamole (pexels.com/RDNE Stock project)

Tekstur guacamole bisa disesuaikan dengan selera. Jika ingin guacamole dengan tekstur halus, hancurkan alpukat menggunakan garpu atau alat penghancur kentang hingga benar-benar lembut. Namun, jika lebih suka guacamole dengan tekstur kasar, hancurkan alpukat sedikit saja dan biarkan beberapa potongan besar.

5. Hindari mengaduk guacamole secara berlebihan

ilustrasi mengaduk guacamole (pexels.com/RDNE Stock project)

Hindari mengaduk guacamole secara berlebihan dan terlalu lama agar tekstur alpukat tetap terjaga. Overmix hanya akan membuat teksturnya berair dan terlalu lembek. Aduk secukupnya untuk mencampur bahan-bahan, sehingga guacamole tetap memiliki campuran tekstur kasar dan halus yang ideal, serta tetap terasa segar dan lezat.

6. Coba tambahkan bumbu dan rempah

ilustrasi membumbui guacamole (pexels.com/RDNE Stock project)

Alih-alih hanya menggunakan garam dan lada, coba sisipkan bumbu dan rempah lainnya untuk meningkatkan cita rasa guacamole. Tambahkan jintan bubuk, paprika, atau sedikit cabai bubuk untuk sentuhan pedas dan memperkaya rasa. Jangan ragu bereksperimen dengan berbagai rempah untuk memberikan variasi rasa yang lebih menarik.

Verified Writer

Akromah Zonic

Dont be yourself, but be better :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya